google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Jerman: Bayern Munchen Ditahan Imbang Freiburg

Freiburg vs Bayern Munchen
Bayern Munchen ditahan imbang Freiburg dalam lanjutan laga Bundesliga Jerman.

cr photo: Bavarian Football Works

Raihan kurang maksimal didapat oleh kesebelasan Bayern Munchen saat bertandang ke markas Freiburg dalam laga lanjutan Liga Jerman. Berstatus sebagai kampiun Bundesliga Jerman musim ini, Bayern Munchen sebenarnya mengawali laga dengan sangat baik. Akan tetapi kemudian, Freiburg yang tampil di kandang sendiri memang sukses tampil sangat merepotkan. Sampai pada akhirnya kedua kesebelasan harus puas berbagi angka pada pertandingan kali ini. Munchen harus pulang hanya dengan satu poin setelah ditahan imbang tuan rumah dengan skor akhir 2-2.

Dua gol yang dicetak oleh Bayern Munchen sendiri masing masing dilesakkan oleh Robert Lewandowski dan Leroy Sane. Sedangkan dua gol balasan tim tuan rumah dicetak oleh Manuel Gulde, dan sang kapten kesebelasan, yaitu Christian Gunter. Melihat statistik, Munchen sebenarnya cukup mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 62 persen penguasaan bola berbanding 38 persen. Akan tetapi penampilan Freiburg yang cukup efektif di laga ini berhasil memaksa Bayern Munchen gagal membawa pulang poin penuh di laga tandangnya kali ini.

Meskipun gagal menang, namun Munchen masih sangat kokoh di puncak klasemen sebagai juara liga musim ini. Hingga pekan ini, pasukan Hansi Flick sudah mengoleksi 75 poin dari 33 laga dengan rincian, 23 kali menang, 6 kali seri, dan hanya 4 kali menelan kekalahan. Sementara itu bagi Freiburg, hasil imbang ini menahan mereka tetap di posisi 10 klasemen sementara Liga Jerman. Freiburg saat ini sudah meraih total 45 poin dari 33 laga dengan hasil, 12 kali menang, 9 kali seri, dan 12 kali menelan kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Partai menarik tersaji ketika tuan rumah Freiburg menjamu kampiun Bundesliga musim ini, yaitu Bayern Munchen dalam lanjutan Liga Jerman 2020-2021. Sebagai tuan rumah, jelas Freiburg enggan menyerahkan tiga poin begitu saja meski sang lawan adalah tim terkuat di Jerman. Sejak awal babak pertama, walau tim tamu menguasai bola, namun Freiburg mampu memberikan perlawanan cukup ketat kepada Munchen.

Walau demikian, gawang Freiburg mesti kebobolan lebih dulu saat di menit ke-26, salah satu pemain mereka lakukan pelanggaran di kotak terlarang. Wasit lantas tanpa ragu memberikan penalti kepada Bayern Munchen. Robert Lewandowski sebagai eksekutor sukses melesakkan golnya di laga ini. Gol ini sendiri merupakan gol ke-40 sang striker Polandia musim ini di Bundesliga yang membuat ia sukses setarakan rekor Gerd Muller sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu musim Bundesliga. Aksi Lewy ini juga sekaligus bawa Munchen unggul 0-1.

Akan tetapi di luar dugaan, keunggulan Munchen hanya bertahan selama tiga menit. Karena di menit ke-29, Freiburg berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari sepak pojok Vicenzo Grifo, bola sukses ditanduk Manuel Gulde menjadi gol yang membuat skor menjadi imbang 1-1. Kedudukan ini kemudian bertahan sampai babak pertama usai.

Babak Kedua

Selepas istirahat, Bayern Munchen yang menginginkan kemenangan tetap bermain ofensif. Anak asuhan Hansi Flick ini sama sekali tak mengendurkan serangannya sehingga di babak kedua mereka masih ters menerus mengurung pertahanan sang tuan rumah.

Gol kedua akhirnya berhasil dilesakkan oleh Bayern Munchen saat babak kedua memasuki menit ke-53. Thomas Muller melepaskan umpan tarik yang menemui Leroy Sane di tiang jauh. Berdiri bebas, eks winger Manchester City itu sukses melesakkan gol kedua Munchen di laga ini yang merubah skor menjadi 1-2.

Ketika laga terasa akan berakhir untuk kemenangan Munchen, kelengahan di lini belakang malah membuat Die Roten terkena masalah. Di menit ke-81, lewat serangan balik Vicenzo Grifo dengan cermat memberikan umpan terobosan kepada Christian Gunter. Kapten kesebelasan Freiburg ini sukses melesakkan gol kedua timnya untuk membuat skor menjadi imbang 2-2. Skor tersebut kemudian bertahan sampai dengan laga selesai.

Susunan Pemain Freiburg vs Bayern Munchen

Freiburg (4-4-2): Mark Flekken, Lukas Kubler, Phillipp Lienhart, Manuel Gulde, Christian Gunter, Roland Sallai, Nicolas Hofler, Baptiste Santamaria, Vicenzo Grifo, Ermin Demirovic, Nils Petersen.

Bayern Munchen (4-2-3-1): Alexander Nubel, Alphonso Davies, Lucas Hernandez, Jerome Boateng, Niklas Sule, David Alaba, Joshua Kimmich, Serge Gnabry, Thomas Muller, Leroy Sane, Robert Lewandowski.