Liga Jerman: Bekuk FC Koln, Stuttgart Selamat dari Degradasi

Stuttgart vs FC Koln
Gol detik akhir Wataru Endo bawa Stuttgart menang melawan FC Koln dan selamat dari degradasi Bundesliga.

cr photo: Archypost.

Kemenangan super krusial diraih oleh skuad Stuttgart ketika bersua dengan FC Koln dalam laga pekan ke-34 Bundesliga Jerman. Hasil tiga poin adalah harga mati bagi Stuttgart pada pertandingan ini, karena apabila mereka seri atau bahkan kalah, maka mereka akan terdegradasi. Oleh sebab itulah, dengan dukungan publiknya sendiri, Stuttgart bermain sangat spartan. Meski asa sempat hampir pupus, namun kerja keras berbuah manis, Stuttgart amankan kemenangan dramatis dengan skor akhir 2-1.

Dua nama muncul sebagai pahlawan pasukan Stuttgart pada pertandingan ini. Mereka adalah Sasa Kalajdzic dan Wataru Endo, keduanya masing masing melesakkan satu gol yang bantu Stuttgart mengatasi Koln untuk mengunci kemenangan. Sedangkan satu satunya gol balasan FC Koln lahir melalui aksi seorang Anthny Modeste. Pada pertandingan ini dari statistik terlihat Stuttgart memang lebih agresif. Karena itulah mereka layak sekali meraih kemenangan di laga ini.

Tiga poin yang didapat Stuttgart di laga ini sukses membawa mereka naik ke posisi 16 klasemen akhir Bundesliga Jerman. Stuttgart finish tepat di ataz zona kuning, unggul selisih gol dari Hertha Berlin yang turun ke peringkat 17. Stuttgart akhiri musim dengan raihan 33 poin dari 34 laga dengan rincian, 7 kali menang, 12 kali seri, dan 15 kali kalah. Sedangkan bagi FC Koln, mereka tetap di posisi 7 dan sayang tak bisa berlaga di kompetisi Eropa musim depan. Koln selesaikan musim dengan poin 52 dari 34 laga dengan hasil, 14 kali menang, 10 kali seri, dan 10 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Partai krusial harus dijalani Stuttgart dengan menjamu FC Koln di markasnya sendiri dalam laga pekan terakhir Liga Jerman musim 2021-2022. Kemenangan adalah target yang wajib didapat Stuttgart untuk aman dari ancaman degradasi. Oleh sebab itulah, sejak laga dimulai mereka bermain direct dan cukup agresif untuk sesegera mungkin membuka skor.

Pada menit ke-12, Stuttgart lakukan start apik dengan membuka skor. Diawali penalti gagal Sasa Kalajdzic, bola rebound dijadikan assist oleh Chris Fuhrich yang dimaksimalkan Kalajdzic sendiri untuk membalas kegagalannya sekaligus membawa Stuttgart memimpin 1-0. Gol ini jadi satu satunya gol yang lahir di babak pertama, sehingga kedudukan 1-0 bertahan sampai laga selesai.

Babak Kedua

Setelah rehat, Stuttgart berusaha fokus untuk menjaga keunggulannya. Mereka kemudian memang mendapatkan tekanan cukup intens dari sang tamu. Koln berusaha keras untuk bisa membalas ketertinggalan mereka dengan bermain jauh lebih agresif.

Usaha FC Koln untuk melesakkan gol balasan akhirnya terwujud pada menit ke-59. Bomber andalan Koln, yakni Anthony Modeste berdiri bebas tak terkawal dengan mudah melesakkan sebuah gol ciamik yang sukses mengubah kedudukan kini menjadi imbang 1-1.

Kedudukan imbang mau tak mau membuat Stuttgart habis habisan di sisa waktu babak kedua demi selamat dari degradasi. Meski sempat kesulitan, namun di detik akhir laga masa injury time babak kedua, muncul Wataru Endo yang meneruskan assist Hiroki Ito untuk melesakkan gol yang merestorasi keunggulan Stuttgart menjadi 2-1. Skor tak berubah sampai laga selesai, Stuttgart menang 2-1 dan selamat dari degradasi.

Susunan Pemain Stuttgart vs FC Koln

Stuttgart (4-1-3-2): Florian Muller, Konstantinos Mavropanos, Waldemar Anton, Hiroki Ito, Borna Sosa, Atakan Karazor, Chris Fuhrich, Wataru Endo, Orel Mangala, Sasa Kalajdzic, Tiago Tomas.

FC Koln (4-2-3-1): Marvin Schwaebe, Jonas Hector, Timo Heubers, Luca Kilian, Kingsley Ehizibue, Ellyes Skhiri, Salih Oezcan, Florian Kainz, Mark Uth, Dejan Ljubicic, Anthony Modeste.