google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Jerman: Borussia Dortmund Bekuk Union Berlin

Borussia Dortmund vs Union Berlin
Borussia Dortmund sukses menang meyakinkan di lanjutan Liga Jerman atas Union Berlin.

cr photo: Fear The Wall

Hasil cukup memuaskan berhasil diraih kesebelasan Borussia Dortmund saat berhadapan dengan Union Berlin di laga lanjutan Liga Jerman. Bermain di kandang sendiri, Dortmund sangat percaya diri memainkan bola. Sepanjang pertandingan mereka pun lebih unggul ketimbang sang lawan. Walaupun tim tamu sedikit memberikan perlawanan, namun pada akhirnya mereka gagal meredam kedigdayaan Borussia Dortmund. Pasukan berjuluk Die Borussen ini berhasil meraih kemenangan dengan skor akhir cukup meyakinkan, yaitu 2-0.

Gol gol yang dilesakkan oleh tuan rumah masing masing dicetak oleh Marco Reus dan Raphael Guerreiro. Secara statistik, Dortmund sebenarnya tak jauh unggul dari lawannya di sisi penguasaan bola, Dortmund total mencatatkan 53 persen saja penguasaan bola, sementara Union Berlin 47 persen. Akan tetapi Dortmund jauh lebih agresif dengan melepaskan hingga 20 tembakan dengan 11 di antaranya on target. Sementara Union Berlin hanya membuat 5 tembakan saja dengan 1 yang on target.

Tiga poin yang sukses diraih Dortmund ini membuat mereka terus menempel Eintracht Frankfurt di posisi 4 atau zona Liga Champions. Saat ini Dortmund ada di posisi 5 klasemen, terpaut 4 angka dari Frankfurt. Sampai dengan pekan ini Dortmund sendiri sudah mengoleksi 52 poin dari 30 laga dengan rincian, 16 kali menang, 4 kali seri, dan 10 kali alami kekalahan. Sedangkan bagi Union Berlin, hasil ini menahan mereka tetap di posisi 8 klasemen Liga Jerman, Tim ibukota ini sudah meraih 43 poin dari 30 laga dengan hasil, 10 kali menang, 13 kali seri, dan 7 kali menelan kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan Borussia Dortmund berhadapan dengan tim papan tengah, yaitu Union Berlin di laga lanjutan Liga Jerman musim kompetisi 2020-2021. Dortmund yang masih mengincar posisi 4 besar membidik tiga poin penuh di laga ini. Oleh sebab itu sejak babak pertama dimulai, pasukan Die Borussen sudah langsung melancarkan tekanan dan membuat tim tamu hanya bermain di areanya sendiri.

Usaha keras tuan rumah untuk bisa membuka skor akhirnya terwujud pada menit ke-27 babak pertama. Pertahanan berlapis Union Berlin akhirnya sukses ditembus oleh Marco Reus dengan pergerakan apiknya. Kapten Dortmund itu kemudian melepaskan tembakan yang sukses menjebol gawang lawan. Aksi Reus ini berhasil membawa Dortmund sementara unggul 1-0.

Setelah unggul, permainan Dortmund sedikit lebih cair. Mereka nyaris menggandakan skor saat Erling Haaland mendapat peluang. Sayangnya usaha Haaland masih belum mampu mencetak gol. Tak ada lagi gol di sisa babak pertama sehingga skor 1-0 untuk keunggulan Dortmund bertahan sampai dengan babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Saat memasuki jalannya pertandingan babak kedua, permainan kedua tim sedikit berubah. Union Berlin yang mengincar gol penyama kedudukan menampilkan permainan yang cukup terbuka dan agresif. Kondisi ini berhasil membuat sang tuan rumah sedikit kerepotan walau akhirnya mereka masih mampu meredamnya.

Erling Haaland kembali mendapatkan peluang di pertengahan babak kedua. Bekerjasama dengan Julian Brandt, Haaland melepaskan tembakan cukup keras. Namun kembali lagi usahanya ini masih belum mampu menambah keunggulan bagi Borussia Dortmund.

Berkali kali melakukan tekanan ke pertahanan Union Berlin, usaha keras Dortmund akhirnya sukses berbuah manis di menit ke-88. Kali ini Julian Brandt berhasil memberikan umpan yang memudahkan Raphael Guerreiro untuk mencatatkan namanya di papan skor. Aksi bek sayap asal Portugal itu berhasil membuat Dortmund unggul 2-0. Kedudukan ini tak berubah sampai babak kedua selesai, dan Dortmund pun menang dengan skor akhir 2-0.

Susunan Pemain Borussia Dortmund vs Union Berlin

Borussia Dortmund (4-1-4-1): Marwin Hitz, Lukasz Piszczek, Manuel Akanji, Matt Hummels, Raphael Guerreiro, Emre Can, Giovanni Reyna, Jude Bellingham, Marco Reus, Thorgan Hazard, Erling Haaland.

Union Berlin (4-2-3-1): Andreas Luthe, Christopher Lenz, Robin Knoche, Marvin Friedrich, Christopher Trimmel, Robert Andrich, Grischa Promel, Keita Endo, Max Kruse, Marcus Ingvartsen, Petar Musa.