google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Jerman: Borussia Dortmund Taklukan Mainz

Mainz vs Borussia Dortmund
Hajar Mainz, Borussia Dortmund amankan posisi di peringkat empat besar klasemen Bundesliga Jerman.

cr photo: Fanatik

Hasil positif sukses didapat oleh kesebelasan Borussia Dortmund yang bertandang ke markas Mainz dalam lanjutan Liga Jerman. Tampil di kandang lawan tidak membuat Dortmund demam panggung, mereka justru tetap bermain atraktif membuat sang tuan rumah tak mampu berbuat banyak. Walaupun sempat mendapatkan perlawanan, pada akhirnya skuat berjuluk Die Borussen tersebut sukses mengunci kemenangan. Pasukan Edin Terzic di laga ini berhasil menang dengan skor akhir cukup memuaskan, yakni 1-3 atas Mainz.

Ketiga gol yang dilesakkan Borussia Dortmund di pertandingan ini dilesakkan oleh tiga pemain berbeda. Mereka masing masing adalah Raphael Guerreiro, Marco Reus, dan Julian Brandt. Sedangkan satu satunya gol hiburan yang dicetak Mainz lahir dari kaki Robin Quaison. Kemenangan ini menjaga tren apik Dortmund yang sudah lima laga terakhir secara beruntun selalu meraih kemenangan. Sedangkan bagi Mainz, ini meneruskan hasil buruk mereka yang tidak pernah meraih kemenangan di tiga laga terakhir Bundesliga.

Tambahan tiga poin berhasil mengatrol posisi Dortmund ke peringkat 3 klasemen sementara Liga Jerman menggeser Wolfsburg yang di laga lain bermain imbang dengan RB Leipzig. Dortmund sampai pekan ini sudah mengoleksi 61 poin dari 33 laga dengan hasil, 19 kali menang, 4 kali seri, dan 10 kali menelan kekalahan. Sementara bagi Mainz, kekalahan ini menahan mereka tetap di posisi 13 klasemen. Sejauh ini Mainz sudah meraih 36 poin dari 33 kali berlaga dengan rincian, 9 kali menang, 9 kali seri, dan 15 kali mengalami kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Laga berat harus dilalui oleh Mainz yang berhadapan dengan Borussia Dortmund dalam pertandingan lanjutan Liga Jerman musim kompetisi 2020-2021. Meski bermain sebagai tamu, Dortmund sama sekali tak gentar dengan perlawanan tuan rumah di laga ini. Membidik kemenangan untuk mengamankan posisi di empat besar klasemen, Dortmund sudah memberikan tekanan pada pertahanan Mainz sejak awal babak pertama.

Sampai akhirnya kebuntuan berhasil dipecahkan kubu Borussia Dortmund ketika laga memasuki menit ke-23 babak pertama. Jadon Sancho memberikan umpan yang memudahkan Raphael Guerreiro untuk mencetak gol. Aksi wing back asal Portugal ini sukses sementara membawa Dortmund unggul dengan skor 0-1.

Tidak puas hanya membuat satu assist, Sancho kembali menunjukkan kualitasnya dengan sukses menciptakan assist keduanya di laga ini. Umpannya kali ini diteruskan Marco Reus untuk melesakkan gol di menit ke-42 dan menggandakan keunggulan Dortmund menjadi 0-2. Sampai dengan babak pertama selesai, skor tak berubah tetap 0-2 untuk keunggulan tim tamu.

Babak Kedua

Sesaat ketika memasuki jalannya pertandingan babak kedua, laga berjalan sedikit berubah dengan Mainz yang tampil lebih agresif. Sang tuan rumah nampak berani bermain lebih terbuka dengan tujuan untuk bisa mengejar ketertinggalan mereka atas Dortmund.

Akan tetapi alih alih melesakkan gol, gawang mereka malah kembali harus kebobolan saat babak kedua memasuki menit ke-80. Julian Brandt berhasil meneruskan umpan Erling Haaland untuk membuat gol ketiga bagi Dortmund di laga ini. Aksi Julian Brandt ini sukses memperbesar keunggulan tim tamu menjadi 0-3.

Pada akhirnya usaha Mainz mencetak gol pun barus terealisasi di menit akhir babak kedua, tepatnya menit ke-90. Diawali pelanggaran pemain Dortmund di kotak terlarang, wasit memberikan penalti untuk Mainz. Tanpa kesalahan, Robin Quaison melesakkan gol untuk perkecil ketertinggalan menjadi 1-3. Sayang gol tersebut tak cukup untuk selamatkan Mainz dari kekalahan atas tim tamu dengan skor akhir 1-3.

Susunan Pemain Mainz vs Borussia Dortmund

Mainz (3-1-4-2): Finn Dahmen, Jerry St Juste, Alexander Hack, Moussa Niakhate, Leandro Barreiro, Danny da Costa, Daniel Brosinski, Danny Latza, Jean-Paul Boetius, Robert Glatzel, Kenneth Onisiwo.

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Burki, Raphael Guerreiro, Matt Hummels, Manuel Akanji, Thomas Meunier, Mahmoud Dahoud, Jude Bellingham, Jadon Sancho, Marco Reus, Giovanny Reyna, Erling Haaland.