google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Jerman: RB Leipzig Takluk dari FC Koln

FC Koln vs RB Leipzig
RB Leipzig tersandung di markas FC Koln saat jalani laga tandang di lanjutan Liga Jerman.

cr photo: beINSports

Hasil cukup mengejutkan datang dari laga yang pertemukan RB Leipzig dengan tuan rumah, FC Koln di laga lanjutan ajang Liga Jerman. Leipzig yang tengah dalam misinya merapatkan jarak dengan Bayern Munchen di puncak klasemen mendapat perlawanan alot dari sang tuan rumah. Bermain agresif, sayangnya Leipzig lengah akan skema serangan balik Koln di pertandingan ini. Alhasil meski sempat cetak satu gol, Leipzig tetap harus alami kekalahan. FC Koln sendiri sukses menaklukan Sang Bante dengan skor akhir tipis saja, yakni 2-1.

Gelandang andalan Koln yang sekaligus menjadi kapten tim, yaitu Jonas Hector berhasil tampil impresif. Ia memborong dua gol yang jadi penentu kemenangan timnya atas RB Leipzig. Sementara itu satu satunya gol balasan Die Bullen di pertandingan ini dicetak oleh Amadou Diawara. Kekalahan ini membuat sudah dua pertandingan beruntun Leipzig tak meraih kemenangan. Sementara bagi Koln kemenangan ini memutus rentetan 4 laga beruntun tanpa kemenangan mereka.

Akibat dari kekalahan ini, kini jarak antara Leipzig dengan Munchen kian jauh di klasemen, Ada di posisi 2, Die Bullen saat ini terpaut 10 angka dari sang pemuncak klasemen. Hingga kini Leipzig sendiri sudah mengoleksi 61 poin dari 30 laga dengan hasil, 18 kali menang, 7 kali seri, dan 5 kali alami kekalahan. Sedangkan bagi Koln, kemenangan ini menumbuhkan asa mereka lolos dari zonda degradasi. Menempati posisi 17 klasemen, Koln hanya berjarak 2 poin saja ke zona aman. Koln saat ini sudah mengumpulkan 26 poin dari 30 laga dengan rincian, 6 kali menang, 8 kali seri, dan 16 kali menelan kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Laga krusial dijalani oleh RB Leipzig ketika menghadapi tuan rumah FC Koln di laga lanjutan ajang Liga Jerman musim kompetisi 2020-2021. Bertindak sebagai tamu, Leipzig langsung tanpa gas sejak awal pertandingan. Membidik tiga poin di laga ini, tanpa ragu Leipzig bermain agresif dengan menekan pertahanan lawan sejak awal. Alhasil Koln sendiri walau bertindak sebagai tuan rumah hanya bisa bermain bertahan.

Memasang Alexander Sorloth di lini depan, Leipzig sangat aktif menyerang pertahanan sang tuan rumah. Peluang terbaik Leipzig di babak pertama ini datang dari aksi Christopher Nkunku yang lakukan tusukan di sisi kanan pertahanan lawan. Sayang eksekusi akhir Nkunku masih lemah dan belum mampu lahirkan gol.

Sementara itu sang tuan rumah tak mendapatkan banyak peluang karena tiap kali berusaha mendekati kotak penalti lawan usaha mereka teralu mudah dipatahkan. Babak pertama ini Koln masih mampu bertahan dengan baik untuk meredam sang tamu. Kedudukan imbang 0-0 pun bertahan sampai babak pertama selesai.

Babak Kedua

Memasuki jalannya laga babak kedua, Leipzig dikejutkan dengan sebuah gol cepat yang dicetak tuan rumah di menit awal. Pada menit ke-46, Jannes Horn melepas bola ke tiang jauh. Jonas Hector yang berdiri bebas langsung lakukan sontekan yang sukses menjebol gawang Leipzig. Aksi sang kapten ini berhasil bawa Koln unggul 1-0.

Tertinggal satu gol jelas membuat Leipzig kian agresif dalam lancarkan seranganke pertahanan lawan. Setelah berkali kali mencoba akhirnya usaha mereka membuahkan hasil di menit ke-59. Menerima bola sodoran Marcel Halstenberg, Amadou Haidara melepaskan tembakan keras yang menghujam gawang Koln. Aksi gelandang Leipzig ini sukses merubah skor menjadi imbang 1-1.

Namun ternyata kedudukan imbang hanya bertahan satu menit. Lantaran pada menit ke-60, Jonas Hector kembali berhasil menggetarkan gawang Leipzig. Kali ini Hector bekerjasama dengan Ondrej Duda untuk membawa Koln kembali unggul 2-1. Di sisa waktu babak kedua, Koln mampu bertahan dengan sangat baik. Alhasil skor 2-1 ini menjadi hasil akhir laga untuk kemenangan FC Koln.

Susunan Pemain FC Koln vs RB Leipzig

FC Koln (4-4-1-1): Timo Horn, Kingsley Ehizibue, Sebastian Bornauw, Rafael Czichos, Jannes Horn, Marius Wolf, Ellyes Skhiri, Elvis Rexhbecaj, Dominick Drexler, Jonas Hector, Ondrej Duda.

RB Leipzig (4-2-2-2): Peter Gulacsi, Marcel Halstenberg, Dayot Upamecano, Lukas Klostermann, Nordi Mukiele, Kevin Kampl, Troy Adams, Christopher Nkunku, Amadou Haidara, Emil Forsberg, Alexander Sorloth.