google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Jerman: Union Berlin Lakukan Comeback atas Leipzig

Union Berlin vs RB Leipzig
Union Berlin taklukan RB Leipzig untuk lolos ke kompetisi Eropa musim depan.

cr photo: BeSoccer

Hasil kemenangan cukup dramatis didapat oleh kesebelasan Union Berlin ketika menjamu RB Leipzig di pekan terakhir Bundesliga Jerman. Berstatus sebagai tuan rumah, Union Berlin sebenarnya alami kesulitan yang sangat berarti. Apalagi sang tamu di laga ini sangat termotivasi menutup musim ini dengan hasil semaksimal mungkin. Akan tetapi berkat kerja keras, kemenangan tetap berhasil didapatkan oleh sang tuan rumah. Sempat tertinggal lebih dulu, Union Berlin berhasil membalikkan keadaan untuk kemudian menang dengan skor akhir tipis saja, yakni 2-1.

Tim tamu di laga ini mencetak gol terlebih dahulu lewat aksi wonderkid asal Belanda, yaitu Justin Kluivert. Union Berlin berhasil membalikkan keadaan lewat dua gol kreasi, Marvin Friedrich dan Max Kruse. Secara statistik, Leipzig jauh lebih mendominasi laga ini. Mereka mencatatkan 63 persen penguasaan bola dan membuat hingga 19 tembakan. Sedangkan Union Berlin hanya menorehkan 37 persen penguasaan bola dan melepas 10 tembakan saja. Walau demikian, permainan efektif tim tuan rumah berhasil memberikan mereka kemenangan yang cukup krusial.

Raihan maksimal ini berhasil membuat Union Berlin finish di posisi 7 klasemen menggeser Borussia Monchengladbach. Tim ibukota itu pun berhak tampil di ajang UEFA Conference League musim depan, yakni kompetisi kasta ketiga Eropa di bawah UCL dan UEL. Union Berlin mencatatkan 50 poin dari 34 laga di akhir musim ini dengan rincian, 12 kali menang, 14 kali seri, dan 8 kali kalah. Sementara bagi Leipzig, kekalahan ini tak merubah posisi mereka tetap di peringkat 2 klasemen. Di akhir musim ini Leipzig total meraih 65 poin dari 34 laga dengan hasil, 19 kali menang, 8 kali seri, dan 7 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Laga seru menyajikan duel antara tuan rumah Union Berling menghadapi RB Leipzig dalam pekan terakhir Bundesliga musim kompetisi 2020-2021. Tampil di kandang sendiri, Union Berling berusaha meraih kemenangan untuk finish di posisi setinggi mungkin di klasemen. Walau kalah dominan dari Leipzig, namun sang tuan rumah tetap berani bermain menyerang meladeni permainan terbuka sang lawan.

Sayang sekali memang di sepanjang babak pertama ini jual beli serangan antara kedua kesebelasan sama sekali tak melahirkan gol. Kedua tim sama sama gagal memaksimalkan peluang yang mereka dapat untuk mencetak gol. Babak pertama pun selesai dengan kedudukan imbang tanpa gol bagi kedua kesebelasan.

Babak Kedua

Jalannya pertandingan sedikit berubah di babak kedua, di mana Union Berlin memutuskan tampil lebih reaktif dengan menunggu serangan balik. Akan tetapi keputusan ini sempat berbuah bencana bagi tuan rumah saat di menit ke-55 RB Leipzig berhasil melesakkan gol. Justin Kluivert sukses memaksimalkan umpan Christopher Nkunku untuk mencetak gol dan membawa tim tamu sementara memimpin 0-1.

Tidak mau kalah di kandang sendiri, di sisa waktu babak kedua, Union Berlin coba bermain lebih efektif lagi. Setelah beberapa kali percobaan akhirnya serangan Union Berlin berbuah gol di menit ke-67. Memanfaatkan umpan Christopher Trimmel, Marvin Friedrich sukses melesakkan gol yang merubah kedudukan menjadi imbang 1-1.

Setelah ini laga berjalan cukup ketat di mana Leipzig berusaha keras melesakkan gol kedua untuk amankan kemenangan. Namun keberuntungan seolah memihak tuan rumah di laga ini. Tepat di masa injury time babak kedua, Max Kruse tak menyia nyiakan umpan Sheraldo Becker untuk mencetak gol sekaligus memastikan Union Berlin menang di laga ini dengan skor akhir 2-1.

Susunan Pemain Union Berlin vs RB Leipzig

Union Berlin (3-5-2): Andreas Luthe, Marvin Friedrich, Robin Knoche, Nico Schlotterbeck, Christopher Trimmel, Christian Gentner, Julian Ryerson, Marcus Ingvartsen, Christopher Lenz, Petar Musa, Max Kruse.

RB Leipzig (4-3-3): Josep Martinez, Marcel Halstenberg, Dayot Upamecano, Willy Orban, Lukas Klostermann, Marcel Sabitzer, Kevin Kampl, Amadou Haidara, Justin Kluivert, Emil Forsberg, Hwang Hee-chan.