Liga Prancis: Kalahkan Saint-Etienne, Auxerre Promosi ke Ligue 1

Saint-Etienne vs Auxerre
Auxerre promosi ke Ligue 1 pasca kalahkan Saint-Etienne secara dramatis di babak play-off.

cr photo: JEAN-PHILIPPE KSIAZEK / AFP.

Hasil yang sangat membahagiakan didapat oleh skuad Auxerre ketika bersua Saint-Etienne di leg kedua babak play-off Ligue 1 Prancis. Bermain sebagai tim tamu, Auxerre menyambangi markas lawannya ini dengan hasil 1-1 di leg pertama lalu. Alhasil, duel memang masih berjalan ketat karena kedua tim peluangnya sama besar meski Saint-Etienne sedikit diunggulkan karena menjadi tuan rumah. Lewat laga yang dramatis hingga adu penalti, kemenangan jadi milik sang tamu, yaitu Auxerre.

Partai ini dilanjutkan ke babak adu penalti setelah di waktu normal dan extra time kedudukan tetap imbang 1-1. Dari kubu Saint-Etienne, gol dilesakkan oleh Mahdi Camara. Sedangkan dari pasukan Auxerre, satu satunya gol mereka dicetak oleh Hamza Sakhi. Dari catatan statistik bisa terlihat sangat jelas bahwa laga memang berjalan sangat ketat antara kedua kesebelasan. Namun, pada akhirnya Auxerre yang sukses memanfaatkan peluang lewat adu penalti sukses melenggang memenangkan pertandingan ini.

Atas kemenangan ini, Auxerre berhasil lolos dan promosi ke Ligue 1 musim depan. Auxerre menyusul dua wakil Ligue 2 lain yang sudah otomatis promosi, yaitu Toulouse dan juga Ajaccio. Auxerre pun resmi akan kembali mengarungi ketatnya Ligue 1 Prancis setelah terakhir kali bermain di tahun 2012. Sedangkan bagi Saint-Etienne, kekalahan ini begitu mengecewakan karena terjadi di markas sendiri. Saint-Etienne yang merupakan salah satu tim besar Prancis pun secara tragis harus terdegradasi.

Rangkuman Pertandingan

Sebuah laga menarik mempertemukan duel antara Saint-Etienne menghadapi pasukan Auxerre di leg kedua play-off Ligue 1 2021-2022. Bermain di markas sendiri, Saint-Etienne cukup diunggulkan untuk bisa meraih kemenangan melihat mereka di leg pertama bisa menahan imbang lawannya. Alhasil sejak laga dimulai, tuan rumah memang sudah berusaha mengambil alih kendali permainan.

Tetapi ternyata perlahan lahan Auxerre mampu mengimbangi permainan tuan rumah. Memiliki hasrat tak kalah besar dari sang tuan rumah untuk bermain di Ligue 1 musim depan, Auxerre tampil percaya diri meskipun mendapatkan tekanan dari tuan rumah. Babak pertama sendiri sayangnya berkesudahan dengan skor imbang 0-0.

Babak Kedua

Usai turun minum, permainan masih dalam tensi yang cukup tinggi dan kedua tim terlibat persaingan yang ketat. Jual beli serangan terjadi cukup intens di babak kedua ini. Tim tamu berhasil mencuri gol lebih dulu saat babak kedua memasuki menit ke-51. Hamza Sakhi berhasil memaksimalkan umpan Mathias Autret untuk melesakkan gol sekaligus membawa timnya unggul 0-1.

Tak mau kalah di markas sendiri, Saint-Etienne yang menaikan intensitas serangan sukses melesakkan gol balasan di menit ke-76. Enzo Cirivelli memberikan umpan yang memudahkan Mahdi Camara melesakkan gol dan membuat kedudukan jadi seri 1-1. Kedudukan tak berubah sampai waktu normal selesai dan mau tak mau laga dilanjut ke babak adu penalti.

Pada babak ini, semua algojo Auxerre berhasil menjalankan tugasnya. Sedangkan di kubu Saint-Etienne, Ryad Boudebouz jadi satu satunya yang gagal. Auxerre pun mengakhiri babak adu penalti dengan kemenangan 4-5 dan mereka pun promosi ke Ligue 1 musim depan.

Susunan Pemain Saint-Etienne vs Auxerre

Saint-Etienne (4-4-2): Paul Bernardoni, Falaye Sacko, Harold Moukoudi, Eliaquim Mangala, Miguel Trauco, Denis Bouanga, Zaydou Youssouf, Mahdi Camara, Adil Aouchiche, Romain Hamouma, Wahbi Khazri.

Auxerre (4-1-4-1): Donovan Leon, Quentin Bernard, Theo Pallenard, Jubal, Carlens Arcus, Birama Toure, Mathias Autret, Hamza Sakhi, Alexis Trouillet, Gauthier Hein, Gaetan Charbonnier.