Liga Prancis: Marseille Kunci Kemenangan atas Lorient

Lorient vs Marseille
Marseille bermain solid untuk memastikan bawa pulang kemenangan dari markas Lorient di ajang Ligue 1 Prancis.

cr photo: beINSports.

Raihan maksimal berhasil diamankan skuad Marseille ketika bertamu ke markas Lorient di pekan ke-36 ajang Ligue 1 Prancis. Kesebelasan Marseille yang baru saja disingkirkan Feyenoord di semifinal UEFA Coneference League berusaha mengembalikan kepercayaan diri para pemainnya dengan membidik kemenangan di laga ini. Meski bermain di markas lawan, skuad asuhan Jorge Sampaoli tetap dominan. Tak terbendung di sepanjang laga bermain solid, Marseille pun menang dengan skor meyakinkan, yakni 0-3.

Ada tiga gol yang berhasil disarangkan pasukan Marseille, yang sekaligus menjadi kemenangan mereka pada pertandingan kali ini. Ketiga gol tersebut masing masing dilesakkan oleh Ahmadou Bamba Dieng, Matteo Guendouzi, dan juga Gerson Santos. Pada pertandingan ini, Marseille unggul di semua aspek permainan, dari mulai penguasaan bola hingga jumlah peluang yang tercipta. Maka tak mengherankan, meski sempat alot, namun Marseille tetap bisa amankan kemenangan di laga kali ini.

Hasil maksimal ini memberikan Marseille tambahan tiga poin yang membawa mereka naik ke posisi 2 klasemen Liga Prancis. Mereka kembali merebut posisi runner-up dari AS Monaco dan kini unggul 3 poin dari tim yang ada di bawahnya. Marseille sudah meraih total 68 poin dari 36 laga dengan hasil, 20 kali menang, 8 kali seri, dan 8 kali kalah. Sedangkan untuk Lorient, mereka tetap di posisi 17 klasemen, satu strip di atas zona merah. Lorient baru mengemas 34 poin dari 36 laga dengan hasil, 8 kali menang, 10 seri, dan 18 kalah.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Lorient kedatangan lawan tangguh, yakni Marseille dalam lanjutan pekan ke-36 Liga Prancis musim 2021-2022. Hampir dipastikan lolos ke UCL musim depan, Marseille tetap serius menargetkan kemenangan pada laga tandangnya kali ini. Meski demikian, di awal pertandingan, anak asuhan Jorge Sampaoli mendapat perlawanan dari Lorient yang berusaha menjauh dari zona degradasi.

Setelah melalui duel ketat di babak pertama, Marseille sukses membuka skor lebih dulu di menit ke-39 babak pertama. Ahmadou Bamba Dieng berhasil melesakkan gol cantik usai bekerjasama dengan Cengiz Under untuk membawa Marseille sementara unggul 0-1. Keunggulan ini berhasil dipertahankan tim tamu ini sampai jalannya babak pertama ini berakhir dengan keunggulan bagi Marseille.

Babak Kedua

Pasca turun minum, Marseille yang sudah berhasil memecahkan kebuntuan bermain lebih rileks dan tanpa beban. Alhasil mereka sukses melesakkan gol keduanya saat babak kedua memasuki menit ke-48. Luan Peres berhasil memberikan assist yang diselesaikan menjadi gol oleh Matteo Guendouzi untuk membuat Marseille kini unggul dengan skor 0-2.

Tim tamu semakin berada di atas angin ketika berhasil melesakkan gol ketiganya pada menit ke-67 babak kedua. Berawal dari umpan Ahmadou Bamba Dieng, bola diteruskan menjadi gol oleh Gerson Santos untuk menjauhkan skor menjadi 0-3.

Pada sisa waktu babak kedua, Marseille masih berusaha untuk menambah keunggulan mereka. Akan tetapi usaha mereka beberapa kali bisa diredam oleh pasukan tuan rumah. Sayang sekali bagi Lorient sendiri, mereka tak bisa melesakkan satupun gol balasan, sehingga laga ini selesai dengan skor 0-3 untuk kemenangan Marseille.

Susunan Pemain Lorient vs Marseille

Lorient (3-5-2): Mathieu Dreyer, Houboulang Mendes, Julien Laporte, Jeremy Morel, Igor Silva, Enzo Le Fee, Fabien Lemoine, Laurent Abergel, Vincent Le Goff, Armand Lauriente, Terem Moffi.

Marseille (4-3-3): Steve Mandanda, Luan Peres, Duje Caleta-Car, William Saliba, Valentin Rongier, Pape Gueye, Boubacar Kamara, Matteo Guendouzi, Gerson Santos, Cedric Bakambu, Cengiz Under.