google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Prancis: Nice Sukses Hajar Olympique Lyon

Olympique Lyon vs Nice
Kalah dari Nice, Olympique Lyon gagal melaju ke Liga Champions usai hanya mampu finish posisi 4 klasemen Liga Prancis.

cr photo: OGC Nice Official Website

Laga menarik tersaji ketika tuan rumah Olympique Lyon menjamu lawannya, Nice dalam pertandingan terakhir di ajang Liga Prancis. Sebagai tuan rumah, Lyon mengincar kemenangan yang sekaligus akan mengamankan jalan mereka lolos ke Liga Champions musim depan. Namun alih alih tampil mendobrak, pasukan Rudi Garcia malah tampil kurang maksimal di sepanjang laga. Nice yang tampil baik berhasil memanfaatkan kondisi tersebut untuk mencuri kemenangan atas sang tuan rumah. Nice berhasil memenangkan pertandingan ini dengan skor tipis saja, yakni 2-3.

Tiga gol yang jadi penentu kemenangan tim tamu di laga ini masing masing dicetak oleh Kasper Dolberg, Hassane Kamara, dan William Saliba. Sedangkan dua gol balasan Lyon semuanya diborong oleh striker mereka berkebangsaan Kamerun, yaitu Karl Toko Ekambi. Kekalahan ini menjadi hasil yang sangat mengecewakan bagi Lyon karena mesti menutup musim ini dengan kekalahan, padahal mereka bermain di kandang sendiri. Sedangkan aksi heroik Nice sukses membuat mereka menyelesaikan musim 2020-2021 ini dengan hasil yang sangat memuaskan.

Bagi Lyon kekalahan ini juga membuat posisi mereka turun ke peringkat 4 klasemen digeser oleh AS Monaco. Kondisi itu membuat Lyon secara dramatis gagal lolos ke Liga Champions musim depan dan hanya akan berlaga di Liga Europa bersama Marseille. Musim ini Lyon sendiri total meraih 76 poin dari 38 laga dengan rincian, 22 kali menang, 10 kali seri, dan 6 kali menderita kekalahan. Sementara untuk Nice, kemenangan ini membuat mereka finish di posisi 10 besarm tepatnya peringkat 9 klasemen akhir. Nice total mengoleksi 52 poin dari 38 laga dengan hasil, 15 kali menang, 7 kali seri, dan 16 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Olympique Lyon menghadapi Nice dalam pertandingan terakhir ajang Liga Prancis musim kompetisi 2020-2021. Memainkan laga pamungkas di kandang sendiri jelas membuat Lyon menginginkan kemenangan sebagai target wajib di laga ini. Skuad asuhan Rudi Garcia lantas tampil terbuka dan mendominasi jalannya pertandingan sejak awal awal babak pertama.

Gol cukup cepat sukses dilesakkan oleh Lyon ketika babak pertama baru berjalan 14 menit. Memphis Depay memberikan umpan yang berhasil diteruskan oleh Karl Toko Ekambi menjadi gol. Aksi mantan pemain Villarreal asal Kamerun ini berhasil untuk sementara membawa Lyon unggul 1-0.

Akan tetapi ternyata keunggulan Lyon ini tak bertahan lama, karena di menit ke-27, gol balasan sukses dilesakkan oleh tim tamu. Kasper Dolberg berhasil memanfaatkan kelengahan bek bek Lyon untuk melesakkan gol penyama kedudukan. Aksi pemain berkebangsaan Denmark itu berhasil merubah skor jadi imbang 1-1.

Namun sebelum turun minum, Lyon berhasil melesakkan gol keduanya. Tepatnya di menit ke-40 Memphis Depay kembali berhasil melesakkan assist untuk memudahkan Toko Ekambi mencetak gol keduanya di laga ini. Aksi kedua Toko Ekambi berhasil membawa Lyon kembali unggul dengan skor 2-1 yang bertahan sampai babak pertama selesai.

Babak Kedua

Ketika laga memasuki babak kedua, Nice sedikit bermain menunggu dan mengandalkan serangan balik cepat melihat cukup terbukanya pertahanan tuan rumah saat kehilangan bola. Hal ini cukup efektif membuat Nice melahirkan sejumlah peluang berbahaya ke pertahanan Lyon.

Pada akhirnya kedudukan kembali berubah menjadi imbang usai Nice sukses melesakkan gol di menit ke-50. Kali ini aktor utamanya adalah Hassane Kamara yang kembali memanfaatkan kelengahan bek Lyon. Lesakkan Kamara ini membuat skor menjadi imbang 2-2.

Tujuh menit berselang secara dramatis Nice berhasil melesakkan gol ketiga mereka untuk membalikkan keadaan. William Saliba yang naik membantu serangan sukses meneruskan umpan Amine Gouiri untuk melesakkan gol yang membawa Nice berbalik memimpin 2-3. Sampai babak kedua selesai, skor sukses dipertahankan Nice sehingga mereka berhasil pulang dengan kemenangan atas tuan rumah, Lyon.

Susunan Pemain Olympique Lyon vs Nice

Olympique Lyon (4-2-3-1): Anthony Lopes, Leo Dubois, Marcelo Guedes, Jason Denayer, Maxwel Cornet, Maxence Caqueret, Bruno Guimaraes, Karl Toko Ekambi, Lucas Paqueta, Houssem Aouar, Memphis Depay.

Nice (4-1-4-1): Walter Benitez, Hassane Kamara, William Saliba, Jean-Claire Todibo, Youcef Attal, Kheprhem Thuram-Ulien, Amine Gouiri, Pierre Lees-Melou, Hicham Boudaoui, Rony Lopes, Kasper Dolberg.