google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Prancis: Saint-Etienne Sukses Imbangi Lyon

Saint-Etienne vs Lyon
Gol telat Wahbi Khazri selamatkan Saint-Etienne saat menjamu Lyon di ajang Liga Prancis.

cr photo: Games4You.

Pertandingan menarik hadirkan duel antara Saint-Etienne melawan Olympique Lyon dalam laga lanjutan pekan kesembilan Liga Prancis. Bermain di kandang lawan, Lyon sebenarnya mendapat perlawanan yang sangat merepotkan di sepanjang pertandingan. Namun ketenangan berhasil mereka tunjukkan untuk meredam serangan tuan rumah. Sayangnya meski sudah sempat unggul lebih dulu, namun usaha Lyon mempertahankan kemenangan harus gagal di laga ini. Saint-Etienne sebagai tuan rumah sukses menyelamatkan diri dari kekalahan dan memaksa laga selesai dengan skor akhir imbang 1-1.

Satu satunya gol yang dilesakkan Lyon pada duel kali ini lahir melalui aksi pemain bintang mereka, yaitu Houssem Aouar. Sedangkan satu gol balasan yang tercipta bagi kubu Saint-Etienne lahir dari eksekusi penalti striker asal Tunisia, yaitu Wahbi Khazri. Laga ini juga diwarnai satu kartu merah untuk kiper Lyon, yaitu Anthony Lopes. Meski sekilas Lyon memang unggul dalam hal penguasaan bola, namun sebenarnya Saint-Etienne jauh lebih berbahaya saat melancarkan serangan. Maka dari itu sebenarnya cukup beruntung Lyon masih bisa amankan poin di pertandingan ini.

Hasil ini gagal membuat Lyon mendapat tiga poin dan mereka harus puas hanya mendapat satu poin yang menahan mereka di posisi 10 klasemen Liga Prancis. Lyon untuk saat ini hanya berjarak 3 poin saja dari zona Liga Champions yang ditempati oleh Angers. Klub berjuluk Les Gones sejauh ini sudah meraih 13 poin dari 9 laga dengan catatan, 3 menang, 4 kali seri, dan 2 kali kalah. Sedangkan untuk Saint-Etienne, hasil ini menahan mereka di dasar klasemen. Saint-Etienne baru meraih 4 poin dari 9 laga dengan rincian, 4 kali seri, dan 5 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Duel seru menghadirkan duel antara dua tim, yaitu Saint-Etienne menjamu Olympique Lyon dalam laga pekan kesembilan Liga Prancis 2021-2022. Tampil di hadapan pendukung sendiri, Saint-Etienne tak gentar meski lawan mereka tim sekelas Lyon. Semua demi meraih kemenangan pertama mereka di musim ini. Laga pun dimulai dengan duel ketat antara kedua kesebelasan.

Akan tetapi buruknya penyelesaian akhir membuat Saint-Etienne tak kunjung melesakkan gol. Alih alih membuka skor, gawang mereka harus kebobolan lebih dulu. Pada menit ke-41, Houssem Aouar sukses mengkonversi umpan Lucas Paqueta menjadi gol untuk membawa Lyon sementara unggul 0-1.

Lyon bahkan sempat berhasil menggandakan keunggulannya pada menit ke-43. Xherdan Shaqiri sukses manfaatkan kelengahan bek lawan untuk mencetak gol. Sayang gol Shaqiri ini harus dianulir VAR usai sebelum gol terbukti ada sebuah pelanggaran. Babak pertama pun selesai dengan skor 1-0 untuk keunggulan Olympique Lyon.

Babak Kedua

Selepas istirahat, Saint-Etienne manikan tensi permainan dan intensitas serangan mereka. Kondisi ini benar benar membuat skuad Lyon kerepotan. Masalah pun menimpa Lyon saat babak kedua memasuki menit ke-74. Kiper mereka, yaitu Anthony Lopes melakukan pelanggaran fatal yang membuat ia diganjar kartu merah. Alhasil di sisa waktu pertandingan, Lyon harus bermain dengan 10 orang saja.

Dengan keunggulan jumlah pemain, Saint-Etienne lantas menggempur habis pertahanan Lyon di sisa waktu babak kedua. Kerja keras mereka pun terbayar saat di masa injury time babak kedua, Saint-Etienne diganjar tendangan penalti usai pemain Lyon lakukan pelanggaran di area terlarang. Wahbi Khazri sebagai algojo sukses menjalankan tugasnya untuk memastikan laga selesai dengan skor akhir imbang 1-1.

Susunan Pemain Saint-Etienne vs Lyon

Saint-Etienne (4-2-3-1): Etienne Green, Mahdi Camara, Harold Moukoudi, Timothee Kolodziejczak, Miguel Trauco, Zaydou Youssouf, Yvan Neyou Noupa, Arnaud Nordin, Ryad Boudebouz, Denis Bouanga, Wahbi Khazri.

Lyon (4-2-3-1): Anthony Lopes, Henrique, Sinaly Diomande, Jerome Boateng, Leo Dubois, Bruno Guimaraes, Maxence Caqueret, Karl Toko Ekambi, Houssem Aouar, Xherdan Shaqiri, Lucas Paqueta.