Liga Spanyol: Alaves Menang Dramatis atas Espanyol

Alaves vs Espanyol
Kemenangan krusial diraih Alaves usai comeback melawan Espanyol di lanjutan La Liga Spanyol.

cr photo: MARCA.

Kemenangan penting dipetik skuad Alaves ketika menjamu lawannya, yaitu Espanyol di lanjutan pekan ke-36 La Liga Spanyol. Butuh sekali kemenangan untuk keluar dari zona merah, Alaves yang bermain di markas sendiri tampil agresif dan terbuka sepanjang laga berjalan. Espanyol sempat memberikan perlawanan sangat sengit karena mereka juga menginginkan kemenangan. Akan tetapi perjuanga keras yang ditunjukkan Alaves berhasil lahirkan kemenangan dengan skor akhir tipis saja, yaitu 2-1.

Skuad Alaves berhasil sarangkan dua gol yang sekaligus menjadi penentu kemenangan mereka pada pertandingan kali ini. Kedua gol tersebut masing masing dicetak oleh, Miguel de la Fuente, dan juga Gonzalo Escalante. Sedangkan satu satunya gol yang dicetak tim tamu lahir melalui aksi Raul de Tomas. Laga menarik ini juga diwarnai dengan kartu merah yang lahir dan diberikan kepada salah satu pemain Espanyol, yaitu Yangel Herrera. Alaves yang bekerja keras, memang sangat layak memenangkan duel ini.

Raihan kemenangan ini memberikan Alaves tambahan tiga poin yang membawa mereka naik ke posisi 19 klasemen Liga Spanyol. Alaves membuka harapan untuk selamat dari degradasi, usai hanya selisih 4 poin dari Cadiz di zona aman. Sejauh ini Alaves sudah meraih 31 poin dari 36 laga dengan catatan, 8 kali menang, 7 kali seri, dan 21 kali kalah. Sedangkan bagi Espanyol, mereka turun ke posisi 13 usai kalah di laga ini. Espanyol meraih 40 poin dari 36 laga dengan hasil, 10 kali menang, 10 kali seri, dan 16 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Laga sangat krusial harus dilalui oleh skuad Alaves ketika menghadapi Espanyol dalam pekan ke-36 ajang La Liga Spanyol musim 2021-2022. Tampil sebagai tuan rumah, Alaves berusaha memaksimalkan laga ini untuk mendulang poin penuh dan menjaga asa selamat dari ancaman degradasi. Sejak laga dimulai, Alaves sudah memberikan tekanan serius ke pertahanan lawannya.

Bermain cukup percaya diri, Alaves berhasil membuka skor lebih dulu ketika babak pertama baru berjalan sekitar tujuh menit. Joselu melakukan aksi ciamik dengan memberi umpan kepada Miguel de la Fuente yang berbuah ol yang membuat skuad Alaves sementara unggul dengan skor 1-0.

Sayang sekali sekali keunggulan Alaves ini hanya bertahan tujuh menit saja, karena di menit ke-14, Espanyol berhasil melesakkan gol penyama kedudukan. Penalti diberikan untuk Espanyol usai ada pelanggaran di area penalti Alaves. Raul de Tomas berhasil jalankan tugasnya untuk mencetak gol dan samakan kedudukan menjadi 1-1 yang bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Pasca istirahat, di awal awal babak kedua Espanyol mendapat masalah serius. Salah satu pemain mereka, yaitu Yangel Herrera melakukan pelanggaran keras yang berbuah kartu kuning kedua. Yangel Herrera pun diusir wasit usai menerima kartu merah, dan Espanyol mesti bermain dengan 10 orang saja di sisa laga.

Unggul jumlah pemain benar benar tak disiasiakan oleh skuad tuan rumah. Alaves yang dominan akhirnya berhasil melesakkan gol kedua mereka di menit ke-59. Sepakan keras Gonzalo Escalante meneruskan umpan Jason berhasil berbuah gol yang membawa Alaves kembali unggul 2-1. Kedudukan ini tak berubah sampai laga selesai, dan kemenangan jadi milik Alaves dengan skor 2-1.

Susunan Pemain Alaves vs Espanyol

Alaves (4-2-3-1): Fernando Pacheco, Nahuel Tenaglia, Victor Laguardia, Florian Lejeune, Ruben Duarte, Gonzalo Escalante, Mamadou Loum Ndiaye, Miguel de la Fuente, Jason, Luis Rioja, Joselu.

Espanyol (4-3-3): Diego Lopez, Leandro Cabrera, Sergi Gomez, Fernando Calero, Aleix Vidal, Sergi Darder, Yangel Herrera, Oscar Melendo, Nico Ribaudo, Raul de Tomas, Javier Puado.