google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Spanyol: Alaves Sukses Imbangi Real Sociedad

Alaves vs Real Sociedad
Alaves sukses redam agresifitas Real Sociedad dalam ajang Liga Spanyol.

cr photo: Football Espana.

Hasil kurang memuaskan tatkala Real Sociedad berhadapan dengan Alaves dalam lanjutan pekan ke-19 ajang La Liga Spanyol. Bermain di kandang lawan, Real Sociedad tetap berusaha menampilkan permainan agresif demi mengincar kemenangan. Di sepanjang laga kemudian Sociedad memang bermain jauh lebih dominan daripada sang tuan rumah. Sayang sekali memang Alaves mampu bermain cukup baik meladeni permainan terbuka sang tamu. Meskipun tampil dominan, Sociedad sama sekali tak mampu amankan kemenangan. Mereka harus puas hanya bisa bermain imbang dengan skor akhir 1-1.

Dari kubu Real Sociedad gol dilesakkan oleh eks pemain Manchester United, yaitu Adnan Januzaj. Sedangkan gol balasan yang disarangkan kubu tuan rumah dilesakkan oleh Joselu dari titik penalti. Hasil seri ini agaknya cukup adil apabila melihat jalannya pertandingan. Sociedad memang mendominasi dalam urusan penguasaan bola. Akan tetapi jumlah tembakan dan peluang yang dimiliki Alaves lebih banyak. Sehingga skor imbang ini bisa dibilang layak bagi kedua kesebelasan.

Dengan raihan imbang ini, Real Sociedad sayangnya hanya mendapatkan satu poin saja yang menahan mereka di posisi 7 klsemen sementara Liga Spanyol. Sociedad masih tertinggal dua poin saja dari Atletico Madrid yang menempati posisi 4 klasemen atau zona Liga Champions. Pasukan asal Basque tersebut saat ini sudah meraih 30 poin dari 19 laga dengan catatan, 8 kali menang, 6 kali seri, dan 5 kali kalah. Sedangkan bagi Alaves, hasil ini juga menahan mereka di posisi 18 klasemen. Alaves baru meraih 16 poin dari 19 laga dengan raihan, 4 kali menang, 4 kali seri, dan 11 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Deportivo Alaves kedatangan lawan cukup berat, yakni Real Sociedad dalam lanjutan laga pekan ke-19 Liga Spanyol 2021-2022. Kemenangan sangat dibutuhkan Alaves untuk bisa keluar dari zona degradasi. Begitu halnya dengan Sociedad yang juga menginginkan tiga poin demi masuk ke zona Liga Champions. Laga menarik langsung terjadi sejak awal laga dimulai.

Bermain lebih dominan, pasukan Real Sociedad berhasil melesakkan gol pertama pada saat babak pertama baru memasuki menit ke-14. Adnan Januzaj menerima bola umpan yang sangat terukur dari Cristian Portu. Gol sukses dilesakkan pemain asal Belgia tersebut untuk membawa Sociedad sementara unggul 0-1.

Di sisa waktu babak pertama, serangan demi serangan yang dilancarkan kedua kesebelasan sama sama tak berujung gol. Sampai babak pertama selesai tak ada gol tambahan yang tercipta. Babak pertama pun selesai dengan skor 0-1 untuk keunggulan Sociedad.

Babak Kedua

Selepas turun minum, duel kedua kesebelasan menjadi lebih menarik karena kubu Alaves yang tertinggal, kini bermain sangat agresif. Mereka bahkan seolah sudah melupakan lini belakang demi mengejar gol penyama kedudukan. Serangan demi serangan pun lebih sering dilepaskan oleh sang tuan rumah.

Usaha Alaves untuk melesakkan gol balasan akhirnya berhasil di menit ke-58. Penalti didapat Alaves usai pemain Sociedad melakukan pelanggaran di area terlarang. Joselu sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan baik dan merubah skor menjadi imbang 1-1. Ternyata skor ini kemudian bertahan sampai laga selesai karena tak ada gol tambahan di sisa waktu babak kedua. Laga pun berakhir dengan skor imbang 1-1.

Susunan Pemain Alaves vs Real Sociedad

Alaves (4-1-4-1): Jesus Owono, Martin Aguirregabiria, Victor Laguardia, Florian Lejeune, Ruben Duarte, Mamadou Loum Ndiaye, Ivan Martin, Miguel de la Fuente, Antonio Moye, Luis Rioja, Joselu.

Real Sociedad (4-2-3-1): Alex Remiro, Diego Rico, Robin Le Normand, Igor Zubeldia, Aritz Elustondo, Mikel Merino, Ander Guevara, Ander Barrenetxea, David Silva, Cristian Portu, Alexander Isak.