google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Spanyol: Atletico Madrid Takluk dari Alaves

Alaves vs Atletico Madrid
Alaves sukses tampil mengejutkan dengan tumbangkan Atletico Madrid di ajang La Liga Spanyol.

cr photo: Eurosport.

Kekalahan harus diterima oleh kesebelasan Atletico Madrid saat bertandang ke markas Alaves dalam laga pekan ketujuh Liga Spanyol. Sebagai juara bertahan, Atletico tetap diunggulkan memenangkan laga ini meskipun mereka berstatus sebagai tim tamu. Akan tetapi di luar dugaan, Alaves berhasil memberikan perlawanan yang cukup ketat di sepanjang laga ini kepada tamu mereka. Kebobolan lebih dulu, Atletico sayang sekali tak mampu membalas sampai laga selesai. Alhasil kemenangan pun jadi milik tuan rumah, yakni Deportivo Alaves dengan skor akhir tipis saja, yakni 1-0 atas Atletico.

Satu satunya gol yang tercipta dan menjadi penentu kemenangan Alaves pada pertandingan ini lahir lewat aksi pemain belakang mereka, yakni Victor Laguardia. Sepanjang laga Atletico sendiri sebenarnya bermain sangat dominan dengan catatkan 72 persen penguasaan bola berbanding 28 persen. Bahkan jumlah tembakan yang mereka lepas juga lebih banyak, yakni 13 tembakan berbanding 6 milik Alaves. Sayang ketidakberuntungan memang menjadi aktor utama kekalahan Los Cholconeros selain memang Alaves sendiri yang tampil amat solid di sepanjang laga.

Kemenangan ini merupakan kemenangan pertama bagi Alaves di ajang La Liga musim ini. Posisi mereka memang belum berubah tetap di posisi 19 klasemen, namun hal ini memberikan suntikan semangat untuk meraih hasil serupa di laga lain. Sejauh ini Alaves sendiri baru meraih 3 poin dari 6 laga dengan catatan 1 kali menang dan 5 kali menelan kekalahan. Sedangkan bagi Atletico Madrid, kekalahan ini membuat mereka gagal mendekati Real Madrid, bahkan mereka kini turun ke posisi 4 klasemen. Atletici sejauh ini sudah mengoleksi 14 poin dari 7 laga dengan catatan 4 kali menang 2 kali seri, dan 1 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Laga berat harus dijalani oleh tuan rumah Alaves saat harus menjamu Atletico Madrid dalam laga pekan ketujuh Liga Spanyol musim 2021-2022. Menjamu juara bertahan jelas sejak awal Alaves enggan gegabah dengan bermain berhati-hati. Apalagi di laga ini Atletico sedang dalam motivasi tinggi untuk bisa mendekati Real Madrid yang masih kokoh di puncak klasemen.

Start apik pun sukses dilakukan oleh Alaves dengan menjebol gawang Atletico di awal awal laga tepatnya di menit ke-4 babak pertama. Situasi tendangan bebas yang diambil Ruben Duarte berhasil dimanfaatkan pemain belakang Alaves, yakni Victor Laguardia untuk menjebol gawang Atletico dan membawa Alaves sementara memimpin 1-0.

Di sisa waktu babak pertama, Atletico yang tertinggal lantas mengambil alih kendali pertandingan. Gelombang serangan mereka lancarkan dan beberapa ada yang hampir berbuah gol meski pada akhirnya bisa diredam dengan sangat baik oleh lini belakang Alaves. Sampai dengan babak pertama selesai Atletico gagal menyamakan kedudukan sehingga skor 1-0 untuk Alaves bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Setelah istirahat, pelatih Diego Simeone menginstruksikan para pemain depannya untuk tenang saat membangun serangan. Kondisi ini membuat serangan Los Rojiblancos kemudia memang jauh lebih berbahaya. Bergantian Luis Suarez dan Antoine Griezmann membahayakan gawang Alaves, namun sayang memang tak ada satupun yang berbuah gol.

Sepanjang babak kedua, Alaves yang dipaksa bertahan benar benar menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Bahkan bisa dibilang lini serang Atletico benar benar dibuat frustasi sehingga mereka gagal melesakkan satupun gol di laga ini. Pertandingan pun selesai dengan kemenangan 1-0 untuk sang tuan rumah, Deportivo Alaves.

Susunan Pemain Alaves vs Atletico Madrid

Alaves (4-4-2): Fernando Pacheco, Ximo Navarro, Matt Miazga, Victor Laguardia, Ruben Duarte, Martin Aguirregabiria, Antonio Moya, Mamadou Loum Ndiaye, Luis Rioja, Miguel de la Fuente, Mamadou Sylla.

Atletico Madrid (3-5-2): Jan Oblak, Mario Hermoso, Felipe Luiz, Stefan Savic, Yannick Carrasco, Rodrigo de Paul, Geoffrey Kondogbia, Marcos Llorente, Kieran Trippier, Antoine Griezmann, Luis Suarez.