google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Spanyol: Barcelona Buat Villarreal Tersungkur

Villarreal vs Barcelona
Antoine Griezmann cetak brace yang pimpin kemenangan Barcelona di markas Villarreal dalam lanjutan Liga Spanyol.

cr photo: Barca Blaugranes

Tiga poin berharga berhasil didapat oleh kesebelasan Barcelona ketika menjalani laga tandang melawan Villarreal di lanjuta Liga Spanyol. Meskipun bermain di kandang lawan, Barca yang kuat dengan penguasaan bolanya berhasil tetap mendominasi laga ini. Pasukan Ronald Koeman namun bukan tanpa perlawanan di pertandingan ini. Pasalnya, Villarreal memberikan tekanan cukup ketat ke kubu Barca. Walau demikian, kegigihan Barca akhirnya berbuah kemenangan krusial. Pasukan Blaugrana berhasil amankan kemenangan dengan skor akhir tipis saja, yaitu 1-2 atas Villarreal.

Dua gol kemenangan Barcelona ini diborong oleh striker asal Prancis, yakni Antoine Griezmann. Sementara itu, satu satunya gol balasan The Yellow Submarine dicetak oleh Samuel Chukwueze. Laga sengit ini juga membuat wasit harus mengeluarkan satu kartu merah untuk pemain Villarreal, yaitu Manu Trigueros. Statistik mencatat Barca lebih unggul di laga ini dengan membuat 57 persen penguasaan bola dan melepas 15 tembakan. Sedangkan Villarreal hanya membuat 43 persen penguasaan bola dan melesakkan 10 tembakan.

Tambahan tiga poin ini terus membuat Barca merapatkan jarak dengan pemuncak klasemen. Walau hanya di posisi 3, kini Barca hanya selisih 2 angka saja dari puncak klasemen, dengan masih menyisakan satu pertandingan. Los Cules hingga pekan ini sudah meraih 71 poin dari 32 laga dengan hasil, 22 kali menang, 5 kali seri, dan hanya 5 kali alami kekalahan. Sementara bagi Villarreal, kekalahan ini membuat posisi mereka turun ke peringkat 7 klasemen Liga Spanyol. Villarreal sejauh ini sudah mengoleksi 49 poin dari 33 laga dengan rincian, 12 kali menang, 13 kali seri, dan 8 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Partai menarik mempertemukan tuan rumah Villarreal dengan lawannya Barcelona dalam laga lanjutan ajang Liga Spanyol musim 2020-2021. Sama sama membutuhkan tiga poin, kedua kesebelasan tampil terbuka. Sejak awal babak pertama persaingan ketat sudah terjadi. Meskipun kubu Barca menguasai bola, akan tetapi Villarreal cukup berbahaya dengan serangan balik cepatnya.

Gol bahkan lebih dulu dilesakkan oleh tuan rumah saat babak pertama memasuki menit ke-26. Umpan terobosan Pau Torres berhasil menjangkau Samuel Chukwueze yang lolos dari offside. Chukwueze kemudian berhasil mengecoh kiper Barcelona dan tingga menceploskan bola ke gawang kosong. Aksi winger lincah asal Nigeria itu sukses membawa tuan rumah sementara memimpin 1-0.

Akan tetapi ternyata keunggulan Villarreal ini tidak bertahan lama. Pasalnya dua menit berselang atau di menit ke-28, Barca sukses melesakkan gol penyama kedudukan. Diawali bola daerah yang dilepas Oscar Mingueza, Antoine Griezmann berhasil menjangkaunya dan membuat finishing cantik. Gol apik dari Griezmann ini membuat skor kali ini menjadi imbang 1-1.

Kemudian usai kegigihannya, Barca berhasil berbalik unggul di menit ke-35 babak pertama. Antoine Griezmann memanfaatkan kelengahan bek bek Villarreal untuk lesakkan gol keduanya di laga ini. Gol tersebut memastikan di babak pertama Barcelona unggul 1-2 atas sang tuan rumah.

Babak Kedua

Saat laga memasuki babak kedua ini, Barca masih enggan mengendurkan serangan mereka. Berkali kali pertahanan Villarreal ini mesti jatuh bangun meredam aksi Lionel Messi dan kawan kawan. Beruntungnya mereka berhasil meredam serangan tersebut. Namun buruknya, mereka menjadi sulit berkonsentrasi untuk mencari gol penyama kedudukan.

Kondisi Villarreal kian sulit saat Manu Trigueros diganjar kartu merah usai lakukan pelanggaran keras. Sejak saat itu tuan rumah harus bermain dengan 10 pemain saja. Kondisi ini dimanfaatkan Barca untuk mendominasi penuh pertandingan. Walau demikian, sayang di sisa babak pertama tak ada lagi gol yang lahir sehingga Barcelona sukses menjadi pemenang di laga ini dengan skor akhir 1-2.

Susunan Pemain Villarreal vs Barcelona

Villarreal (4-4-2): Sergio Asenjo, Juan Foyth, Raul Albiol, Pau Torres, Alberto Moreno, Samuel Chukwueze, Etienne Capoue, Dani Parejo, Manu Trigueros, Gerard Moreno, Paco Alcacer.

Barcelona (3-1-4-2): Marc-Andre Ter Stegen, Clement Lenglet, Gerard Pique, Oscar Mingueza, Sergio Busquets, Pedri Gonzalez, Frenkie de Jong, Jordi Alba, Serginho Dest, Antoine Griezmann, Lionel Messi.