google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Spanyol: Barcelona Imbang dengan Athletic Bilbao

Athletic Bilbao vs Barcelona
Tandang ke markas Athletic Bilbao, Barcelona gagal meraih kemenangan.

cr photo: Ruetir.

Hasil kurang maksimal harus didapat oleh kesebelasan Barcelona ketika menghadapi Athletic Bilbao di pekan kedua ajang La Liga Spanyol. Tandang ke San Mames, markas Bilbao, Barca memang kerap alami kesulitan tak terkecuali pada pertandingan kali ini. Di sepanjang jalannya laga, Barcelona benar benar dibuat kerepotan oleh rapat dan disiplinnya lini pertahanan skuad berjuluk Los Leones tersebut. Beruntungnya bagi Barcelona, kegagalan mereka melesakkan banyak gol juga diikuti oleh tim tuan rumah. Alhasil di pertandingan kali ini berakhir tanpa adanya pemenang usai kedua kesebelasan hanya mampu berbagi angka dengan skor akhir 1-1.

Dari kubu tuan rumah, satu satunya gol yang mereka lesakkan lahir melalui aksi pemain belakang mereka, yakni Inigo Martinez. Sedangkan gol balasan yang dicetak oleh Barcelona, lahir lewat rekrutan anyar mereka, yaitu Memphis Depay. Pertandingan seru ini juga melahirkan satu kartu merah yang diberikan kepada pemain belakang Barcelona, yakni Eric Garcia. Secara statistik pertandingan ini memang dikuasai Barca dengan penguasaan bola 69 persen berbanding 31 persen. Namun Bilbao bermain lebih agresif dengan melepaskan hingga 16 tembakan, sementara Barca hanya 9 kali melepas tembakan.

Walau hanya meraib hasil imbang, itu sudah cukup untuk membawa Barcelona sementara menduduki puncak klasemen Liga Spanyol. Barca sementara meraih poin 4 sama seperti Valencia dan Real Mallorca yang ada di bawah mereka. Sementara tim tim unggulan lain seperti Sevilla, Atletico Madrid, dan Real Madrid baru akan bermain malam nanti. Sedangkan bagi Athletic Bilbao, hasil imbang ini menempatkan mereka sementara di posisi 9 klasemen Liga Spanyol dengan 2 poin usai meraih dua kali hasil imbang di dua kali penampilannya.

Rangkuman Pertandingan

Duel ketat terjadi saat kesebelasan Barcelona tandang menghadapi Athletic Bilbao dalam lanjutan La Liga Spanyol pekan kedua. Sebagai tuan rumah, Bilbao berusaha untuk memanfaatkan angkernya San Mames bagi Barcelona dengan tampil serapat mungkin di belakang dan andalakan serangan balik cepat. Hal ini sangat berhasil meredam agresifitas pasukan Ronald Koeman bahkan sejak babak pertama dimulai.

Jual beli serangan pun terjadi sepanjang babak pertama. Barca yang andalkan trio Memphis Depay, Martin Braithwaite, dan Antoine Griezmann di depan bermain dengan kolektif. Beberapa kali mereka mengancam namun sayang belum berbuah hasil. Begitu juga dengan Bilbao yang cukup rajin menebar ancaman lewat duet Inaki Williams dan Oihan Sancet. Sayang sampai babak pertama selesai tak ada gol, alhasil babak pertama ditutup dengan skor imbang 0-0.

Babak Kedua

Usai istirahat, baik Barca maupun Bilbao sama sama berusaha keras untuk melesakkan gol lebih dulu dengan tampil lebih agresif. Namun berkat kerja keras, Bilbao lah yang akhirnya sukses melesakkan gol lebih dulu di menit ke-50 babak pertama. Umpan Iker Muniain sukses disambar Inigo Martinez yang naik membantu serangan untuk membawa Bilbao sementara unggul 1-0.

Enggan kalah di laga tandang pertama mereka ini, Barcelona menekan penuh pertahanan Bilbao di sisa waktu babak kedua. Usaha Barca berbuah hasil saat babak kedua masuk menit ke-75. Memanfaatkan umpan Sergi Roberto, Memphis Depay sukses merubah kedudukan menjadi imbang 1-1 lewat golnya.

Di sisa waktu babak kedua, bukannya melesakkan gol, Barca malah harus kehilangan salah satu pemainnya, yakni Eric Garcia yang diganjar kartu merah. Laga pun selesai dengan skor akhir imbang 1-1 untuk kedua kesebelasan.

Susunan Pemain Athletic Bilbao vs Barcelona

Athletic Bilbao (4-4-2): Julen Agirrezabala, Inigo Lekue, Daniel Vivian, Inigo Martinez, Mikel Balenziaga, Alex Berenguer, Unai Vencedor, Dani Garcia, Iker Muniain, Oihan Sancet, Inaki Williams.

Barcelona (4-3-3): Neto, Jordi Alba, Gerard Pique, Eric Garcia, Sergino Dest, Pedri Gonzalez, Sergio Busquets, Frenkie de Jong, Martin Braithwaite, Memphis Depay, Antoine Griezmann.