google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Spanyol: Barcelona Menang Susah Payah atas Eibar

Eibar vs Barcelona
Barcelona menang tipis atas Eibar dalam laga pekan terakhir La Liga Spanyol.

cr photo: Sportskeeda

Kemenangan berhasil diraih oleh kesebelasan Barcelona ketika menghadapi tim papan bawah, Eibar di pekan terakhir Liga Spanyol. Tampil sebagai tim tamu, di laga ini Barcelona bermain tanpa kehadiran Lionel Messi yang memutuskan istirahat lebih dulu. Kondisi ini memang cukup berpengaruh di sisi penyerangan untuk Barca. Beruntung lawan mereka, yaitu Eibar juga tidak terlalu bagus dalam pemanfaatkan peluang. Alhasil meski mengalami kesulitan, Barcelona tetap mampu memenangkan pertandingan ini. Blaugrana menang dengan skor akhir tipis saja, yaitu 0-1 atas Eibar.

Satu satunya gol yang jadi penentu kemenangan bagi Barcelona di pertandingan ini dilesakkan oleh striker andalan mereka, yakni Antoine Griezmann. Dilihat dari statistik, terasa sekali absennya seorang Messi. Barca memang unggul jauh dari sisi penguasaan bola dengan presentase 68 persen berbanding 32 persen. Namun Eibar yang bermain reaktif jauh lebih agresif dengan melepas 17 tembakan, sedangkan Barca hanya membuat 7 tembakan. Beruntung bagi Barca karena di laga ini mereka tampil lebih efisien sehingga tiga poin masih berhasil mereka bawa pulang.

Tambahan tiga poin ini mengkokohkan posisi Barcelona di peringkat 3 klasemen akhir La Liga Spanyol. Pasukan Ronald Koeman mengakhiri musim dengan koleksi 79 poin dari 38 laga yang rinciannya adalah, 24 kali menang, 7 kali seri, dan 7 kali menelan kekalahan. Sementara bagi Eibar hasil ini membuat mereka terdegradasi sebagai juru kunci klasemen. Eibar menyelesaikan musim dengan mencetak 30 poin saja dari 38 laga yang hasilnya adalah, 6 kali menang, 12 kali seri, dan 20 kali menderita kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan Barcelona bertandang ke markas Eibar dalam laga pekan terakhir ajang La Liga Spanyol musim kompetisi 2020-2021. Eibar yang bertindak sebagai tuan rumah di laga ini nampak sekali bertekad meraih tiga poin, karena itu bisa membuat mereka selamat dari degradasi. Oleh sebabnya, sejak babak pertama dimulai, Eibar yang meski kalah penguasaan bola berani meladeni permainan agresif sang tamu.

Peluang cukup terbuka didapat Eibar di pertengahan babak pertama melalui aksi striker mereka, yakni Sergi Enrich. Namun sangat disayangkan aksi sang striker yang melepas sepakan cukup keras masih gagal menembus gawang Barcelona yang dikawal Neto.

Tim tamu yang tak mau kalah juga sempat menebar ancaman yang hampir berbuah gol. Sepakan keras Ousmane Dembele sebenarnya cukup terarah, akan tetapi masih bisa diamankan oleh kiper tuan rumah. Sampai dengan babak pertama selesai, skor imbang tanpa gol sama sekali tak berubah.

Babak Kedua

Setelah istirahat, permainan Eibar semakin agresif dengan menaikan tensi serangan mereka. Beberapa kali bergantian Sergi Enrich dan Kike mengancam gawang Barcelona. Beruntung sekali di laga ini lini depan Eibar tak bermain cukup baik untuk bisa menjebol gawang lawan.

Barcelona sendiri yang juga kesulitan masih mampu sesekali memberikan serangan cukup berbahaya. Salah satu peluang berbahaya Barcelona di babak kedua lahir dari kaki Antoine Griezmann. Tetapi memang aksi Griezmann masih belum hasilkan gol.

Usai terus menerus saling serang, kebuntuan akhirnya pecah di menit ke-81 babak kedua. Sepakan voli Antoine Griezmann dari jarak dekat sukses berbuah gol cantik yang bawa Barca unggul 0-1. Keunggulan ini ternyata bertahan sampai laga selesai, alhasil Barca pun memenangkan laga ini dengan skor akhir 0-1.

Susunan Pemain Eibar vs Barcelona

Eibar (4-4-2): Yoel Rodriguez, Rober Correa, Paulo Oliveira, Arnaitz Arbilla, Rafa Soares, Bryan Gil, Miguel Atienza, Papakouli Diop, Tekashi Inui, Kike Martinez, Sergi Enrich.

Barcelona (3-4-3): Neto, Oscar Mingueza, Frenki de Jong, Ronald Araujo, Junior Firpo, Illaix Kourouma, Sergio Busquets, Serginho Dest, Antoine Griezmann, Ousmane Dembele, Francisco Trincao.