google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Spanyol: Barcelona Tumbang di Tangan Celta Vigo

Barcelona vs Celta Vigo
Kalah di kandang sendiri menghadapi Celta Vigo, Barcelona dipastikan tersingkir dari perburuan gelar La Liga Spanyol.

cr photo: beINSports

Hasil cukup mengejutkan didapat oleh Barcelona yang menjamu lawannya, yaitu Celta Vigo dalam pertandingan lanjutan Liga Spanyol. Memainkan laga di kandang sendiri, Barca sebenarnya sangat dominan atas sang tamu yang di laga ini hanya memaksimalkan skema serangan balik. Meski demikian, Celta Vigo sendiri memang bermain sangat efektif yang sangat merepotkan tuan rumah. Gagal mengejar ketertinggalan, pada akhirnya Barcelona mesti merelakan laga ini dimenangkan oleh sang tamu. Celta Vigo di pertandingan ini berhasil comeback untuk mengunci kemenangan dengan skor akhir tipis saja, yaitu 1-2.

Satu satunya gol yang dicetak Barcelona di pertandingan ini lahir lewat kaki sang kapten kesebelasan, Lionel Messi. Sedangkan dua gol penentu kemenangan Celta Vigo diborong oleh pemain bernama Santiago Mina. Selain harus menerima kekalahan, di laga ini Barcelona juga harus kehilangan satu pemainnya, yakni Clement Lenglet yang diganjar kartu merah. Kekalahan ini sangat mengecewakan bagi Barca karena mereka sebenarnya sangat mendominasi laga. Akan tetapi kegagalannya bermain lebih efektif dan efisien seperti tim tamu membuat Los Cules mesti kehilangan poin penuh di kandangnya sendiri.

Karena hasil ini, Barcelona sudah dipastikan tak dapat mengejar Atletico Madrid di pucuk klasemen. Tertahan di posisi 3, Barca terpaut 7 angka dari Atletico, dengan sisa satu pertandingan sudah tak mungkin Barca bisa mengejar Atletico. Sejauh ini Barcelona sendiri sudah mengoleksi 76 poin dari 37 laga dengan hasil, 23 kali menang, 7 kali seri, dan 7 kali menelan kekalahan. Sedangkan bagi Celta Vigo, kemenangan ini menjaga posisi mereka di peringkat 8 klasemen. Celta Vigo sudah meraih 53 poin dari 37 laga dengan rincian, 14 kali menang, 11 kali seri, dan 12 kali alami kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Duel menarik mempertemukan tuan rumah Barcelona dengan Celta Vigo dalam laga lanjutan La Liga Spanyol musim kompetisi 2020-2021. Barca yang hampir dipastikan kalah dalam perburuan gelar juara La Liga tetap membidik kemenangan di laga ini. Apalagi status mereka sebagai tuan rumah, alhasil sejak babak pertama dimulai, pasukan Ronald Koeman sudah langsung gencar menyerang lini pertahanan Celta Vigo.

Tuan rumah berhasil menjebol gawang Celta Vigo lebih dulu saat babak pertama memasuki menit ke-28. Sebuah umpan dilepaskan oleh Sergio Busquets dengan sangat terukur yang jatuh tepat di kaki Lionel Messi. Tanpa kesulitan, La Pulga sukses menaklukan kiper tim tamu untuk mencetak gol dan membawa timnya sementara ini unggul dengan skor 1-0.

Tertinggal satu gol, sebenarnya Celta Vigo tak mampu berbuat banyak, selain menunggu serangan balik. Akan tetapi, dalam sebuah momen, Celta Vigo berhasil mengejutkan pertahanan Barca dengan mencetak sebuah gol pada menit ke-38. Santi Mina yang mendapat bola sodoran dari Iago Aspas melepaskan tembakan menyusur tanah yang sangat terarah. Aksi eks pemain Valencia tersebut berhasil menciptakan gol untuk memastikan babak pertama selesai dengan skor imbang 1-1.

Babak Kedua

Usai turun minum, Barca yang tak rela kehilangan poin di kandang sendiri berusaha bangkit dengan menaikan tensi serangan mereka. Sebuah peluang emas sempat didapatkan oleh Martin Braithwaite usai meneruskan umpan tarik Jordi Alba. Akan tetapi sontekan striker Denmark itu masih menyamping dari gawang lawan.

Bencana datang menghampiri Barcelona saat babak kedua memasuki menit ke-83. Clement Lenglet melakukan pelanggaran keras yang membuatnya mendapat kartu kuning kedua di laga ini. Buntutnya, bek Prancis itu mendapat kartu merah dan diusir wasit, Barca pun mesti menjalani sisa menit pertandingan dengan 10 orang pemain.

Unggul jumlah pemain pada akhirnya berhasil dimaksimalkan oleh sang tamu untuk menjebol gawang Barca. Santi Mina kembali jadi momok mengerikan bagi lini belakan Blaugrana. Maksimalkan scrimmage di muka gawang Barca, Mina sukses membalikkan skor menjadi 1-2. Keunggulan Celta Vigo ini bertahan sampai laga selesai dan kemenangan pun jadi milik mereka atas Barcelona.

Susunan Pemain Barcelona vs Celta Vigo

Barcelona (3-1-4-2): Marc-Andre Ter Stegen, Ronald Araujo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Sergio Busquets, Ousmane Dembele, Jordi Alba, Illaix Kourouma, Pedri Gonzalez, Antoine Griezmann, Lionel Messi.

Celta Vigo (4-4-2): Ivan Villar, Aaron Martin, Carlos Caceres, Nestor Araujo, Kevin Vazquez, Nolito, Denis Suarez, Fran Beltran, Brais Mendez, Santi Mina, Iago Aspas.