google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Spanyol: Bekuk Valladolid, Atletico Madrid Juara La Liga

Real Valladolid vs Atletico Madrid
Taklukan Valladolid, Atletico Madrid memastikan diri sebagai juara La Liga Spanyol musim 2020-2021.

cr photo: Diario AS

Hasil maksimal berhasil didapat oleh Atletico Madrid saat bertandang ke markas Real Valladolid dalam pekan terakhir Liga Spanyol. Memainkan laga yang sangat krusial, Atletico tampil agresif sejak pertandingan dimulai. Akan tetapi sang tuan rumah yang juga butuh kemenangan demi selamat dari degradasi memberikan perlawanan yang sangat ketat di sepanjang laga. Namun pada akhirnya berkat kerja keras, Atletico berhasil mengamankan kemenangan atas sang tuan rumah. Anak asuhan Diego Simeone menang dengan skor akhir tipis saja, yakni 1-2.

Gol gol penentu kemenangan Atletico Madrid pada laga ini masing masing dilesakkan oleh Angel Correa dan Luis Suarez. Sedangkan satu satunya gol balasan Real Valladolid dicetak oleh pemain depan mereka, yaitu Oscar Plano. Melihat dari statistik pertandingan secara keseluruhan, sejatinya laga ini berjalan cukup berimbang. Atletico hanya unggul sedikit dalam urusan penguasaan bola dengan presentase 52 persen berbanding 48 persen. Jumlah tembakan pun tuan rumah tak tertinggal jauh, di mana Atletico melepas 14 tembakan, sedangkan mereka membuat 10 tembakan. Sayang memang kualitas Atletico lini depan lah yang pada akhirnya sukses berikan mereka kemenangan.

Atas kemenangan ini, Atletico Madrid berhasil memastikan diri menjadi juara La Liga Spanyol musim 2020-2021. Los Cholconeros sukses finish sebagai pemuncak klasemen dengan unggul 2 poin dari rival terdekatnya, yaitu Real Madrid. Ini jadi gelar La Liga kedua bagi Atletico dalam satu dekade terakhir setelah terakhir meraihnya di musim 2013-2014. Anak asuhan Diego Simeone mengakhiri musim dengan poin 86 dari 38 laga dengan rincian, 26 kali menang, 8 kali seri, dan 4 kali kalah. Sementara bagi Valladolid, kekalahan ini otomatis membuat mereka terdegradasi. Ada di posisi 19, mereka tertinggal 5 poin dari zona aman.

Rangkuman Pertandingan

Laga hidup mati dijalani kedua kesebelasan, yaitu Real Valladolid dan Atletico Madrid dalam pekan terakhir La Liga Spanyol musim kompetisi 2020-2021. Kedua tim memiliki dua kepentingan berbeda, namun sama sama membutuhkan kemenangan. Atletico butuh kemenangan untuk mengamankan gelar, sementara Valladolid butuh kemenangan untuk selamat dari degradasi. Oleh karena itu sejak laga dimulai, kedua tim sama sama bermain terbuka dan agresif.

Pada awal awal babak pertama, Valladolid berhasil memberikan kejutan dengan mencetak gol saat laga memasuki menit ke-18. Sebuah serangan balik membuat Marcos Andre dengan mudah melepas umpan ke Oscar Plano yang berdiri bebas, Lolos dari jebakan offside, Plano sukses menaklukan Jan Oblak untuk mencetak gol dan membawa Valladolid sementara unggul 1-0.

Setelah kebobolan, Atletico bermain jauh lebih agresif lagi. Sebuah peluang sempat didapat Atletico untuk menyamakan kedudukan di akhir babak pertama lewat Jose Gimenez. Sayang sundulan pemain Uruguay masih gagal membuahkan gol. Keunggulan Valladolid pun bertahan sampai babak pertama usai.

Babak Kedua

Selepas istirahat, Atletico yang masih tertinggal kembali mengambil inisiatif serangan. Mereka tak terlalu lama menguasai bola dengan berusaha bermain direct ke depan. Hal ini cukup merepotkan barisan pertahanan Valladolid yang sejak pertama bermain disiplin.

Usai terus menerus melancarkan serangan, pada akhirnya gol penyama kedudukan sukses dilesakkan Atletico Madrid di menit ke-57. Menerima umpan Yannick Carrasco, Angel Correa berhasil mengecoh beberapa pemain sebelum akhirnya melepas sepakan keras ke pojok kiri gawang Valladolid. Gol pemain cepat ini berhasil merubah skor menjadi imbang 1-1.

Sepuluh menit berselang, Atletico yang bermain agresif akhirnya sukses membalikkan keadaan. Tepat di menit ke-67, Sergi Guardiola lakukan kesalahan, di mana backpassnya malah jatuh di kaki Luis Suarez. Berdiri tanpa penjagaan, Suarez dengan mudah mencetak gol untuk membuat skor menjadi 1-2. Keunggulan Atletico ini tak berubah sampai laga selesai untuk kemenangan mereka dengan skor akhir 1-2. Kemenangan ini pun memastikan Atletico Madrid menjadi juara La Liga Spanyol 2020-2021.

Susunan Pemain Real Valladolid vs Atletico Madrid

Real Valladolid (4-4-2): Jordi Masip, Saidy Janko, Kiko Olivas, Jawad El Yamiq, Lucas Olaza, Oscar Plano, Roque Mesa, Fede San Emeterio, Toni Villa, Shon Weissman, Marcos Andre.

Atletico Madrid (4-3-3): Jan Oblak, Mario Hermoso, Jose Gimenez, Felipe Luiz, Kieran Trippier, Saul Niguez, Koke, Marcos Llorente, Yannick Carrasco, Luis Suarez, Angel Correa.