Liga Spanyol: Deportivo Alaves Gagal Menang Atas Levante

Deportivo Alaves vs Levante
Deportivo Alaves gagal menang usai ditahan seri tim tamu, Levante.

cr photo: Ziggo Sport.

Duel menarik menghadirkan laga antara Deportivo Alaves yang menjamu Levante di leg pertama babak final play-off Liga Spanyol. Pertandingan ini menghadirkan dua tim yang berusaha mendapatkan satu tiket tersisa untuk promosi ke La Liga musim depan. Dengan format dua leg, Alaves yang menjadi tuan rumah lebih dulu bermain agresif dan menekan pertahanan lawannya. Akan tetapi permainan Levante sukses membuat tim tuan rumah buntu sehingga laga ini akhirnya selesai dengan kedudukan imbang saja 0-0 untuk kedua kesebelasan.

Sepanjang dua kali 45 menit sangat disayangkan tak ad satupun gol yang bersarang di pertandingan kali ini. Statistik mencatat bahwa Alaves membuat 55 persen pengusaan bola dan melepas tembakan dengan 2 yang on targe. Sedangkan bagi Levante, mereka meskipun kalah penguasaan bola, namun sebenarnya bisa lebih sering mengancam dengan melepas 11 tembakan dengan 4 yang on target. Walaupun sama sama bermain terbuka, sayang kedua tim sama sama gagal memetik kemenangan di laga kali ini.

Hasil imbang ini tentu saja merupakan hasil yang cukup merugikan bagi pasukan Deportivo Alaves, pasalnya di leg kedua nanti mereka akan menjadi tim tamu, gantian bermain di hadapan pendukung lawan. Dengan agregat masih 0-0 membuat Alaves wajib sekali menang apabila memang inginkan satu tiket promosi musim depan. Akan tetapi kans masih terbuka karena bagaimanapun juga agregat masih imbang. Sedangkan bagi Levante, kans mereka lolos promosi kini lebih terbuka berkat raihan seri 0-0 ini.

Rangkuman Pertandingan

Skuad tuan rumah Deportivo Alaves menjamu Levante dalam sebuah duel leg pertama babak final play-off Liga Spanyol musim 2022-2023. Kedua tim sama sama butuh kemenangn demi bisa memuluskan langkah mereka untuk bisa promosi ke La Lig musim depan. Jadi sebagai tuan rumah, Alaves langsung tampil menekan dengan cukup agresif sehingga lawannya butuh konsenstrasi lebih dalam bermain.

Masih andalkan Abde Rebbach dan juga Luis Rioja di lini depan untuk mendulang gol lebih dulu. Akan tetapi cukup sulit bagi mereka untuk bisa mendapatkan peluang bersih melesakkan gol. Jadi sang tuan rumah belum berhasil melesakkan satupun gol sejak awal tadi.

Levante sendiri yang tampil sebagai tuan rumah enggan gegabah dengan bermain lebih hati-hati terutama ketika mereka melakukan serangan. Sama buntunya seperti tim tuan rumah, pertandingan babak pertama ini akhirnya selesai dengan kedudukan imbang saja 0-0 untuk kedua kesebelasan.

Babak Kedua

Selepas turun minum laga masih berjalan menarik karena kedua tim terutama tuan rumah yang ingin sesegera mungkin melesakkan gol. Sayang sekali meskipun sudah lakukan pergantian pemain di lini depan mereka selalu gagal melesakkan gol. Buntunya lini depan mereka tak mampu dicari jalan keluarnya oleh tim sehingga sepanjang babak kedua Alaves pun tanpa gol.

Akan tetapi hal sama untungnya juga dialami oleh tim tamu, Levante. Kebuntuan juga dialami tim sekota Valencia tersebut sehingga kedua kesebelasan benar benar gagal memecahkan kebuntuan di laga ini. Partai ini pun selesai dengan skor imbang saja 0-0.

Susunan Pemain Deportivo Alaves vs Levante

Deportivo Alaves (4-3-3): Antonio Sivera, Nahuel Tenaglia, Abdel Abqar, Aleksandar Sedlar, Ruben Duarte, Toni Moya, Carlos Benavidez, Jon Guridi, Abde Rebbach, Mamadou Sylla, Luis Rioja.

Levante (4-4-2): Joan Femenias, Alex Munoz, Rober Pier, Sergio Postigo, Marc Pubil, Jorge de Frutos, Pepelu, Vicente Iborra, Joni Montiel, Brugue, Mohamed Bouldini.