Liga Spanyol: Deportivo Alaves Hajar Eibar Untuk Pergi ke Final

Deportivo Alaves vs Eibar
Deportivo Alaves lolos ke final playoff Liga Spanyol berkat kemenangan atas Eibar.

cr photo: RTVE.

Raihan kemenangan yang penting sukses didapat oleh Deportivo Alaves ketika menjamu Eibar di leg kedua semifinal playoff Liga Spanyol. Jalani laga kandang, Alaves memiliki keuntungan berupa hasil imbang 1-1 saat bermain di markas Eibar pada leg pertama. Sepanjang duel berjalan ternyata Alaves tetap mendapatkan perlawanan yang cukup ketat dari Eibar yang enggan menyerah begitu saja. Akan tetapi dengan permainan yang cukup solid, Alaves sukses amankan kemenangan di pertandingan kali ini dengan skor cukup meyakinkan, yaitu 2-0.

Pasukan tuan rumah Deportivo Alaves berhasil menciptakan dua gol yang sekaligus menjadi penentu kemenangan mereka di laga ini atas sang tamu. Di mana kedua gol tersebut tercipta masing masing melalui aksi dari Abde Rebbach, dan juga Asier Villalibre. Statistik pertandingan ini sebenarnya mencatatkan dominasi yang dilakukan oleh Eibar yang unggul di beberapa aspek permainan termasuk jumlah tembakan. Akan tetapi efektifitas Alaves sukses membuat mereka selesaikan pertandingan kali ini dengan kemenangan.

Atas raihan kemenangan ini, pasukan Deportivo Alaves sukses mendapatkan tiket ke babak final laga playoff La Liga Spanyol musim 2022-2023. Kepastian ini mereka dapatkan usai unggul secara agregat total 3-1 atas Eibar, karena di leg pertama mereka lebih dulu menahan imbang lawannya 1-1. Di partai final nanti Alaves akan berhadapan dengan Levante yang di laga lain sukses mengalahkan Albacete. Sementara bagi Eibar, kekalahan ini membuat mereka dipastikan tak akan promosi ke La Liga Spanyol musim depan.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan Deportivo Alaves berhadapan dengan Eibar di laga lanjutan leg kedua semifinal playoff Liga Spanyol musim 2022-2023. Memainkan laga di kandang sendiri, Alaves memiliki modal hasil seri dengan skor 1-1 ketika mereka sambangi markas Eibar. Jadi di laga leg kedua ini mereka lebih diunggulkan untuk bisa meraih kemenangan. Namun sejak awal perlawanan ketat sudah ditunjukkan oleh sang tamu.

Gol cepat ternyata sukses dilesakkan oleh skuad Deportivo Alaves ketika babak pertama baru berjalan sekitar satu menit saja. Umpan matang yang dilepas oleh Lucas Rioja yang diselesaikan menjadi gol oleh Abde Rebbach sehingga pasukan Deportivo Alaves sementara memimpin dengan skor 1-0.

Keunggulan cepat ini membuat Alaves ternyata justru lebih sering ditekan oleh Eibar. Sang tamu berupaya keras untuk sesegera mungkin melesakkan gol balasan. Sayangnya sampai laga babak pertama selesai, skuad Eibar gagal membalas sehingga babak pertama usai dengan skor tetap 1-0.

Babak Kedua

Sehabis turun minum, skuad tuan rumah kembali bermain agresif di awal awal babak kedua ini. Hasilnya ternyata mereka sukses membuat Eibar sangat kesulitan untuk bisa membalas gol. Sepanjang babak kedua meski mencoba bermain agresif, Eibar selalu gagal untuk bisa menciptakan gol ke gawang sang tuan rumah.

Bukannya melesakkan gol balasan, gawang Eibar akhirnya malah kembali kebobolan ketika babak kedua memasuki menit ke-88. Abde Rebbach kini menjadi pencetak assist untuk gol yang diselesaikan menjadi gol oleh Asier Villalibre sehingga Alaves gandakan skor menjadi 2-0. Skor ini bertahan sampai babak kedua selesai sehingga Alaves menang melaju ke babak final.

Susunan Pemain Deportivo Alaves vs Eibar

Deportivo Alaves (4-2-3-1): Antonio Sivera, Nahuel Tenaglia, Abdel Abqar, Aleksandar Sedlar, Ruben Duarte, Salva Sevilla, Antonio Blanco, Luis Rioja, Jon Guridi, Abde Rebbach, Mamadou Sylla.

Eibar (4-2-3-1): Luca Zidane, Alvaro Tejero, Chema, Juan Berrocal, Roberto Correa, Matheus Pereira, Sergio Alvarez, Yanis Rahmani, Javi Munoz, Quique, Stoichkov.