google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Spanyol: Granada Menangi Duel atas Barcelona

Barcelona vs Granada
Barcelona takluk di kandangnya sendiri atas Granada dalam lanjutan laga Liga Spanyol.

cr photo: Eric Alonso via Ace Football

Hasil mengejutkan terjadi ketika Barcelona menjamu lawannya, Granada dalam laga lanjutan ajang La Liga Spanyol. Tampil di kandang sendiri, Barcelona alami masalah untuk membongkar pertahanan rapat yang ditunjukkan tim tamu sepanjang 90 menit jalannya pertandingan. Kegagalan Barca menghadapi masalah tersebut pada akhirnya berujung pada kekalahan mereka di kandang sendiri atas Granada. Pasukan Ronald Koeman di pertandingan kali ini mesti menyerah dari perempatfinalis Liga Europa tersebut dengan skor tipis saja, yaitu 1-2.

Segalanya sebenarnya sempat berjalan baik baik saja, apalagi Barca juga sempat unggul lebih dulu lewat gol yang dicetak Lionel Messi. Akan tetapi Granada sukses memenangkan laga berkat dua gol yang masing masing dicetak oleh Darwin Machis dan Jorge Molina. Kekalahan ini cukup mengecewakan lantaran sepanjang laga Barca sangat dominan. Bahkan penguasaan bola Los Cules di laga ini mencapai 82 persen. Namun ketidakberuntungan memang seolah menaungi pasukan Catalan di sepanjang laga ini.

Karena kekalahan ini, Barcelona melewatkan kesempatan untuk naik ke puncak klasemen La Liga. Saat ini Barcelona masih ada di posisi 3 klasemen, terpaut dua poin saja dari Atletico Madrid di puncak klasemen. Barcelona sendiri sejauh ini sudah mengoleksi 71 poin dari 33 laga dengan rincian, 22 kali menang, 5 kali seri, dan 6 kali menelan kekalahan. Sedangkan untuk Granada, tambahan tiga poin dari laga ini mengatrol posisi mereka naik ke peringkat 8 klasemen. Sampai dengan pekan ini, Granada sudah berhasil mengumpulkan 45 poin dari 33 laga dengan hasilnya adalah, 13 kali menang, 6 kali seri, dan 14 kali menelan kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Laga krusial dijalani Barcelona ketika mereka mesti menjamu Granada dalam pertandingan lanjutan La Liga Spanyol musim kompetisi 2020-2021. Memainkan laga sebagai tuan rumah, jelas Barca menginginkan kemenangan. Apalagi, tambahan tiga poin akan otomatis membuat Barca memuncaki klasemen. Oleh karena itu pasukan Ronald Koeman sejak awal laga langsung menggempur pertahanan Granada.

Tekanan Barca berhasil membuat mereka sukses melesakkan gol pembuka saat babak pertama memasuki menit ke-23. Lionel Messi bekerjasama dengan Antoine Griezmann untuk membongkar pertahanan rapat Granada. Aksi La Pulga ini berhasil membawa Barcelona untuk sementara unggul dengan skor 1-0.

Setelah gol ini, Barcelona kian percaya diri melakukan serangan demi serangan ke gawang Granada. Akan tetapi sangat disayangkan kurang efektifnya lini depan Barca di laga ini membuat mereka sulit mencetak gol. Apalagi ditambah disiplinnya pemain belakang lawan membuat Barca kian kesulitan. Pada akhirnya, babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan sementara Barcelona.

Babak Kedua

Ketika memasuki jalannya laga babak kedua, Barcelona masih tampil agresif dan tidak mengendurkan serangan dan tekanan mereka. Kondisi ini membuat tim tamu otomatis hanya mampu mengandalkan serangan balik untuk memberikan ancaman ke gawang Blaugrana.

Akan tetapi meski hanya andalkan serangan balik, di luar dugaan Granada sukses melesakkan gol penyama kedudukan di menit ke-63. Manfaatkan tingginya garis pertahanan Barcelona, Darwin Machis sukses lolos dari jebakan offside. Tanpa kesalahan ia menyelesaikan peluang yang didapatkannya menjadi gol untuk membuat skor jadi imbang 1-1.

Barca yang tersentak berusaha mencari gol kedua untuk membawa mereka kembali unggul. Akan tetapi sayang sekali kembali karena lengah, gawang Barca harus kembali kebobolan. Adrian Marin melepaskan umpan yang sukses disundul Jorge Molina menjadi gol. Aksi mantan striker Getafe itu membuat Granada berbalik memimpin 1-2. Di sisa waktu babak kedua, Barca menyerang total pertahanan lawan. Namun sampai laga selesai tak ada lagi gol yang lahir, alhasil kemenangan di laga ini jadi milik Granada dengan skor akhir 1-2.

Susunan Pemain Barcelona vs Granada

Barcelona (3-1-4-2): Marc-Andre Ter Stegen, Oscar Mingueza, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Sergio Busquets, Sergi Roberto, Jordi Alba, Frenkie de Jong, Illaix Kourouma, Lionel Messi, Antoine Griezmann.

Granada (3-4-2-1): Aaron Escandell, Nehuen Perez, German Sanchez, Victor Diaz, Quini, Yan Brice Eteki, Yangel Herrera, Dimitri Folquier, Darwin Machis, Luis Javier Suarez, Roberto Soldado.