Liga Spanyol: Seri atas Espanyol, Granada Harus Terdegradasi

Granada vs Espanyol
Ditahan seri Espanyol, Granada secara dramatis harus terdegradasi dari La Liga.

cr photo: Archysport.

Hasil mengecewakan mesti diterima oleh skuad Granada ketika menjalani laga melawan Espanyol pada pekan ke-38 La Liga Spanyol. Partai ini merupakan laga penentuan bagi Granada, di mana mereka harus menang untuk bisa bertahan di ajang La Liga, sambil berharap pada laga lainnya, Mallorca ataupun Cadiz tersungkur oleh lawannya masing masing. Bermain cukup hati-hati sepanjang laga, sayang sekali Granada gagal memetik kemenangan dan malah bermain imbang seri 0-0 tanpa gol.

Pada pertandingan ini sama sekali tidak ada satupun gol yang tercipta dari kedua kesebelasan. Statistik mencatat bahwa Espanyol lebih mendominasi penguasaan bola dengan presentase 62 persen berbanding 38 persen. Akan tetapi Granada lebih sering melepas tembakan, dengan total membuat 15 tembakan namun hanya 5 yang on target. Sedangkan skuad Espanyol hanya membuat 10 tembakan. Gagal membuat satupun gol, kedua tim mesti puas hanya bisa bermain imbang.

Atas hasil seri ini, Granada hanya mendapat satu poin dan membuat mereka turun ke posisi 18 klasemen akhir Liga Spanyol. Secara tragis Granada mesti terdegradasi, karena di laga lain, Mallorca dan Cadiz ternyata mampu meraih kemenangan. Granada musim ini hanya meraih 38 poin dari 38 laga dengan hasil, 8 kali menang, 14 kali seri, dan 16 kali kalah. Sedangkan bagi Espanyol, mereka akhiri musim dengan duduk di posisi 14 klasemen. Espanyol catatkan 42 poin dari 38 laga dengan rincian, 10 kali menang, 12 kali seri, dan 16 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Laga krusial mesti dijalani pasukan Granada ketika menjamu Espanyol di pekan penutup gelar La Liga Spanyol musim 2021-2022. Granada wajib sekali menang apabila ingin tetap bertahan di kasta tertinggi sepakbola Spanyol. Bermain di markas sendiri, Granada lantas bermain menekan sejak awal awal pertandingan demi bisa melesakkan gol secepat mungkin ke gawang lawannya.

Sepanjang babak pertama, Granada cukup berhati-hati dalam menyerang karena mereka tahu seberapa berbahayanya Espanyol saat lakukan serangan balik. Beberapa kans juga sempat didapatkan kedua tim untuk bisa mencetak gol. Sayang sekali tak ada satupun gol lahir sampai babak pertama usai. Babak pertama pun akhirnya selesai dengan kedudukan imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Dikejar waktu, Granada lantas menaikan intensitas serangan mereka di babak kedua. Akan tetapi masalah terjadi ketika justru ternyata Espanyol memilih lakukan ball possesion. Kondisi itu membuat waktu banyak terbuang dan Granada sendiri jadi kesulitan untuk bisa menebar ancaman.

Tuan rumah mendapatkan kas terbuka untuk melesakkan gol pada pertengahan babak kedua. Pelanggaran dilakukan oleh pemain Espanyol di area terlarang yang membuat wasit memberi penalti pada tuan rumah. Sangat disayangkan, Jorge Molina yang jadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya sehingga kedudukan masih imbang 0-0.

Pada sisa waktu babak kedua, Espanyol kembali menahan bola dengan lakukan posession. Sementara Granada berusaha untuk bermin lebih reaktif. Sejumlah peluang juga sempat didapatkan, namun sekali lagi, finishing yang kurang baik membuat Granada urung membuat gol. Laga ini akhirnya selesai dengan skor imbang 0-0.

Susunan Pemain Granada vs Espanyol

Granada (4-3-3): Luis Maximiano, Quini, Victor Diaz, Domingos Duarte, Sergio Escudero, Alex Collado, Njegos Petrovic, Luis Milla, Antonio Puertas, Jorge Molina, Luis Suarez.

Espanyol (3-5-2): Espanyol, Leandro Cabrera, Sergi Gomez, David Lopez, Tonny Vilhena, Sergi Darder, Nico Ribaudo, Yangel Herrera, Aleix Vidal, Javi Puado, Adri Embarba.