google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Spanyol: Valencia Menang Telak atas Eibar

Valencia vs Eibar
Brace dari Goncalo Guedes dan Carlos Soler sukses menangkan Valencia atas Eibar dalam laga Liga Spanyol.

cr photo: Mundo Deportivo

Hasil sangat positif diraih oleh kesebelasan Valencia ketika menjamu lawannya tim papan bawah, Eibar dalam lanjutan Liga Spanyol. Sang Kelelawar Mestalla yang tampil sebagai tuan rumah sebenarnya mendapat perlawanan yang cukup ketat dari sang tamu. Bahkan di laga ini Eibar tak hanya tampil dominan, namun juga jauh sangat agresif dari sang tuan rumah. Akan tetapi kurangnya efektifitas di lini depan membuat mereka melewatkan kesempatan meraih kemenangan. Justru Valencia lah yang berpesta di pertandingan ini dengan mengamankan kemenangan telak, yaitu 4-1 atas Eibar.

Dua pemain Valencia tampil begitu menonjol di pertandingan kali ini, mereka adalah Goncalo Guedes dan Carlos Soler. Keduanya sama sama melesakkan brace untuk memimpin kemenangan Valencia atas sang tamu. Sedangkan satu satunya gol balasan tim tamu dicetak oleh pemain andalan mereka, yaitu Bryan Gil. Bagi Valencia, hasil ini sukses mengembalikkan mereka ke jalur kemenangan setelah di pekan sebelumnya menelan kekalahan. Sedangkan untuk Eibar, hasil minor ini membuat mereka sudah gagal meraih kemenangan di dua laga terakhir secara beruntun.

Tambahan tiga poin ini berhasil mengatrol posisi Valencia naik ke peringkat 13 klasemen sementara La Liga Spanyol menggeser posisi dua tim sekaligus, yaitu Levante dan Deportivo Alaves. Sampai dengan jalannya pekan ini, Los Che sudah meraih 42 poin dari 37 laga dengan rincian, 10 kali menang, 12 kali seri, dan 15 kali menelan kekalahan. Sementara bagi Eibar, kekalahan ini menempatkan mereka sebagai juru kunci klasemen La Liga dan nyaris dipastikan terdegradasi musim depan. Eibar saat ini tertinggal 3 poin dari zona aman yang ditempati Huesca. Sejauh ini Eibar sendiri sudah mengoleksi 30 poin dari 37 laga dengan hasil, 6 kali menang, 12 kali seri, dan 19 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Valencia kedatangan lawannya tim papan bawah, yaitu Eibar dalam laga lanjutan La Liga Spanyol musim kompetisi 2020-2021. Eibar yang bermain di kandang lawan melakukan perjudian dengan tampil sangat terbuka dan ofensif. Ini cukup beralasan lantaran mereka sangat membutuhkan kemenangan demi bisa keluar dan selamat dari ancaman degradasi yang sudah di depan mata.

Akan tetapi situasi ini bukannya membuat mereka menciptakan gol cepat, tapi malah gawang mereka sudah berhasil dijebol Valencia saat babak pertama baru berjalan tiga menit. Carlos Soler sangat jeli memberikan umpan kepada Goncalo Guedes yang berdiri bebas. Pemain muda asal Portugal itu kemudian sukses menyelesaikan peluang tersebut menjadi gol untuk membawa Valencia sementara unggul 1-0.

Hanya berselang 16 menit, tepatnya saat memasuki menit ke-19, lubang besar di pertahanan Eibar kembali berhasil dimanfaatkan tuan rumah. Kali ini giliran Carlos Soler sendiri yang sukses mengkreasikan gol kedua untuk tuan rumah. Lesakkan Soler berhasil menggandakan keunggulan Valencia menjadi 2-0.

Seolah tidak belajar dari kesalahan, Eibar masih membiarkan tuan rumah melancarkan serangan balik dengan sangat leluasa. Imbasnya, di menit ke-30 gawang mereka kembali garus kemasukan gol. Soler lagi lagi menjadi momok mengerikan bagi pertahanan Eibar. Golnya memanfaatkan umpan Jose Gaya sukses menjauhkan keunggulan timnya kini menjadi 3-0.

Permainan agresif Eibar baru berhasil membuahkan skor di menit ke-38 babak pertama. Bryan Gil yang menerima umpan dari Rober sukses mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan timnya menjadi 3-1. Kedudukan ini bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Selepas turun minum, Eibar sedikit belajar dari kesalahan mereka di babak pertama. Walau masih menguasai pertandingan, mereka jauh lebih sabar saat membangun serangan. Hasilnya mereka cukup berhasil mengantisipasi serangan balik cepat Los Che di babak kedua ini.

Meski demikian, gawang Eibar masih harus kebobolan cukup cepat, yaitu di menit ke-49 babak kedua. Guedes sukses menciptakan bracenya setelah memaksimalkan umpan Maxi Gomez. Lesakkan ini menjauhkan kembali keunggulan tuan rumah menjadi 4-1. Di sisa waktu pertandingan babak kedua, Eibar sama sekali tak mampu melesakkan gol balasan. Alhasil skor 4-1 menjadi hasil akhir laga untuk kemenangan Valencia.

Susunan Pemain Valencia vs Eibar

Valencia (5-4-1): Jasper Cillessen, Thierry Correia, Gabriel Paulista, Hugo Guillamon, Mouchtar Diakhaby, Jose Luis Gaya, Lee Kang-in, Daniel Wass, Carlos Soler, Goncalo Guedes, Maxi Gomez.

Eibar (4-4-2): Marko Dmitrovic, Cote Valdes, Arnaitz Arbilla, Paulo Oliveira, Rober Correa, Kevin Rodrigues, Miguel Atienza, Edu Exposito, Recio del Pozo, Yoshinori Muto, Kike Martinez.