google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Lione Messi dan Barcelona Resmi Pisah Jalan

Lionel Messi
Gagal teken kontrak baru, Lionel Messi tinggalkan Barcelona.

cr photo: The Athletic

Kabar mengejutkan datang dari kubu Barcelona, di mana mereka dilaporkan akan segera berpisah dengan Lionel Messi. Situasi ini menjadi mengejutkan lantaran sebelumnya kabar yang berhembus justru adalah soal kesepakatan kontrak yang sudah dicapai oleh kedua belah pihak. Bahkan Messi dilaporkan sudah menerima apabila gajinya harus dipotong hingga 50 persen demi bisa terus bersama Barcelona. Akan tetapi belakangan hal sebaliknya justru terjadi, beberapa media menyebut bahwa situasi saat ini menjadi sangat pelik imbas dari aturan La Liga Spanyol soal ambang batas gaji pemain.

Dalam beberapa musim belakangan, rumor soal kepergian La Pulga dari FC Barcelona memang cukup rutin hadir. Akan tetapi dahulu rumor rumor tersebut selalu berakhir dengan omong kosong. Pasalnya, Messi memang tak pernah benar benar ingin meninggalkan Barcelona. Berkali kali diterpa isu henkang, berkali kali pula Messi menyatakan kesetiaannya kepada Barcelona, klub yang sudah membesarkan namanya di dunia sepak bola. Akan tetapi kondisi yang terjadi musim panas ini benar benar berbeda.

Sejak bursa transfer musim panas ini dibuka, rumor kepergian Messi memang sudah berhembus lebih kencang dari biasanya. Hal ini disebabkan karena akan habisnya kontrak Messi pada bulan Juli lalu. Sampai puncaknya adalah Juli lalu ketika Barcelona dan Messi memutuskan untuk tak memperpanjang kerjasama mereka. Messi pun menjadi pemain dengan status free agent saat itu dan semua tim bisa saja mendaratkan sosok Messi. Akan tetapi sang pemain yang tengah membela Argentina di ajang Copa America lebih memilih diam dan fokus kepada timnas.

Masalah sebenarnya kemudian sedikit mereda. Di mana Barcelona dikabarkan siap mendatangkan Messi sebagai pemain anyar mereka, karena mustahil menyodorkan kontrak di proposal yang lama. Namun saat itu Barca terganjal kendala besarnya gaji Messi dan aturan soal pembatasan gaji pemain oleh La Liga. Tetapi hal tersebut sedikit bisa diatasi dengan Messi yang menyatakan sendiri bahwa ia siap apabila gajinya harus dipotong sampai 50 persen.

Pisah Jalan

Akan tetapi yang terjadi kemudian adalah pil pahit di mana proses negoasiasi kontrak baru Messi dengan Barcelona harus gagal. Banyak faktor yang menjadi penyebab kegagalan ini. Akan tetapi Marca menyebut bahwa penyebab terbesar kegagalan pembaruan kontrak Messi di Barcelona ini dikarenakan ada intervensi dari pihak La Liga yang menerapkan salary cap.

Pihak La Liga dikabarkan menolak permintaan Barcelona soal kontrak baru Messi, kendati di kontrak barunya ini gaji Messi sudah dipotong sampai 50 persen. Menurut pihak La Liga, angka gaji Messi meski sudah dipotong nilainya masih di atas ambang batas aturan pemberian gaji yang sudah diterapkan La Liga.

Mau tak mau Barcelona pun memutuskan untuk merelakan Messi. Laman resmi dan juga media sosial resmi Barcelona bahkan sudah mengumumkan bahwa Blaugrana akan berpisah jalan dengan sang kapten mulai musim panas ini. Walau demikian, ada kabar bahwa Joan Laporta selaku Presiden Barca akan mengusahakan untuk melobby pihak La Liga agar mau melunak sedikit. Tetapi di sisi lain ada juga kabar bahwa pihak La Liga tak akan mengubah keputusannya.

Berpisahnya Lionel Messi dengan Barcelona jelas akan menjadi akhir kisah luar biasa seorang La Pulga bersama tim asal Catalan tersebut. Besar bersama Barca, Messi juga sukses memberikan segalanya dan bisa dibilang kini sudah menjelma sebagai legenda di klub tersebut. Enam gelar Ballon d’Or, 10 gelar La Liga, dan 4 gelar Liga Champions menjadi bukti sangat besarnya peranan Messi selama ini untuk Barcelona.