google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liverpool Pertimbangkan Pulangkan Philippe Coutinho

Philippe Coutinho
Liverpool buka peluang untuk memulangkan Philippe Coutinho ke Anfield.

cr photo: Bavarian Football Works

Raksasa Inggris asal Merseyside, yakni Liverpool belakangan dikabarkan tengah pertimbangkan keputusan mereka untuk memulangkan Philippe Coutinho. Sang gelandang mobile asal Brazil tersebut saat ini karirnya memang bisa dibilang sedang tidak baik baik saja. Semenjak meroket bersama The Reds, kemudian diboyong Barcelona, grafik performa Coutinho terus terjun bebas. Ketidakmampuannya beradaptasi disebut sebut jadi faktor utama sulitnya Coutinho berkembang. Di musim panas tahun ini, Liverpool pun terfikirkan untuk memulangkan sekaligus menyelamatkan karir eks bintangnya tersebut.

Sosok Philippe Coutinho sendiri pernah melejit namanya selama membela Liverpool. Di bawah asuhan dua pelatih berbeda, yakni Brendan Rodgers dan Jurgen Klopp, Coutinho sukses tunjukkan kualitasnya. Terutama di bawah asuhan Klopp, Coutinho benar benar menjadi salah satu attacking midfielder paling berbahaya di Liga Inggris ketika itu. Tak heran memang apabila namanya kemudian disorot banyak tim tim besar Eropa, salah satunya Barcelona.

Blaugrana yang kala itu baru saja kehilangan Neymar memang sedang sangat membutuhkan suntikan pemain berkelas demi menjaga kualitas skuad. Sampai akhirnya mereka membajak Coutinho dari Liverpool dengan biaya yang bisa dibilang tidaklah murah. Sayangnya karir Coutinho justru alami penurunan selama membela Barcelona. Di musim perdananya, Coutinho memang berhasil memberikan Barcelona gelar La Liga. Tetapi selanjutnya, namanya terus menerus hanya jadi pilihan kedua. Apalagi kondisi kala itu diperparah dengan dirinya yang kerap keluar masuk ruang perawatan karena cedera.

Bahkan demi mengembalikkan kepercayaan dirinya, Barcelona sempat meminjamkan Coutinho satu musim penuh ke raksasa Jerman, Bayern Munchen. Karirnya di Munchen juga awalnya berjalan mulus dengan rajin memberikan gol serta assist untuk Munchen. Tetapi lagi lagi cedera menjadi salah satu penyebab Coutinho enggan dipermanenkan oleh manajemen Die Roten. Sekembalinya ke Barca, Coutinho juga tak kunjung jadi pilihan utama.

Beberapa Kali Berusaha Dijual Barca

Melihat kondisinya yang tak kunjung membaik, Barcelona sendiri berusaha untuk menjual Coutinho beberapa kali. Akan tetapi tak ada klub yang bersedia, lantaran harga yang dipasang Barcelona untuk Coutinho terlalu tinggi, yakni mencapai 60 juta euro. Padahal sempat beberapa klub tertarik, di antaranya Manchester United, Tottenham, dan AC Milan.

Kini Barca sendiri masih kesulitan untuk menjualnya, padahal manajemen sudah menurunkan harganya hingga tersisa setengah saja, yaitu sekitar 30 juta euro. Di bursa transfer musim ini tinggal tersisa dua tim yang meminati Coutinho. Mereka adalah AC Milan dan Liverpool.

Liverpool Butuh Gelandang

Ada kans besar Philippe Coutinho bisa kembali ke pelukan Liverpool musim panas ini. Pasalnya manajemen The Reds belakangan sedang mempertimbangkan untuk bisa memulangkan eks bintangnya tersebut. Salah satu alasannya adalah, karena saat ini mereka sedang alami krisis gelandang usai ditinggal Georginio Wijnaldum ke PSG.

Liverpool sebenarnya sudah menyusun daftar pengganti Wijnaldum, tetapi nama Coutinho bisa jadi prioritas karena kualitasnya yang sudah terbukti. Seperti yang diketahui, Coutinho pernah sangat bersinar bersama The Reds, sehingga bila ia kembali nanti Coutinho tak akan repot repot harus kembali beradaptasi, karena ia sudah paham gaya bermain Liverpool dan iklim sepak bola Inggris.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp pun nampaknya tak masalah bila sang anak hilang kembali ke Anfield, melihat potensinya yang sebenarnya belum sepenuhnya hilang. Saat ini bila menginginkan Coutinho, Liverpool butuh siapkan dana sekitar 40 juta euro. Akan tetapi dengan tekanan dan urgensi Barca untuk melepas sang pemain Brazil itu, bisa saja Liverpool mendapatkan Coutinho dengan harga yang jauh lebih murah.