google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Main Game Makin Seru Dengan Gamepad Pilihan Berikut Ini

Siapa diantara kamu yang masih ingat serunya bermain game di konsol seperti Play Station atau Nintendo? Tentu saja keberadaan game konsol serupa tidak dapat tergantikan, sekalipun saat ini smartphone sudah hadir dengan layar lapang agar pecinta game dapat lebih leluasa memainkan mobile game di ponsel mereka. Terutama yang menyenangkan dari bermain game konsol adalah adanya gamepad yang membantu kamu dalam menikmati permainan. Mencari gamepad pilihan untuk game favorit kamu? Artinya kamu berada di artikel yang tepat.

Sejumlah game saat ini memang telah mendukung penggunaan layar sentuh sebagai alat kendali. Pemain game masih bisa memantau pergerakan musuh dan area peta secara teliti meski kedua ibu jari kita sibuk berdansa di atas layar. Namun demikian, tidak semua game memberlakukan hal yang sama. Bahkan saat ini tidak sedikit permainan baru yang baru dapat dinikmati sepenuhnya apabila dimainkan dengan gamepad.

Gamepad pun saat ini menjadi periferal input yang dapat kamu pasangkan dengan handphone kamu. Untuk sebagian besar orang, bermain game mobile dengan menggunakan gamepad dapat meningkatkan kepuasan bermain serta kemudahan dalam pengendalian yang nyaris mustahil ditawarkan oleh input on-screen.

Seperti kita ketahui, saat ini sudah semakin banyak game-game handphone yang setara dengan game konsol atau PC. Beberapa diantaranya adalah Stardew Valley, PUBG Mobile, Genshin Impact, Injustice series, atau yang paling baru seperti Dead Cells yang baru benar-benar akan dapat dinikmati jika memainkannya dengan dukungan gamepad.

Mengingat keseruan yang akan kamu dapatkan ketika bermain game di handphone menggunakan gamepad, simaklah beberapa gamepad pilihan berikut yang bisa menjadi pasangan tepat bagi handphone kamu. .

Ipega 9076

Mari kita mulai dengan pilihan gamepad yang paling murah. Gamepad yang diproduksi di Hong Kong ini tampaknya menjawab kebutuhan pasar gamepad di Indonesia yang mayoritas disesaki oleh konsumen entry level. Ipega sebagai produsen telah meluncurkan beraneka jenis gamepad dan rata-rata punya harga yang terbilang ramah di kantong alias merakyat. Salah satu yang direkomendasikan adalah Ipega 9076.

Secara sekilas, kamu pecinta game pasti akan tahu bahwa gamepad ini terinspirasi dari controller Xbox yang didominasi warna hitam dengan embos huruf XAYB yang terkenal itu. Perbedaannya, tombol joystick bagian kiri disejajarkan dengan joystick kanan seperti layout tombol DualShock milik PlayStation.

Melihat kelompok harganya, desain gamepad ini terbilang ergonomis terutama pada bagian grip-nya. Terdapat empat tombol punggung (trigger) lengkap serta tombol multimedia untuk mengatur playback musik. Gamepad Ipega 9076 juga dapat terhubung dengan handphone kamu melalui transmisi Bluetooth, kabel, atau frekuensi radio dengan dongle USB yang terbenam dalam bodinya. Dengan harga sekitar Rp. 235.000 saja, kamu sudah bisa memiliki gamepad ini, lho. Terjangkau bukan?

GameSir T4 Pro

Sepertinya tidaklah salah memposisikan GameSir di atas Ipega yang juga tergolong sensitif dalam menempatkan harga. Hal ini mengingat kualitas serta nama besarnya yang lebih solid. Untuk gamepad terjangkau dan berkualitas dari GameSir, GameSir T4 Pro merupakan varian yang direkomendasikan.

T4 Pro ini tampil dengan desainnya yang benar-benar mirip controller milik Xbox 360. Penempatan tombol joystick pergerakan yang disejajarkan dengan tombol aksi memang merupakan salah satu yang disukai oleh beberapa pengguna. Separuh bagian kanan pada bodinya pun dapat memancarkan lampu backlit yang membantu visibilitas ketika kondisi cahaya minim.

Disamping itu, GameSir T4 Pro mengintegrasikan giroskop 6-kutub agar dapat menghasilkan kontrol yang lebih akurat. Motor asimetris juga ditanamkan untuk memberi feedback game berupa vibrasi yang lebih pas sesuai jalannya alur permainan. Gamepad besutan GameSir ini dapat kamu hubungkan dengan perangkat sumber via Bluetooth, frekuensi radio 2,4GHz, serta kabel USB-C. Daya tahan gamepad ini berkisar hingga 25 jam. Mengenai harganya, gamepad ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 390.000.

8BitDo SF30 Pro

Jika kamu sedangn ingin nostalgia dengan bermain game klasik atau retro, rasanya tidak cukup hanya dengan mengunduh game ataupun emulatornya. Biar nostalgia makin sempurna, beli juga gamepad 8BitDo SF30 Pro yang hadir dalam desain teramat kental dengan konsol era lawas, lebih tepatnya Nintendo SNES.

Secara bentuk memang benar-benar identik. Namun, demi menyesuaikan dengan kebutuhan game-game pada zaman sekarang, pihak produsen pun menambahkan tombol joystick serta tombol punggung. Terdapat pula tombol screenshot serta tombol Home yang fungsional untuk sejumlah platform. Gamepad 8BitDo juga didesain untuk kompatibel dengan banyak platform mulai dari Android, Windows, MacOS, bahkan Nintendo Switch.

Dimensi 8BitDo tergolong lebih mungil dari kebanyakan gamepad handphone lain. Sehingga, kamu sedikit perlu membiasakan diri. Namun, sebagai konsekuensinya, kamu akan mendapatkan pengalaman bermain game mobile seperti era 90an. Untuk memiliki gamepad pilihan yang satu ini, kamu cukup membayar sekitar Rp. 480.000 saja.

SteelSeries Stratus XL

Rekomendasi gamepad pilihan selanjutnya datang dari produsen lawas yang keberadaannya masih dicari oleh para gamer mobile. SteelSeries Stratus XL merupakan salah satu gamepad handphone yang sangat bisa kamu andalkan.

Lagi-lagi, desain SteelSeries Stratus XL menyerupai Xbox series. Akan tetapi jika dibandingkan dengan Ipega 9076 atau GameSir T4 Pro yang sudah kita bahas sebelumnya, desain SteelSeries Stratus XL terlihat lebih berkarakter dan memiliki ciri tersendiri. Ia memiliki tiga tombol individu yang dapat kamu remap dan suntikkan dengan fungsi yang kamu mau.

SteelSeries Stratus XL mempergunakan dua buah batu baterai berjenis AA sebagai sumber tenaganya dan diklaim dapat bertahan hingga 40 jam pemakaian. Oleh karena itu, sangat disarankan agar kamu memasangkan baterai rechargeable untuk melengkapi gamepad ini. Sayangnya, kekurangan vital dari produk ini adalah ketiadaan holder untuk menyangga handphone kamu. Gamepad satu ini dapat dibeli dengan harga sekitar Rp. 780.000.

Razer Raiju Mobile

Menginginkan gamepad handphone yang menyediakan holder built-in? Razer Raiju Mobile adalah pilihan yang tepat. Selain memiliki holder built-in, Razer Raiju Mobil juga menawarkan kualitas yang secara keseluruhan lebih baik dengan harga berkisar Rp. 1.200.000 di pasaran.

Merupakan hasil ciptaan salah satu produsen periferal gaming paling disegani industri, Razer Raiju Mobile bisa dikatakan sebagai gamepad nirkabel premium yang ditujukan bukan hanya untuk pengguna platform mobile saja, tapi juga kompatibel dengan PC. Terdapat dudukan (mount) yang fleksibel pada bagian atasnya dan bisa kamu miringkan hingga sudut 60 derajat.

Terdapat pula tombol aksi, joystick, serta D-Pad. Selain itu, Razer Raiju Mobile juga menyediakan rangkaian tombol ekstra pada bagian belakang yang dapat kamu atur ulang fungsinya. Pada awal dirilis, gamepad ini merupakan aksesoris untuk Razer Phone 2. Meski demikian, gamepad premium ini tentunya kompatibel dengan perangkat handphone lain yang sudah mengusung sistem operasi Android 6.0 ke atas.

Razer Kishi for Android

Gamepad pilihan yang terakhir adalah Razer Kishi for Android. Razer Kishi akan menyulap handphone kamu menjadi (terlihat) seperti Nintendo Switch. Kamu bisa meletakkan handphone kamu tepat di bagian tengah untuk diapit oleh gamepad yang atraktif ini. Desainnya universal selama handphone kamu memiliki port USB-C tepat di bagian tengah yang menjadi satu-satunya konektivitas dari gamepad ini.

Tolbol pentingnya tersedia secara lengkap, termasuk empat tombol punggung serta analog yang dapat kamu tekan. Razer Kishi bisa dikatakan sebagai gamepad high-end yang sangat kompatibel dengan sejumlah layanan streaming game besar seperti Google Stadia atau GeForce Now.

Selain itu, gamepad ini menyediakan port eksternal jika sewaktu-waktu pengguna ingin bermain dan mengisi ulang handphone mereka secara bersamaan. Gamepad yang satu ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 1.799.000 dipasaran Indonesia.