Manajemen MU Bersedia Lepas Dean Henderson

Dean Henderson
Manchester United persilahkan Dean Henderson pergi tapi dengan satu syarat.

cr photo: Caught Offside.

Manchester United berpotensi ditinggal salah satu kiper berbakat mereka, yaitu Dean Henderson akhir musim ini. Menurut beberapa sumber, manajemen United dilaporkan sudah memberikan lampu hijau atau izin kepada sang pemain untuk mencari tim baru. Henderson sendiri memang sudah cukup sering dikabarkan akan cabut dari MU sejak pertengahan musim ini. Kurangnya jam bermain menjadi salah satu penyebab kiper muda Inggris itu tak mau berlama lama meneruskan karir di skuad Setan Merah.

Sosok Dean Henderson sendiri sempat menarik perhatian publik pecinta sepak bola terutama Liga Premier Inggris. Itu terjadi ketika ia berhasil membantu Sheffield United promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris di musim 2019-2020. Status Henderson ketika itu merupakan pemain pinjaman dari MU. Tidak hanya membawa Sheffield promosi, namun Henderson juga berhasil membantu The Blades bermain apik di musim perdana mereka kembali ke EPL. Kala itu di akhir musim Sheffield berhasil masuk dan finish di posisi 10 besar klasemen.

Melihat salah satu pemain pinjamannya tampil menawan di klub lain, MU pun menarik Henderson untuk menjadi skuad utama United. Saat itu di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer, Henderson diproyeksikan untuk menjadi pesaing dari De Gea. Di awal kedatangannya, Henderson tampil apik dan membuat De Gea beberapa kali harus dicadangkan. Namun performanya tak stabil karena kerap alami cedera. Puncaknya adalah musim ini, ia menjadi sangat jarang dimainkan, terlebih karena sempat cedera lama di awal musim. Tak mau karirnya sia sia, Henderson pun berniat pergi akhir musim ini.

Pergi Sebagai Pemain Pinjaman

Keinginan Henderson ini sebenarnya dikabulkan oleh manajemen MU. Menurut ESPN, mereka akan memberikan kesempatan Henderson untuk mencari tim baru musim panas ini. Akan tetapi ada satu syarat, yaitu Henderson hanya boleh pergi meninggalkan Old Trafford ke klub lain sebagai pemain pinjaman. Itu artinya, Henderson harus kembali ke MU ketika kontrak pinjamannya selesai.

Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah usia muda Henderson yang mungkin menurut staf kepelatihan MU masih sangat mungkin bisa dikembangkan. Oleh sebab itulah mereka memilih untuk membiarkannya pergi ke tim lain dengan status pinjaman untuk menambah jam terbangnya. Manajemen ingin Henderson lebih matang ketika ia nanti kembali bermain untuk tim utama.

Namun sekarang permasalahannya adalah apakah Henderson mau pergi sebagai pinjaman. Mengingat sebelumnya ia juga sudah menghabiskan beberapa musim sebagai pemain pinjaman. Akan sulit memang, namun bila bertahan pun Henderson juga akan tetap sulit masuk sebagai pemain inti, lantaran kiper utama MU, David de Gea sedang dalam top performa yang membantu MU tak semakin terpuruk musim ini.

Menarik Banyak Klub

Tak mudah sebenarnya bagi Henderson untuk bisa mendapatkan tim baru yang mau menampungnya. Pasalnya, sejak bursa transfer musim panas tahun lalu bahkan, namanya sudah disebut sebut akan gabung ke tim lain. Ada beberapa tim yang dilaporkan meminati Henderson, baik itu dari dalam Inggris maupun luar Inggris. Sebut saja nama nama seperti Everton, Tottenham, hingga Juventus pernah dikaitkan dengan namanya.

Dean Henderson sendiri musim ini tak catatkan banyak penampilan, ia hanya bermain 5 kali di semua kompetisi untuk MU, dan harus kemasukan 7 gol. Bukan catatan yang impresif, namun usianya yang baru 25 tahun, membuat ia masih bisa masuk ke beberapa proyek jangka panjang sebuah klub.