Manchester City Hampir Pasti Dapatkan Erling Haaland

Erling Haaland
Erling Haaland akan segera bergabung dengan Manchester City.

cr photo: Lars Baron/Getty Images.

Saga transfer bintang muda asal Norwegia, yaitu Erling Haaland belakangan ini mulai menemui titik terang. Bomber mematikan bertubuh jangkung itu sudah dikonformasi akan bergabung dengan raksasa Liga Premier Inggris, yaitu Manchester City. Keputusannya ini pun membuat ia mengikuti jejak sang ayah yang pernah bermain untuk The Citizens. Haaland dinilai menjadi jawaban atas kekurangannya striker tengah yang dimiliki City pasca kepergian Sergio Aguero. Haaland pun dikonfirmasi akan diresmikan pada pekan ini juga.

Kesebelasan Manchester City sendiri memang bisa dibilang tak memiliki banyak striker tengah di skuadnya saat ini, bahkan dalam beberapa waktu pasca hengkangnya sosok Sergio Aguero. Mereka hany memiliki satu nama, yaitu Gabruel Jesus yang memiliki role posisi seorang center forward. Itupun, Gabjes di bawah asuhan Pep Guardiola bukanlah pilihan reguler. Sang pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut lebih sering menggunakan false nine, dan bermain tanpa striker murni dalam skema 4-3-3 andalannya.

Kendati tak begitu mempengaruhi performa The Citizens yang masih sangat mengerikan di EPL maupun UCL, namun manajemen tetap menilai skuad mereka butuh tambahan sosok striker anyar. City memang tak bisa selamanya bermain dengan sedikit striker tengah. Apalagi belakangan ini juga ada kabar yang mengatakan bahwa satu satunya striker tengah yang mereka miliki, yaitu Gabriel Jesus sedang diincar sejumlah klub seperti Arsenal dan juga Juventus. Hal ini lah yang menjadi dasar City ikut terjun ke dalam perburuan seorang Erling Haaland.

Menangkan Perburuan

Sosok Erling Haaland sendiri merupakan salah satu wonderkid yang menjadi komoditas panas di bursa transfer dalam dua tahun belakangan. Namanya pertama melejit kala bermain menawan bersama tim asal Austria, yaitu RB Salzburg. Haaland yang masih berusia sangat muda kala itu menarik tim kaliber Manchester United untuk merekrutnya. Tetapi saat itu ia lebih memilih hijrah ke Borussia Dortmund.

Bersama Dortmund lah Haaland benar benar menjelma menjadi sosok bomber haus gol. Bersama Die Borussen, Haaland catatkan 85 gol, dari 88 kali penampilan di semua ajang. Rataan golnya menjadi yang terbaik di Bundesliga, padahal selama memperkuat Dortmund, ada masa Haaland menepi beberapa bulan karena menderita cedera. Kendati tak bisa memberikan banyak trofi, namun satu gelar DFB Pokal sudah cukup bagi Haaland untuk Dortmund yang sudah menjaga karirnya.

Menjadi rebutan tim tim raksasa di musim panas ini, Haaland sebelumnya lebih santer dikaitkan dengan Real Madrid atau Manchester United. Namun mundurnya MU dan Madrid dalam perburuan, membuat Manchester City maju dan dengan berani memenuhi klausul kontrak Haaland yang sebesar 75 juta euro. Angka yang seharusnya bisa lebih tinggi mengingat betapa buasnya ia selama bermain untuk Dortmund.

Fabrizio Romano: Haaland ke City? Here We Go!

Meskipun rumor kepindahan Erling Haaland ke Manchester City sudah cukup lama, namun memang ada proses yang mesti dilalui oleh manajemen The Citizens untuk meresmikan transfer ini. Namun menurut pakar transfer kenamaan asal Italia, Fabrizio Romano, transfer Haaland ke City akan segera diresmikan.

“Erling Haaland akan ke Manchester City, here we go! Haaand sudah lolos tes medis sebagai pemain terbaru Manchester City pada hari ini, dia akan kembali dulu ke Dortmund, dan akan diresmikan Man City segera pada pekan ini juga.” ungkap Fabrizio di akun Twitter resmi miliknya.

“Manajemen Man City akan memberitahu kubu Dortmund bahwa mereka akan memilih megaktifkan klausul rilis hampir sebesar 60 juta euro.” tambahnya.