Manchester City Kejar Josko Gvardiol Demi Kokohkan Pertahanan

Josko Gvardiol
Manchester City buka kans gaet Josko Gvardiol demi perkuat pertahanan.

cr photo: FC Barcelona Noticias.

Kesebelasan Manchester City melirik Josko Gvardiol sebagai sosok defender yang ingin mereka datangkan musim panas ini demi perkuat lini belakang mereka. Seperti yang diketahui, di musim panas tahun ini skuad Manchester City memiliki rencana melepas beberapa pemain belakang mereka. Joao Cancelo hampir dipastikan tak akan kembali, kemudian nama Aymeric Laporte pun disebut sebut akan meninggalkan Etihad Stadium. Seperti biasa saat kehilangan satu pemain, City akan langsung berupaya mendatangkan penggantinya, kali ini di posisi bek mereka sedang berusaha dapatkan sosok Josko Gvardiol, bek andalan RB Leipzig.

Di bursa transfer musim panas ini jawara Liga Inggris, yaitu Manchester City masih terlihat adem ayem saja. Cukup wajar karena mereka masih memiliki kedalaman skuad yang cukup. Namun belakangan mereka mulai bergerak seiring dengan sejumlah pemainnya yang diisukan akan meninggalkan barisan belakang. Sejauh ini di posisi bek ada nama Joao Cancelo dan Aymeric Laporte yang dirumorkan akan segera meninggalkan Manchester City dan berusaha mencari klub baru di musim panas tahun ini.

Joao Cancelo saat ini masih jalani masa peminjaman di Bayern Munchen, akan tetapi manajemen Cityzens hampir dipastikan tak akan menerimanya kembali. Sementara Laporte dalam dua musim terakhir memang kehilangan tempatnya di skuad utama sehingga menit bermainnya berkurang. Demi selamatkan karir, Laporte dilaporkan ingin mencari klub baru musim panas ini. Dengan kehilangan dua pemain tersebut, jadi cukup wajar jika manajemen City belakangan ini juga memantau beberapa defender kelas dunia untuk mereka datangkan musim panas ini.

Tertarik Gaet Josko Gvardiol

Dilansir dari laman Manchester Evening News, manajemen Manchester City tengah mendekati salah satu defender andalan RB Leipzig, Josko Gvardiol. Bek tengah asal Kroasia tersebut memang menampilkan permainan yang sangat baik dalam tiga tahun terakhir. Ditambah lagi usianya masih sangat muda, sehingga wajar tim sekelas Manchester City kepincut untuk bisa mendatangkannya.

Dengan performa yang menjanjikan, Gvardiol sudah menjadi incaran tim tim besar Eropa sejak musim dingin bulan Januari, serta musim panas tahun lalu. Terlebih di ajang Piala Dunia 2022 lalu, Gvardiol menjadi salah satu pemain yang tampil menjanjikan juga. Bahkan Chelsea musim panas lalu nyaris mendapatkan servis Gvardiol, namun kesepakatan tak berhasil dicapai oleh manajemen The Blues kala itu.

Secara permainan Gvardiol cukup baik sebagai seorang ball playing defender. Meski usianya masih muda, namun ia memiliki kepercayaan diri yang tinggi dengan bola. Oleh sebab itulah, gaya permainannya ini dinilai akan cocok dengan sistem yang dipakai Pep Guardiola di City. Terlebih ia juga memiliki fisik yang bagus sebagai seorang defender yang mesti berduel melawan pemain pemain depan yang gesit dan kuat.

Rintangan Besar

Meskipun sangat kepincut, namun harus diingat bahwa RB Leipzig tak akan melepas Josko Gvardiol dengan mudah, hal ini lantaran musim depan ia masih masuk ke dalam rencana skuad Die Bullen asuhan Marco Rose. Bahkan Leipzig sudah memagari Gvardiol dengan mahar sekitar 100 juta euro. Nilai ini sebenarnya merupakan nilai yang masih bisa dijangkau City mengingat mereka salah satu tim dengan keuangan paling sehat di Eropa saat ini.

Namun ternyata selain itu masih ada masalah lain, yaitu mereka bukan satu satunya tim yang menginginkan Gvardiol. Dikabarkan bahwa Real Madrid juga sangat menginginkannya, bahkan Los Blancos siap melibas pesaing pesaingnya demi bisa amankan jasa bek Timnas Kroasia tersebut.