google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Manchester United Resmi Dapatkan Jadon Sancho

Jadon Sancho
Akhirnya Manchester United resmi dapatkan Jadon Sancho dari Borussia Dortmund.

cr photo: Goal

Saga transfer Jadon Sancho yang penuh lika liku pada akhirnya berakhir sudah. Tepat pada hari Kamis, sore hari WIB, Manchester United resmi mengumumkan bahwa mereka sudah selesaikan transfer sang pemain. Sancho pada akhirnya menyebrang ke Old Trafford setelah beberapa musim mengarungi Bundesliga dengans sangat ciamik bersama Borussia Dortmund. Keberhasilan ini juga membuat MU pada akhirnya bisa memastikan kedatangan sang pemain setelah terlibat satu setengah tahun proses negosiasi yang berjalan alot dengan pihak Dortmund. Kini MU dan Dortmund tinggal selesaikan beberapa berkas formalitas saja sebelum akhirnya Sancho jalani tes medis dan diperkenalkan sebagai pemain baru United.

Seperti yang diketahui, United sudah mulai terpikat pada performa yang ditunjukkan Sancho sejak akhir tahun 2019. Kemudian di Januari, atau bursa transfer musim dingin 2020, MU memutuskan untuk memantaunya secara intens. Baru kemudian di musim panas tahun 2020, MU bergabung dengan beberapa klub lain untuk berusaha mendatangkan winger berkebangsaan Inggris tersebut.

Akan tetapi memang saat itu tak ada satupun klub yang bisa menebus harga Sancho. Tengah dalam performa menanjak, ditambah masih muda, ini membuat Dortmund memagari harga Sancho hingga 120 juta euro kala itu. Sementara di waktu yang bersamaan Pandemi COVID-19 tengah merajalela dan membuat banyak klub alami krisis keuangan. Karena itulah kemudian satu per satu klub mundur, kecuali United. Mereka sempat menawarkan harga untuk Sancho, tetapi memang langsung ditolak.

Manajemen United pun lantas melakukan strategi transfer lebih matang di tahun 2021 ini. Akhirnya setelah kembali gagal di bulan Januari, kini MU sudah berhasil mengamankan tanda tangan sang pemain tepat di musim panas tahun ini. Kondisi tersebut membuat saga transfer Sancho yang berlarut larut pada akhirnya rampung juga.

Solskjaer Sukai Gaya Bermain Jadon Sancho

Keinginan MU memboyong Sancho tak lepas dari ketertarikan sang pelatih, Ole Gunnar Solskjaer kepada talenta muda Inggris tersebut. Sancho memang diketahui sebagai pemain yang cukup komplit. Ia memiliki kecepatan, skillful, dan punya visi bermain yang sangat baik. Sancho juga merupakan salah satu top assist di Borussia Dortmund. Akan tetapi bukan hanya piawai mencetak assist, Sancho juga memiliki insting mencetak gol yang sangat baik, bisa dilihat dari jumlah golnya bersama Dortmund.

Sancho sendiri sering mengisi posisi sayap kiri di Dortmund, akan tetapi sebenarnya posisi aslinya adalah seorang sayap kanan. Sancho dinilai akan menjadi jawaban atas kurang tajamnya sisi kanan MU yang musim lalu bertumpu pada pemain yang masih sangat muda, yakni Mason Greenwood. Ada kemungkinan datangnya Sancho akan membuat Greenwood digeser ke tengah sebagai striker, karena di akademi, Greenwood sendiri posisi naturalnya adalah seorang striker.

Menunggu Euro Berakhir

Proses transfer Jadon Sancho memang sudah selesai, akan tetapi sang pemain memang belum bisa bergabung bersama tim. Pasalnya, saat ini Sancho masih di timnas Inggris dan mentas di ajang Euro 2020. MU juga sepertinya enggan mengganggu konsentrasi sang pemain dengan mensegerakan peresmian dan jadwal lain lainnya. Manajemen The Red Devils baru akan menjalankan tes medis sampai penandatangan kontrak setelah gelaran Euro 2020 selesai.

Untuk soal biaya transfer, MU harus merogoh kocek yang cukup dalam. Harga Sancho memang berhasil diturunkan, dari yang awalnya 120 juta euro, namun MU tetap harus menebusnya dengan biaya 90 juta euro atau 78 juta poundsterling demi Sancho. Sang pemain juga dikabarkan akan mengenakan nomer punggung legendari di Manchester United, yakni nomer 7.