google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Masjid Terbesar di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia?

Masjid merupakan rumah serta tempat ibadah bagi umat Islam. Sama seperti tempat ibadah agama lain, masjid pun dianggap suci oleh umat muslim. Selain digunakan untuk salat, masjid juga seringkali digunakan tempat berkumpulnya umat muslim untuk melakukan kajian, diskusi, hingga ceramah.

Megahnya arsitektur dan detailnya interior bisa dilihat semegah apa masjid tersebut, Masjid dibangun dengan megah agar merasa nyaman saat beribadah. Bagunan masjid yang megah disebut juga sebagai masjid terindah. Banyak sekali masjid terbesar dan terindah di seluruh dunia.

Masjid juga tidak hanya digunakan untuk beribadah tetapi juga untuk eisata religi. Masjid terbesar dan terindah di dunia ini memiliki arsitektur, desain, warna dan bentuknya yang unik membuat orang takjub.

Masjid Terindah di Dunia

  1. Masjid Al-Haram ( Arab Saudi )

Masjid terbesar dan terindah di dunia yang pertama adalah masjid al-haram ( Arab Saudi ). Bagi seluruh umat Islam di dunia, Masjidil Haram adalah tempat paling suci. Salah satu masjid pertama dalam perkembangan agama Islam. Bangunan masjid ini mengelilingi Ka’bah yang menjadi tempat ibadah haji umat muslim seluruh dunia.

2. Masjid Nabawi ( Arab Saudi )

Yang ke dua adalah masjid nabawi ( Arab Saudi ). Masjid ini merupakan sejarah bagi umat muslim, karena masjid ini didirikan oleh Nabi Muhammad SAW. Masjid Nabawi merupakan tempat suci ke dua umat islam di dunia. Luasnya mencapai 400.500 meter persegi dan bisa menampung jemaah 1.500.000.

3. Masjid Faisal ( Pakistan )

Masjid selanjutnya adalah Masjid Faisal ( Pakistan ). Masjid Faisal berada di bukit Margalla di Islamabad, desain masjid ini berbentuk segitiga serba lancip yang unik. Masjid faisal ini bergaya kontemporer, dibangun pada tahun 1976 dan memiliki luas 54.000 m2, bisa menampung 300.000 jemaah.

4. Masjid Istiqlal ( Indonesia )

Berikutnya adalah masjid istiqlal ( Indonesia ). Masjid istiqlal berada di Kota Jakarta, masjid ini merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid Istiqlal memiliki luas 95.00 m2 dan bisa menampung 120.000 jemaah.

5. Masjid Hassan ll ( Marako )

Lalu masjid selanjutnya adalah masjid hassan ll ( Marako ). Masjid hassan ll berada di Maroko, masjid ini juga di juluki sebagai menara tertinggi di dunia. Masjid hassan ll ini memiliki laser yang di arahkan langsung ke Mekkah, Arab Saudi, masjid ini memiliki luas 90.00 m2 dan bisa menampung 105.000 jemaah.

6. Masjid Imam Reza ( Iran )

Masjid terbesar dan terindah di dunia yang ke enam adalah masjid imam reza ( Iran ). Masjid imam reza ini berada di Iran, masjid ini memiliki luas 598.000 meter persegi dan bisa menampung 700.000 jemaah. Masjid imam reja ini kubahnya berwarna toska dan emas.

7. Masjid Sultan Ahmed ( Turki )

Masjid terbesar dan terindah di dunia yang ke tujuh adalah masjid sultan ahmed ( Turki ). Masjid sultan ahmed ini berada di turki, masjid diberi julukan The Blue Mosque atau Masjid Biru. Masjid sultan ahmed ini dibangun pada tahun 1609 dan 1616, kubahnya ditata dengan indah dan megah.

8. Masjid Aqsunqur ( Mesir )

Masjid terbesar dan terindah di dunia yang ke delapan adalah masjid aqsunqur ( Mesir ). Masjid aqsunqur ini berada di Kota Kairo, Mesir, masjid ini dikenal dengan masjid biru atau masjid ibrahim agha. Masjid aqsunqur ini dibangun pada tahun 1346, masjid ini terletak di Tabbana Quarter di Islamic Cairo.

9. Masjid Agung Sheikh Zayed ( Uni Emirat Arab )

Masjid terbesar dan terindah di dunia yang ke sembilan adalah masjid agung sheikh zayed ( UEA ). Masjid agung sheikh zayed ini berada di Kota Abu Dhabi, Kerajaan UEA ( Uni Emirat Arab ), masjid ini dinamai sesuai dengan tokoh nasional pendiri UEA ( Uni Emirat Arab ) Sheikh Zayed Bin Sultan Al Nahyan.

10. Masjid Imam Ali ( Irak )

Masjid terbesar di dunia yang terakhir adalah masjid imam ali ( Irak ). Masjid imam ali ini berada di Kota Najaf, Irak, masjid ini merupakan tempat makam Ali Tabib. Masjid imam ali ini memiliki kubah raksasa sebesar 42 meter dan ditutupi lempengan bata berwarna emas, yang sering dikunjungi peziarah setiap tahunnya.