google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Masjid Termegah di Indonesia Sebagai Destinasi Wisata Religi

masjid termegah di Indonesia
Masjid Baiturrahman, salah satu masjid termegah di Indonesia untuk wisata religi (foto: shutterstock via travel.detik.com)

Wisata religi dengan mengunjungi masjid termegah di Indonesia, kamu akan dibuat kagum dengan kemegahannya!

Islam merupakan agama mayoritas di Indonesia. Tak heran, masjid mudah ditemukan di setiap daerah di Indonesia. Bahkan, Indonesia juga punya banyak masjid dengan bangunan megah dan besar. Tidak itu saja, beberapa masjid punya desain arsitektur yang cantik dan unik.

Karenanya, selain menjadi tempat ibadah, masjid juga sering dijadikan sebagai destinasi wisata. Masjid-masjid ini bahkan selalu ramai dikunjungi wisatawan. Nah, sambil mengisi waktu liburan, terutama saat Ramadhan dan Idul Fitri, kamu bisa nih berkunjung ke masjid-masjid megah yang ada di Indonesia.

Mau tahu masjid termegah yang juga jadi destinasi wisata religi? Yuk, cek masjid termegah rekomendasi kami di sini!

1. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

masjid termegah di Indonesia
Masjid Baiturrahman terlihat megah (foto: Instagram/ibnoesoan)

Ingat tidak masjid yang tetap berdiri kokoh saat bencana tsunami menerjang Aceh 2004 lampau? Nah, itulah Masjid Raya Baiturrahman yang berada di Banda Aceh. Masjid ini menjadi kebanggaan masyarakat Aceh sekaligus sebagai simbol agama, budaya, semangat, perjuangan, dan nasionalisme rakyat Aceh.

Dengan arsitektur bergaya Mughal seperti Taj Mahal di India, masjid ini memiliki ciri kubah besar dengan sejumlah menara. Terinspirasi dari Masjid Nabawi, masjid ini juga memiliki payung raksasa yang bisa dibuka tutup. Masjid yang didirikan pada 1879 ini memiliki luas 1.500 m2.

Masjid ini juga menjadi salah satu destinasi wisata nomor satu di provinsi yang kerap disebut Serambi Makkah. Dengan kemegahan dan keindahan bangunannya, Masjid Raya Baiturrahman juga menjadi salah satu destinasi wisata arsitektur.

2. Masjid An Nur, Pekanbaru

masjid termegah di Indonesia
Keindahan Masjid An Nur yang mirip dengan Taj Mahal (foto: instagram/pesonaid_travel)

Buat kamu yang menjadikan Taj Mahal dalam bucket list liburan, tidak ada salahnya jika berwisata religi ke Masjid An Nur dulu. Masjid megah nan indah ini memiliki arsitektur bergaya Melayu, India, Arab, dan Turki.

Kamu akan dibuat terpukau dengan ukiran-ukiran khas Melayu yang indah serta hiasan kaligrafi di bagian dalam masjid. Selain itu, kamu bisa melihat ada satu kubah besar di tengah, empat kubah kecil berwarna hijau, serta empat menara.

Terdapat juga kolam besar memanjang, yang kalau di lihat dari sudut tertentu, masjid ini terlihat seperti Taj Mahal yang terkenal. Karena keindahan dan kemegahannya, tak heran Masjid An Nur menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Pekanbaru.

3. Masjid Istiqlal, Jakarta

masjid termegah di Indonesia
Masjid Istiqlal, masjid terbesar di Indonesia dan juga Asia Tenggara (foto: tale.city)

Bicara soal masjid termegah di Indonesia sekalgius destinasi wisata religi, Masjid Istiqlal layak berada di urutan pertama. Berada tidak jauh dari Istana Negara Jakarta, pembangunannya diprakarsai oleh Presiden RI pertama, Ir. Soekarno, yang dimulai sejak 1951.

Masjid Istiqlal merupakan masjid dengan gaya modern. Lantai dan dinding masjid dilapisi dengan marmer dan dihiasi dengan ragam ornamen geometrik pola lingkaran dan persegi yang begitu elegan. Tidak ketinggalan tiang-tiang besar yang menopang kubah dan hamparan karpet merah marun yang menutupi seluruh lantai.

Selain itu, ada juga menara dengan ketinggian lebih dari 96 meter. Masjid seluas 36.980 m2 ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar. Menjadi masjid terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, Masjid Istiqlal dapat menampung sekitar 200 ribu jemaah.

Baca juga: Destinasi Wisata Religi Untuk Menghabiskan Waktu Saat Libur Paskah

4. Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri, Depok

masjid termegah di Indonesia
Masjid Kubah Emas dengan kubah berlapis emas (foto: traverse.id)

Bernama asli Masjid Dian Al Mahri, masjid yang terletak di Kota Depok, Jawa Barat ini disebut juga dengan Masjid Kubah Emas. Masjid ini mendapat julukan tersebut karena memiliki kubah emas berlapis emas setebal 3mm dengan mozaik kristal yang membuat masjid terlihat sangat megah.

Tak hanya kubah yang berlapis emas, kamu juga bisa menemukan gold plating dibeberapa bagian, seperti mahkota pilar interior, tangga mezanin, lampu gantung, serta ornamen dekoratif. Untuk arsitekur masjid mengadopsi bangunan di Timur Tengah dengan jumlah kubah sesuai rukun Islam, yaitu 1 kubah utama dan dilengkapi dengan 4 kubah kecil.

Terbayang kan, megahnya? Selain megah, masjid ini juga besar dengan luas 8,000 m2 yang diperkirakan bisa menampung 20 ribu jemaah.Kamu harus berkunjung ke salah satu masjid termegah di Indonesia ini untuk melihat langsung kemegahan dan keindahan Masjid Kubah Emas.

5. Masjid Al Irsyad Satya, Bandung

Masjid Al Irsyad Satya yang terlihat sederhana namun futuristik (foto: ick0blogs.wordpress.com)

Kalau umumnya masjid di Indonesia memiliki arsitektur berupa kubah dan menara, Masjid Al Irsyad Satya yang terletak di Bandung ini berbeda. Masjid ini berbentuk kubus yang unik dengan lubang-lubang berpola dua kalimat syahadat di sisi-sisinya. Lubang-lubang ini juga berfungsi untuk sirkulasi udara dan menjadi celah masuknya sinar matahari.

Tidak kalah unik, di bagian dalam kamu bisa melihat mimbar untuk imam yang di desain dengan area terbuka menghadap sebuah kolam dan taman yang cantik. Selain itu, ada 99 lampu berbentuk kotak dengan nama-nama Allah (Asmaul Husna).

Masjid yang memiliki perpaduan warna putih, abu-abu, dan hitam untuk interior dan eksterior terlihat sederhana, elegan, dan futuristik. Kamu juga bisa menikmati pemandangan indah pegunungan di sekitar masjid. Tak heran, masjid yang berdiri di atas lahan sekitar 8.000 m2 ini telah memikat banyak wisatawan.

6. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah di senja hari (foto: dosenwisata.com)

Masjid termegah di Indonesia yang bisa jadi destinasi wisata religi berikutnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) atau biasa disebut juga Masjid Semarang. Masjid ini memiliki perpaduan arsitektur unik Jawa, Islam, dan Romawi.

Arsitektur Jawa bisa dilihat dari atap limas khas bangunan Jawa pada bangunan utama. Namun, diujungnya dilengkapi dengan kubah besar dan empat menara yang masing-masing setinggi 42 meter. Kubah dan menara di setiap penjuru atap merupakan ciri khas bangunan masjid. Sementara, arsitektur Romawi bisa terlihat dengan adanya 25 pilar berwarna ungu.

Tidak itu saja, masjid yang berdiri di atas lahan seluas 10 hektar ini juga memiliki payung raksasa yang bisa dibuka tutup, mirip dengan payung yang ada di Masjid Nabawi.  Saat memasuki senja, deretan payung raksasa akan terasa seperti suasana di Masjid Rasulullah SAW. Uniknya lagi, kamu bisa naik ke menara yang tingginya 99 meter dan menikmati pemandangan Kota Semarang dari ketinggian.

7. Masjid Al-Akbar, Surabaya

masjid termegah di Indonesia
Masjid Al Akbar terlihat dari udara (foto: surabayarollcake.com)

Masjid Al-Akbar yang berada di Surabaya menjadi salah satu masjid terbesar dan termegah di Indonesia karena desain yang unik dan menarik. Kamu akan dibuat terpukau oleh kemegahan 4 kubah setinggi 27 meter berwarna toska.

Langit-langit masjid bermotif diagonal terlihat cantik dengan perpaduan warna biru dan hijau, serta tambahan aksen warna biru, ungu, kuning, merah, dan hijau. Dinding-dinding masjid dihias ornamen ukir dan serta 45 pintu kayu jati. Kamu juga bisa melihat ukiran indah kaligrafi Al Qur’an bernuansa emas dan hitam sepanjang 180 menter dan lebar 1 meter pada ornamen atas.

Yang membuat masjid ini istimewa, terdapat Mihrab masjid yang merupakan mihrab terbesar di Indonesia. Juga, menara masjid setinggi 99 meter yang terbuka untuk umum. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan Kota Surabaya dari ketinggian.

8. Masjid Islamic Centre, Samarinda

Pemandangan indah Masjid Islamic Center berpadu dengan Sungai Mahakam (foto:  mozaicdunia)

Dengan luas 43.500 m2, Masjid Islamic Center yang berada di Kota Samarinda menjadi masjid terbesar ke-2 di Indonesia, juga se-Asia Tenggara. Bangunan masjid terlihat megah dengan adanya 7 menara  dengan menara utama setinggi 99 meter yang terinspirasi dari kemegahan menara Masjid Nabawi.  

Selain kemegahannya, masjid ini juga terlihat cantik dengan kubah yang terinspirasi dari Haghia Sophia di Istanbul, Turki. Ditambah lagi dengan dinding luar menara utama yang dikelilingi dengan lafadz Asmaul Husna berlapis batu granit.

Dengan kemegahan dan keindahan masjid yang menakjubkan, tak heran Masjid Islamic Center menjadi salah satu destinasi wisata religi populer di Samarinda. Ditambah lagi, dengan kecantikan panorama tepi sungai Mahakam. Penasaran, kan ingin lihat langsung kecantikan masjid ini?

9. Masjid 99 Kubah, Makassar

Masjid 99 Kubah yang berada di Pantai Losari, Makassar (foto: pegipegi.com)

Kalau kamu sedang liburan di Makasar dan mengunjungi Pantai Losari, jangan lewatkan untuk berkunjung ke destinasi wisata religi, Masjid 99 Kubah. Nama masjid indah ini diambil dari adanya 99 kubah berwarna kemerahan, yang terinspirasi dari Asmaul Husna.

Masjid megah dan juga cantik ini memiliki luas 3.240 m2. Ada puluhan kubah-kubah dengan berbagai ukuran, mulai dari kecil hingga besar menghiasi bagian atas masjid yang ditata bertingkat dengan warna-warna terang seperti merah, jingga, dan kuning.

Meskipun masjid yang pembangunnya dimulai sejak 2018 belum selesai sepenuhnya, namun masjid ini telah mencuri perhatian wisatawan saat berkunjung ke Makasar. Tentunya, jangan lewatkan untuk menikmati matahari terbenam dengan latar belakang Pantai Losari dan Masjid 99 Kubah.

Wisata religi ke masjid termegah di Indonesia

Selain menjadi tempat ibadah, masjid juga menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer. Masih ada banyak masjid lainnya megah yang juga indah di Indonesia selain yang kami rekomendasikan. Mungkin kamu tahu masjid megah di Indonesia lainnya yang tidak ada dalam daftar di atas? (ds3)