google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Massimiliano Allegri Datang, Ronaldo Bisa Saja Tersingkir

Massimiliano Allegri
Kehadiran Massimiliano Allegri bisa buat Cristiano Ronaldo tersingkir dari Juventus.

cr photo: The Athletic

Raksasa Italia, yaitu Juventus belum lama ini meresmikan kembalinya Massimiliano Allegri sebagai pelatih kepala mereka untuk musim depan. Allegri datang untuk menggantikan Andrea Pirlo yang dianggap gagal menjadikan Juventus tim menakutkan di Eropa. Ini akan menjadi periode kedua Allegri melatih Si Nyonya Tua setelah terakhir berpisah di tahun 2018 lalu. Di periode keduanya ini manajemen Juventus memberikan kontrak selama empat tahun, atau hingga tahun 2025 mendatang.

Kembalinya Allegri cukup memberikan suka cita kepada para fans Juve. Karena di periode pertamanya, Allegri sukses membuat Juventus sangat superior di Italia dan sangat ditakuti di Eropa. Namun kehadiran Allegri membuat megabintang Juventus, yakni Cristiano Ronaldo terancam akan angkat kaki dari Turin. Salah satu media asal Italia, yakni Tuttosport mengatakan bahwa Allegri tak cukup tertarik untuk menggunakan jasa seorang Ronaldo mulai musim depan ia menjadi pelatih. Kondisi ini cukup memecah belah pendukung Juve karena tak sedikit dari mereka yang sangat menginginkan Ronaldo bertahan.

Allegri sendiri sebenarnya bukan tanpa alasan memutuskan untuk tak menggunakan jasa Ronaldo musim depan. Ini dikarenakan menurut Allegri kehadiran Ronaldo akan membuatnya kurang leluasa memilih pemain di bursa transfer. Seperti yang diketahui, ketika di periode pertama Allegri melatih, Juventus kerap mendatangkan pemain pemain berkelas dengan harga yang cukup miring untuk memperbaiki kualitas klub. Namun hal tersebut dinilai tak akan terjadi apabila Ronaldo masih ada di kubu Bianconeri.

Gaji Cristiano Ronaldo Membebani Juventus

Penyebab tak akan leluasanya Allegri berbelanja apabila Ronaldo masih di Juventus adalah karena besaran gaji sang kapten timnas Portugal itu terbilang cukup fantastis. Angka senilai 31 juta euro harus dikeluarkan Juve setiap musimnya untuk menggaji Ronaldo sehingga sang pemain kini menjadi pemain dengan gaji tertinggi sepanjang sejarah di Liga Italia. Selain itu, besaran gaji itu cukup membuat keuangan Juve kelabakan apalagi belakangan kubu Bianconeri sendiri sedang alami masalah keuangan.

Inilah yang kemudian membuat Juventus kesulitan mendatangkan pemain bintang. Justru Juve sendiri yang mesti melepas pemain bintangnya ke klub lain. Contohnya yang terakhir adalah duo Joao Cancelo dan Miralem Pjanic yang mesti dilepas. Sedangkan untuk penggantinya Juve malah memilih pemain yang salah seperti Arthur de Malo atau Dejan Kulusevski yang keduanya tampil masih di bawah standar Juve musim ini.

Akan tetapi Allegri tak menutup kemungkinan untuk tetap menggunakan jasa Ronaldo apabila ia memang ingin bertahan. Namun nampaknya akan ada konsekuensi bagi Ronaldo sendiri apabila ia ingin bertahan, yaitu pemotongan gaji. Kehadiran Ronaldo sendiri tak dipungkiri masih sangat dibutuhkan oleh Juventus, pasalnya musim lalu saja walau usianya sudah menginjak 36 tahun, Ronaldo tetap sanggup menjadi pencetak gol terbanyak untuk Juventus.

Kini semuanya tinggal menunggu keputusan kedua belah pihak saja. Bagi Ronaldo, apabila Juventus sudah tak menginginkannya kemungkinan ia akan hengkang. Paris Saint-Germain dan Manchester United menjadi dua tim yang dianggap akan menjadi pelabuhan karir Ronaldo selanjutnya.

Sedangkan bagi Allegri, hengkangnya Ronaldo membuatnya tentu akan lebih leluasa menentukan pemain. Ketiadaan Ronaldo juga nampaknya bukan sebuah masalah besar bagi Allegri, karena sebelum kedatangan Ronaldo ia sudah mampu menjadikan Juventus penguasa di Italia. Manajemen Juventus pun berharap kesuksesan di periode pertama kepelatihannya di medio 2014 hingga 2019 akan terulang kembali. Seperti yang diketahui selama lima tahun menjadi pelatih Juve, total 11 trofi mendarat di Turin dengan 5 trofi di antaranya adalah gelar juara Liga Italia.