google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Massimiliano Allegri Siap Gantikan Hansi Flick di Munchen

Massimiliano Allegri
Massimiliano Allegri jadi pilihan alternatif Bayern Munchen apabila ditinggal Hansi Flick dan gagal datangkan Julian Naggelsman.

cr photo: Virgilio Sport

Nama pelatih asal Italia, yaitu Massimiliano Allegri belakangan dihubung hubungkan dengan raksasa Liga Jerman, yaitu Bayern Munchen. Kondisi ini terjadi setelah pelatih Munchen saat ini, yaitu Hansi Flick tengah ditawari jabatan melatih Timnas Jerman. Apabila memang benar terjadi, maka Allegri bisa saja sudah kembali lakukan comeback sebagai pelatih pada musim depan bersama Bayern Munchen. Sosok Allegri sendiri bukanlah pelatih anak bawang, karena sedianya ia sudah cukup berpengalaman menangani tim tim besar Eropa.

Sebelumnya seperti yang diketahui, Hansi Flick, pelatih Munchen saat ini kabarnya tengah terus didekati oleh federasi sepakbola Jerman (DFB), untuk jadi sosok pelatih anyar Der Panzer. Pihak DFB menginginkan Flick untuk menggantikan posisi Joachim Loew yang akan mundur sebagai pelatih Jerman usai gelaran Euro 2021 sekitar Juli mendatang. Ini artinya bila menerima tawaran tersebut, maka Flick akan resmi mundur dari jabatannya sebagai pelatih Munchen di akhir musim ini.

Ketertarikan DFB pada Flick ini memang tek lepas dari apa yang sudah dilakukan pria asli Jerman itu selama melatih Munchen. Ditambah lagi, Flick sudah cukup berpengalaman dengan pernah menjadi asisten Joachim Loew di medio 2006 hingga 2014. Kemudian menjadi Direktur Teknik DFB pada tahun 2014 sampai 2017 lalu. Maka dari itulah DFB sangat mendambakan Flick melatih Jerman yang kini sedang dalam masa regenerasi pemain.

Apabila nantinya Flick mau menerima pinangan DFB, maka bisa dipastikan kursi kepelatihan Bayern akan kembali kosong. Bayern sebenarnya sudah mengantongi beberapa nama yang siap mengisi apabila Flick pergi. Akan tetapi semua itu butuh pertimbangan tepat. Apalagi pelatih baru ini nantinya pasti akan mendapat beban berat dengan harus minimal membuat Munchen segarang saat dilatih Flick.

Massimiliano Allegri Kandidat Pelatih baru Bayern Munchen

Awalnya manajemen Munchen menyebut nama Julian Naggelsman sebagai nahkoda anyar Munchen bila Flick pergi. Naggelsman dianggap punya kemampuan memimpin Die Roten. Ini semua merujuk pada pekerjaannya selama melatih RB Leipzig yang dibuatnya menjadi tim kuat Eropa. Namun untuk bisa menarik Naggelsman jelas akan sulit karena saat ini ia menjadi pelatih klub rival. Ditambah Naggelsman sendiri mengaku sama sekali belum ada percakapan apapun dengan Bayern.

Karena hal tersebut, manajemen Munchen dikabarkan mulai mencari alternatif bila mereka gagal membujuk Naggelsman. Melansir kabar yang dilaporkan SportMediaset, Munchen kabarnya memilih sosok Massimiliano Allegri sebagai pilihan alternatif untuk menggantikan Flick. Ini karena mendatangkan pelatih asal Italia itu disebut sebut akan jauh lebih mudah daripada membajak Naggelsman dari Leipzig.

Nama Allegri sendiri bukanlah sosok asing dalam dunia sepakbola, khususnya Italia. Sosoknya memang sudah beberapa tahun tak terlihat melatih klub apapun pasca mundur dari Juventus di tahun 2018 lalu. Semenjak itu sebenarnya Allegri sendiri memang sudah pernah mendapat banyak tawaran. Dari mulai Paris Saint-Germain, hingga duo Inggris, yakni Manchester United dan Chelsea.

Dengan banyaknya tim besar yang menginginkan jasa Allegri jelas ini menjadi indikasi bahwa Allegri memang bukan pelatih sembarangan. Dirinya memang dikenal sudah memiliki pengalaman cukup banyak, AC Milan dan Juventus adalah dua tim yang sempat merasakan tangan besi Allegri. Sejauh kiprahnya menjadi pelatih, Allegri sudah berhasil meraih 6 trofi Liga Italia, 4 Coppa Italia, dan 3 Piala Super Italia. Selain itu Allegri juga terkenal akan kepiawaiannya meracik strategi dengan pemain seadanya. Apabila jadi melatih Munchen, maka Allegri tak butuh belanja banyak pemain, karena dengan skuat yang saat ini pun, Allegri sangat mungkin bisa membuat Munchen tetap ditakuti di Eropa.