Masuk Daftar Jual, Emile Smith-Rowe Buka Kans Tinggalkan Arsenal

Emile Smith-Rowe
Emile Smith-Rowe buka peluang pisah dengan Arsenal usai namanya masuk daftar jual klub.

cr photo: beINSports.

Kebersamaan Arsenal dengan Emile Smith-Rowe kemungkinan berakhir musim panas ini usai sang pemain kabarnya masuk ke list pemain yang akan dilego Arsenal. Sosok Emil Smith-Rowe sendiri merupakan pemain muda didikan asli akademi Arsenal, dirinya sempat jadi bagian penting skuad The Gunners dan sangat diandalkan. Akan tetapi dalam dua tahun terakhir ini pemain berkebangsaan Inggris tersebut kehilangan menit bermainnya dan tersingkirkan dari skuad utama. Gagal bangkit, Smith-Rowe pun dikabarkan akan meninggalkan Arsenal musim panas nanti usai namanya masuk ke dalam daftar pemain yang akan dijual The Gunners.

Nama Emile Smith-Rowe merupakan pemain yang didapatkan Arsenal secara gratis karen ia sendiri merupakan pemain asli didikan akademi Arsenal. Ia diorbitkan ke tim utama Arsenal bersamaan dengan sosok Bukayo Saka yang saat itu bahkan posisinya masih seorang bek kiri. Performa Smith-Rowe sebagai gelandang muda kala itu sangat disukai pelatih Arsenal. Bahkan setelah Arsenal mengganti pelatih dan menunjuk sosok Mikel Arteta sebagai pelatih anyar, sebenarnya nama Smith-Rowe masih mendapat kepercayaan untuk bermain.

Akan tetapi masalah menghampirinya dalam dua musim belakangan ini. Semuanya diawali dari sebuah cedera parah yang sempat ia alami. Saat kembali merumput Smith-Rowe sayangnya tak pernah bisa kembali ke top performnya. Ditambah lagi kini Arsenal memiliki sosok Martin Odegaard yang memiliki performa sangat menjanjikan. Alhasil memang kemudian Smith-Rowe tersingkir dari skuad utama Arsenal, menit bermainnya berkurang, dan bahkan dalam beberapa waktu belakangan ini kabarnya Smith-Rowe masuk ke list jual The Gunners.

Masuk Daftar Jual

Melansir sebuah laporan di laman Football Insider, belakangan ini manajemen Arsenal memutuskan untuk memasukkan nama Emile Smith-Rowe ke list pemain yang akan dijual pada bursa transfer musim panasini. Banyak hal yang tentu saja membuat The Gunners mau tak mau melepas pemain didikan asli akademi mereka tersebut, salah satunya tentu saja urusan finansial.

Pada dua jendela transfer terakhir Arsenal cukup banyak spending uang, salah satunya untuk mendaratkan sosok Declan Rice. Kondisi ini membuat Arsenal miliki neraca keuangan yang sedikit minus, alhasil untuk menghindari pelanggaran FFP, Arsenal harus mendapatkan pemasukan yang cukup banyak, agar mereka juga masih tetap bisa mendatangkan pemain di bursa transfer.

Selain itu, saat ini Arsenal memiliki kelebihan pemain di posisi yang ditempati oleh Smith-Rowe. Manajemen agaknya ingin melepas beberapa tapi tetap mendatangkan beberapa pengganti juga yang kualitasnya tak jauh dengan skuad utama mereka untuk menjaga kedalaman skuad. Jika benar akan dilepas, maka ini akan jadi akhir kisah romansa antara Smith-Rowe dan Arsenal yang sudah terjalin sekitar 14 tahun lamanya.

Klub yang Mengincar Smith-Rowe

Emile Smith-Rowe sendiri agaknya tak perlu khawatir bingung mendapatkan klub baru jika memang dilepas Arsenal. Pasalnya saat ini sudah ada dua klub Premier League yang sedang memantau perkembangan sang pemain. Dua klub tersebut adalah Newcastle United, dan juga Aston Villa yang meminati jasa pemain berkebangsaan Inggris tersebut di musim panas nanti.

Meskipun demikian, sampai dengan saat ini belum ada kabar lebih lanjut mengenai detail transfer Smith-Rowe seperti mahar transfer dan lain lain. Meskipun butuh uang, tetapi manajemen The Gunners tentunya tak bisa sembarangan memasang banderol tinggi karena bisa membuat peminat Smith-Rowe justru pergi. Selain Smith-Rowe sejumlah pemain yang kemungkinan akan dilepas Arsenal adalah Cedric Soares, dan juga Folarin Balogun.