google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Mau Liburan Ke Bogor? Yuk Coba Glamping di Bogor!

Glamping menjadi alternatif liburan di alam bebas (foto: © Sean Mathis / Green Acres)

Mau liburan ke luar kota tapi masih ragu? Gimana kalau menghabiskan waktu dengan mencoba glamping di Bogor aja? Selain jaraknya yang dekat, pasti seru!

Selain Bandung, Bogor menjadi destinasi favorit warga Jakarta untuk menghabiskan libur, baik libur akhir pekan, libur sekolah, hingga libur nasional. Bogor menawarkan banyak ragam tempat wisata. Mulai dari wisata kuliner, wisata alam, wisata keluarga, dan masih banyak lainnya.

Nah, kalau kamu ingin menghabiskan liburan di Bogor untuk menikmati alam terbuka dan merasakan berkemah tanpa perlu repot mendirikan tenda atau memasak, gimana kalau menghabiskan liburan dengan glamour camping (glamping) di Bogor? Kamu bisa merasakan sensasi berkemah di alam bebas, menghirup udara segar pegunungan, dan pastinya, dapat foto-foto keren untuk feed Instagram!

Baca juga: Weekend, Refreshing Saja di Tempat Wisata Alam Jakarta!

Berikut rekomendasi tempat glamping di Bogor untuk alternatif destinasi liburan traveler.

1. Forrester Glamping Co.

glamping di bogor
Forrester Glamping Co di Bogor (foto: Instagram/@forresterglamping)

Tempat glamping di Bogor yang bisa jadi pilihan untuk menghabiskan liburan bersama keluarga atau teman adalah Forrester Glamping Co Bogor. Lokasi glamping yang satu ini berada di daerah Megamendung, Bogor dan dikelilingi oleh pemandangan indah Gunung Salak.

Kamu bisa menginap di tenda-tenda mewah yang sudah dilengkapi dengan kasur empuk dan selimut. Jadi, meskipun berkemah di alam terbuka, traveler tetap merasa nyaman layaknya di kamar sendiri. Ada juga fasilitas toilet yang bersih dan beragam kegiatan yang bisa kamu lakukan.

Diantaranya, eksplor Curug Panjang yang letaknya tidak jauh dari perkemahan. Di Curug Panjang, kamu bisa memancing dan main air di air terjun. Jika tidak ingin beranjak dari tenda yang nyaman, kamu bisa berjalan-jalan di sekitar tenda menikmati udara segar pegunungan.

2. Highland Park Resort Bogor

glamping di bogor
Tenda unik nan Instagramable di Highland Park Resort (foto: agoda)

Buat para pecinta selfie dan pemburu tempat foto nan Instagramable, kamu wajib mencoba glamping di Highland Park Resort Bogor, nih! Tempat kemah mewah ini menawarkan akomodasi tenda-tenda unik yang mirip dengan tenda masyarakat Mongolia dan suku Apache.

Ada beragam tipe akomodasi yang bisa kamu pilih. Mulai dari tenda seperti Apache Camps dan Mongolian Camps, hingga akomodasi rumah pohon seperti Tree House. Tentunya, tenda-tenda di sini juga dilengkapi dengan fasilitas layaknya hotel berbintang.

Kamu tidak akan melewatkan kenyamanan rumah dengan adanya fasilitas seperti TV kabel, penyejuk ruangan, dan air panas. Ada juga beragam falisitas umum seperti waterboom, ruang pertemuan, kebun binatang mini, dan ballroom. Mau coba aktivitas outdoor? Tenang! Pengelola juga menyediakan kegiatan untuk pengunjung, diantaranya berkuda dan outbond. Gimana, kebayangkan keren dan serunya seperti apa?

3. The Forest @Cisarua

Warna tenda yang unik di The Forest @Cisarua (foto: agoda)

Tempat glamping di Bogor berikutnya yang bisa jadi pilihan adalah The Forest @Cisarua. Buat kamu yang ingin tahu rasanya berkemah tapi ragu dengan masalah dengan kenyamanan dan fasilitas, tak perlu khawatir nih! Juga, tak perlu jauh-jauh liburan saat akhir pekan.

Baca juga: Tempat Wisata Keluarga di Bogor Cocok Untuk Refreshing di Akhir Pekan

Di The Forest @Cisarua, traveler bisa merasakan hidup di tengah alam liar dengan nyaman layaknya di rumah atau menginap di hotel mewah. Setiap tenda di sini dilengkapi dengan kasur empuk, lampu hias, bahkan televisi.  Uniknya, tenda-tenda di tempat ini berwana merah cerah, cocok untuk spot foto.

Tidak itu saja, fasilitas yang disediakan juga akan membuat kamu betah. Ada tiga (bukan hanya satu!) infinity pool untuk bersantai sambil menikmati pemandangan hutan. Pergi liburan dengan adik atau keponakan? Tersedia playground untuk anak-anak yang berada di atas hamparan rumput luas, cocok untuk mereka bermain.

4.  Soul Camp: Gunung Geulis Campsite

Tenda semi permanen di Soul Camp: Gunung Geulis Campsite (foto: tripadvisor)

Ingin merasakan langsung berkemah di Taman Nasional Gede-Pangrango dan Taman Nasional Halimun-Salak seperti para pecinta alam? Soul Camp: Gunung Geulis Campsite menawarkan sensasi berkemah di alam bebas tanpa perlu repot membawa tenda dan khawatir dengan fasilitas.

Kamu bisa berlibur dengan teman dan keluarga di tenda semi permanen lengkap dengan kamar mandi dan air hangat. Bisa juga lho merasakan berkemah dengan tenda dome. Di area camping ini, kamu bisa menikmati udara sejuk dan pemandangan indah pegunungan.

Selain itu, tersedia juga fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari aula untuk pertemuan, area playground anak-anak, hingga kolam renang. Kamu juga bisa mencoba berbagai aktivitas yang disediakan, seperti trekking, arung jeram, dan paintball.

5. Curug Nangka Green Glamping

glamping di bogor
Area tenda di Curug Nangka Green Glamping (foto: traveloka.com)

Curug Nangka Green Glamping bisa jadi pilihan untuk mencoba glamping di Bogor. Kamu tidak perlu khawatir tentang keamanan tenda, kenyamanan, hingga kebersihan di area camping. Tenda di sini mempunyai kanopi tambahan, jadi tak usah khawatir tenda bocor saat hujan.

Seperti tempat glamping lainnya, setiap tenda dilengkapi dengan matras empuk dan selimut untuk menghangatkan tubuh. Semua tenda juga dilengkapi dengan toilet duduk di samping tenda. Selama menginap, ada beragam aktivitas seru yang bisa dilakukan.

Mau berenang atau bermain air di kolam renang? Tentu saja bisa! Anak-anak juga bisa bermain di area playground. Eksplor air terjun tidak boleh dilewatkan, nih! Sesuai dengan namanya, tempat glamping ini berada dekat dengan air terjun Curug Nangka. Hanya 100 meter berjalan kaki! Dekat, yah?

6. Herman Lantang Camping Ground

Glamping seru di Herman Lantang Camping Ground (foto: tripadvisor)

Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Herman Lantang Camping Ground menawarkan udara sejuk juga keindahan panorama khas pegunungan. Sesuai dengan namanya, tempat ini milik Herman Onesimus Lantang, legendaris dalam dunia pencinta alam Indonesia.

Baca juga: Wisata Sekitar Jakarta: Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Dengan tenda-tenda yang dilengkapi dengan matras, bantal, dan selimut, kamu tidak harus menggunakan sleeping bag. Tersedia juga fasilitas yang lengkap, mulai dari kamar mandi, listrik, area parkir, toilet, dan kopi serta teh. Cocok dan nyaman buat kamu yang belum pernah berkemah tapi ingin merasakan berkemah di alam bebas.

Selain tenda, harga menginap sudah termasuk sarapan dan tiket masuk. Nikmati api unggun dan barbekyu bersama teman dan keluarga di malam hari. Nah, paginya kamu bisa bermain ke curug yang dekat dengan camping ground, yaitu Curug Nangka, Curug Kawung, dan Curug Daun yang tidak jauh. Atau mau trekking menikmati hutan hijau seluas dua hektar ini?

7. Alang-Alang Nature Camp

Glamping dengan konsep unik, saung dengan atap alang-alang (foto: traveloka)

Ini dia tempat glamping di Bogor yang juga wajib kamu coba, Alang-Alang Nature Camp. Tidak seperti kebanyakan glamping lainnya, kamu tidak akan melewatkan malam dengan tidur di dalam tenda. Uniknya, kamu akan merasakan sensasi tidur di saung beratapkan jerami. Tenang, di dalam saung juga tersedia matras lengkap dengan bantal, guling, dan selimut.

Memang, ukuran saungnya tidak terlalu besar, tapi bisa ditempati untuk dua hingga tiga orang dengan nyaman. Oh ya, tenda alang-alang ini juga instagenic, lho! Dijamin kamu akan dapat banyak foto-foto bagus dengan pemandangan alam yang memukau.

Ada juga area spot foto yang mirip seperti perahu berlatar belakang pegunungan dan pepohonan rimbun. Kamu bisa bersantai di saung atau menikmati setiap sudut area glamping yang luas ini. Mau melepas penat? Langsung saja nikmati sejuk dan segarnya air kolam renang!

Berada dekat dengan Jakarta, glamping di Bogor bisa jadi alternatif liburan seru

Nah, itu tadi rekomendasi glamping di Bogor untuk alternatif tujuan liburan berikutnya. Kamu bisa merasakan petualangan di alam bebas tanpa harus meninggalkan kenyamanan dan tanpa repot. Sambil menikmati panorama alam yang indah, kamu bisa sejenak lepas dari keramaian kota. Jadi, dari rekomendasi di atas, mana yang akan kamu pilih untuk glamping pertama?