google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Megawati Terima Bintang Kehormatan Order of Friendship dari Presiden Rusia

Megawati Soekarnoputri Terima Bintang Kehormatan Dari Presiden Rusia

Megawati Soekarnoputri mendapatkan penghargaan Bintang Persahabatan (Order of Friendship) dari Presiden Rusia Vladimir Putin. Penyerahan penghargaan itu dilakukan di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, yang diwakili oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobyeva hari Rabu, 2 Juni kemarin. 

Saat menyampaikan sambutan dalam acara pemberian penghargaan itu, Vorobyeva mengatakan bahwa penghargaan diberikan kepada Megawati karena sumbangsih Presiden Indonesia ke-5 itu dalam memperkuat kerja sama antara Indonesia dengan Rusia. Selain itu juga sebagai bagian dari peringatan 70 tahun hubungan diplomatik yang terjalin antara pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Rusia. 

Vorobyeva juga menjelaskan bahwa sebenarnya penghargaan itu sejatinya diberikan sendiri secara langsung oleh Presiden Putin tahun lalu di Moskow. Namun karena adanya wabah pandemi Covid-19 yang menyerang, Putin kemudian secara khusus mengutus Dubes Rusia untuk Indonesia menyerahkan penghargaan Order of Friendship itu. 

Megawati pun menjadi Warga Negara Indonesia pertama yang mendapatkan penghargaan bergengsi dari Vladimir Putin. 

Vorobyeva juga mengatakan bahwa penghargaan tersebut juga untuk memperingati hari ulang tahun Soekarno ke-120 yang jatuh pada tanggal 6 Juni 2021 besok. Selain itu, dirinya juga menekankan bahwa apa yang pernah dilakukan Megawati saat menjadi Presiden, mampu membuka bab baru dalam hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Rusia. 

Ini adalah ketika Megawati melakukan kunjungan ke Rusia pada tahun 2003 silam, dalam kapasitasnya sebagai Presiden Indonesia. Saat itu dilakukan penandatangan Deklarasi Kerangka Kerja Sama Hubungan Persahabatan dan Kemitraan antara Rusia dengan Indonesia di Abad ke-21. 

Megawati Terharu

Megawati pun mengaku tak kuasa menahan luapan kegembiraan dan merasa sangat terhormat ketika mendapatkan penghargaan Order of Friendship dari Putin. Saat menyampaikan sambutannya, Megawati juga mengaku teringat akan sosok sang ayah.

“Sungguh sebuah hari yang membahagiakan, saya mendapat kehormatan ini karena maaf, saya teringat kepada ayah saya. Saya mengerti bahwa beliau yang mulai merintis hubungan persahabatan antara Indonesia dengan Rusia. Saya juga melihat dokumentasi bagaimana ayah saya, Presiden Soekarno, diterima sangat hangat saat mengunjungi Rusia,” ungkap Megawati dengan perasaan penuh haru. 

Megawati kemudian mengatakan bahwa hal yang sama, dia terima ketika dirinya bertemu dengan Presiden Putin dan mengaku bahwa antara dirinya dengan Putin seperti ada ikatan pribadi. 

“Banyak hal yang telah kami lakukan dengan membuat hubungan bilateral kita makin erat. Saya merasa sangat terhormat dan tak akan lupa, karena waktu itu saya diberikan kesempatan oleh Presiden Putin untuk membeli alutsista dari Rusia untuk Indonesia. Sekali lagi atas nama keluarga dan rakyat Indonesia, saya mengucapkan beribu terima kasih atas bintang kehormatan ini,” pungkas Megawati. 

Megawati Bertemu Dubes Rusia di Kediamannya

Buka Peluang Kerja Sama Baru

Saat menerima penghargaan itu, Megawati dalam posisinya sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ex officio, mengatakan bahwa peluang kerja sama riset dan teknologi antara Indonesia dan Rusia, khususnya dalam bidang ruang angkasa menjadi terbuka. 

Lebih lanjut, Megawati juga mengaku bahwa dirinya telah berkomunikasi dengan Presiden Jokowi, bahwa hubungan kerja sama Indonesia dengan Rusia bisa lebih ditingkatkan lagi. Secara khusus, kerja sama itu adalah menyangkut teknologi dan ruang angkasa. 

Kepada Vorobyeva, Megawati menitipkan pesan untuk kemudian bisa disampaikan kepada Presiden Putin, bahwa saat ini dirinya telah ditunjuk menjadi Ketua Dewan Pengarah ex officia BRIN. 

“Hal yang berhubungan dengan ruang angkasa seharusnya bisa terus kita proses antara Indonesia dengan Rusia. Dan saya telah mengatakan kepada Presiden Jokowi bahwa suatu saat ini, kita bisa lebih mempererat hubungan yang ada, seperti dalam hubungan riset dengan Rusia,” kata Megawati. 

Megawati juga berjanji setelah wabah pandemi Covid-19 ini selesai, dia akan menyempatkan waktu untuk mengunjungi Rusia, guna menyampaikan rasa terima kasih atas pemberian penghargaan bintang kehormatan Order of Service dan bertemu langsung dengan Putin. 

Sebagai respon, Vorobyeva berjanji akan menyampaikan apa yang dititipkan oleh Megawati nanti langsung kepada Putin. Dirinya pun memastikan bahwa selama ini Rusia siap untuk melakukan kerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang, khususnya soal alutsista. Dia juga menyampaikan bahwa Putin sebenarnya juga sedang menunggu waktu yang tepat untuk bisa melakukan kunjungan ke Indonesia.