google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Membuat Wallpaper Kamar dengan Menggunakan Bahan-Bahan di Rumah

6 Ide Wallpaper Kamar Tidur untuk Orang Dewasa | Rumah123.com

Wallpaper banyak menjadi pilihan untuk menghias dinding rumah atau bangunan, karena cara menggunakannya yang mudah dan kita bisa membuatnya sendiri. Wallpaper digunakan untuk mendekorasi suatu ruangan. Dengan cara menempelkan wallpaper sesuai keinginan, kalian bisa mendapatkan dekorasi yang dinginkan.

Seperti pada umumnya rumah atau bangunan di Indonesia terbagi ke beberapa ruangan yang memiliki fungsi tertentu, salah satu ruangan yang memiliki fungsi penting dalam sebuah rumah atau bangunan ialah kamar tidur. Kamar tidur menjadi area dimana pemilik rumah atau bangunan melepas penatnya, selain itu kamar tidur merupakan area yang bersifat lebih privasi dibandingkan ruangan lain.

Dengan peran kamar tidur yang penting, tentu membuat kalian berusaha untuk menjadikan suasana kamar tidur kalian tampil lebih menarik, bukan? Langkah membuat kamar tidur tampil menarik dapat ditonjolkan dengan menambahkan dekorasi, contohnya dengan hiasan dinding berupa poster tipografi yang menampilkan kata – kata motivasi agar kalian semakin semangat setiap pagi ketika membuka mata.

Cara Menghias Kamar Menggunakan Bahan Rumah

  1. Menggunakan Kain

Bahan pertama kain, kain bisa kalian gunakan untuk wallpaper dan kalian juga bisa membuatnya sendiri. Kain yang akan kalian gunakan bisa di sesuaikan dengan motif yang kalian inginkan. Bahan – bahan yang di gunakan adalah kain, gunting, lem tembok.

2. Menggunakan Pola Stensil

Bahan selanjutnya pola stensil, untuk membuat pola stensil ini kalian membutuhkan motif pola, selotip cat dan cat dinding. Kalian bisa menggunakan motif pola dan warna sesuai yang kalian inginkan. Cara membuatnya adalah tempelkan pola stensil menggunakan selotip cat setelah itu warnai pola tersebut dengan cat dinding.

3. Membuat Wallpaper dari Kertas Kado

Kertas kado, cara membuatnya pun cukup mudah. Kalian cukup menggabungkan beberapa kertas kado dan menempelkannya di dinding. Kemudian potonglah beberapa bagian agar bentuknya sesuai dengan bentuk dinding kalian.

Kertas kado yang memiliki berbagai macam motif akan sangat menguntungkan bagi kalian yang memanfaatkan kertas kado sebagai pilihan alternatif wallpaper di kamar kalian. Dengan cara pemasangan yang rapih tentu akan bisa membuat mata tertipu bahwa itu adalah wallpaper bukanlah kertas kado.

4. Cara Menghias Kamar Menggunakan Dekorasi 3D

Dekorasi 3 dimensi dapat kalian gunakan untuk di jadikan wallpaper. Dekorasi ini dapat berbentuk hewan, tumbuhan, atau berbagai benda yang kalian suka. Untuk mencari referensi objek 3 dimensi, kalian bisa mencarinya di internet.

5. Menghias Plafon Menggunakan Kertas Kado

Tidak hanya dinding yang dapat kalian hias, tetapi juga plafon kamar. Kalian bisa menggunakan kertas kado dengan motif dan warna yang sesuai dengan warna dinding kamar agar tampak serasi.

6. Menghias Kamar Menggunakan Styrofoam dan Kertas Kado

Untuk membuat hiasan sederhana, kalian bisa memotong styrofoam menjadi bentuk geometris. Kemudian lapisilah styrofoam tersebut menggunakan kertas kado. Meskipun sederhana, hiasan ini dapat membuat kamar kalian terlihat cantik.

7. Tirai Polkadot

Kenapa dinamakan tirai polkadot karena tirai ini terbentuk dari kertas yang digunting membentuk lingkaran. Tirai polkadot ini sangat mudah untuk dibuat, kalian tentu dapat melakukan sendiri.

8. Selotip

Kalian bisa memanfatkan selotip di rumah kalian untuk dijadikan bahan utama pembuatan wallpaper dinding kamar. Caranya gunakan selotip ukuran besar agar dapat mudah dalam membentuk pola, lalu kalian gunting selotip tersebut dan tempelkan ke dinding, untuk motifnya terserah kalian ya. Setelah itu di cat seluruh dinding, tunggu sampai kering dan setelah kering lepaskan selotip dari dinding secara perlahan – lahan.

9. Heavy Duty Paper

Wallpaper yang berbahan heavy duty paper bisa bilang jauh lebih kuat dibandingkan dengan berbahan kertas biasa. Karena wallpaper jenis ini memiliki karakter kertas yang tebal, wallpaper ini juga memiliki motif timbul (emboss) dan lapisan linen pada bagian belakangnya dan mudah dibersihkan dengan kain atau lap basah.

10. Vinyl

Selain kertas, wallpaper berbahan vinyl bisa juga menjadi salah satu bahan wallpaper yang sering digunakan. Wallpaper berbahan ini jauh lebih baik dari kertas karena tidak mudah sobek dan kotor. Tidak hanya itu daya tahan wallpaper ini sangat baik karena mampu bertahan dalam keadaan yang lembab.