google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Memiliki Banyak Fitur, Apakah GBWhatsapp Aman Digunakan?

gbwhatsapp aman digunakan

Tak bisa dipungkiri, sejak meluncurkan pembaruannya beberapa waktu lalu, terdapat beberapa fitur yang hilang dari aplikasi perpesanan Whatsapp. Ketiadaan sejumlah fitur memicu beberapa penggunanya untuk mempergunakan aplikasi Whatsapp alternatif pihak ketiga atau modifikasi yang menawarkan fitur lebih komplit. Salah satu diantaranya adalah GBWhatsapp. Namun pertanyaannya, apakah GBWhatsapp aman digunakan di ponsel pintar dalam jangka panjang?

Dari sejumlah aplikasi alternatif Whatsapp yang ada, GB Whatsapp dapat dikatakan cukup populer. Bahkan, aplikasi yang bersifat modifikasi tersebut termasuk salah satu produk yang sekarang cukup banyak dipakai di berbagai macam kalangan pengguna. GBWhatsapp hadir dengan sejumlah dukungan tambahan yang tidak dapat ditemukan pada aplikasi resmi.

Beberapa diantaranya seperti dukungan untuk tidak terlihat online, tidak terdeteksi centang biru walaupun kita dapat mengetahui seseorang telah membaca pesan kita, sejumlah tema Whatsapp yang variatif dan menarik, dan banyak lagi. Fitur-fitur tersebut tentunya meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan Whatsapp.

Namun demikian, penggunaan aplikasi tidak resmi terlebih aplikasi yang telah dimodifikasi oleh pengembang pihak ketiga sudah tentu memiliki resiko atas keamanan data maupun perangkat ponselnya. Oleh sebab itu, ada baiknya berhati-hati sebelum memutuskan untuk menggunakan GBWhatsap sebagai pengganti aplikasi Whatsapp resmi di perangkatmu.

Nah, agar kamu terhindar dari resiko penggunaan aplikasi yang membahayakan data maupun perangkat ponsel pintarmu, yuk berkenalan dengan aplikasi GBWhatsApp secara lebih mendalam sekaligus melihat berbagai macam risiko yang ditawarkannya!

Mengenal GBWhatsapp

Seperti dijelaskan sebelumnya, GBWhatsApp adalah aplikasi modifikasi buatan anggota senior dari pengembang XDA Developers. Pengembang ini berafiliasi dalam tim GBMods dengan tujuan untuk membuka sejumlah fitur tambahan WhatsApp.

Dari sejumlah versi yang diluncurkannya, aplikasi non resmi tersebut menawarkan sejumlah fitur yang dapat dipakai untuk mengubah tampilan hingga pengaturan privasi dan percakapan dengan opsi yang lebih lengkap.

Para pengguna GBWhatsapp umumnya menggunakan aplikasi tersebut agar dapat mengubah tampilan ikon atau tema, menghilangkan keterangan “sedang mengetik”, menonaktifkan centang dua, melihat pesan yang telah dihapus, hingga mengunggah foto maupun file lain berukuran besar.

Tidak sampai disitu saja, aplikasi GBWhatsApp pun sering dipakai oleh para penggunanya untuk melihat status yang sebelumnya sudah dihapus atau mengunduhnya ke penyimpanan perangkat. Uniknya, aplikasi modifikasi Whatsapp tersebut hanya tersedia untuk perangkat berbasis Android. Meskipun demikian, tentu saja kita tidak akan menemukan GBWhatsapp di Google Play Store, mengingat aplikasi ini bukanlah aplikasi resmi.

Risiko Menggunakan GBWhatsApp

Meskipun hadir dengan sejumlah fitur menarik, namun mempergunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi tentu saja memiliki resiko. Salinan APK dari aplikasi alternatif tersebut rentan dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencapai tujuannya.

Jika kamu penasaran apakah GBWhatsapp aman digunakan, simaklah beberapa resiko dari penggunaan aplikasi tersebut sebelum menyimpulkannya.

Keamanan Percakapan Tidak Terjamin

Perlu diketahui, aplikasi perpesanan resmi seperti Whatsapp memiliki sistem enkripsi di dalamnya, Dukungan enkripsi end-to-end ypada layanan WhatsApp berfungi untuk mengamankan berbagai macam informasi dalam percakapan antar pengguna sehingga tidak dapat disadap dengan mudah oleh pihak ketiga.

Sebaliknya, penggunaan aplikasi modifikasi seperti GBWhatsApp atau WhatsApp Mod lainnya membuat para pelaku peretasan dapat mencegat arus informasi baik sebelum maupun sesudah pesan diterima. Pengembang aplikasi bisa saja mempergunakan proxy atau server tersendiri yang menjembatani produk buatannya dengan layanan Whatsapp.

Keamanan dari server atau proksi tersebutlah yang perlu untuk dipertanyakan. Terlebih lagi pada sejumlah kasus, justru pencipta aplikasi modifikasi sendiri yang memanfaatkannya untuk memotong dan melihat data maupun informasi dari para pengguna.

Lebih jauh lagi, tim GBMods secara resmi mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan pengembangan aplikasi GBWhatsApp. Bahkan situs asli untuk mengunduh aplikasi-aplikasi buatannya pun resmi ditutup. Artinya, aplikasi GBWhatsApp yang saat ini beredar lebih rentan untuk dimanipulasi oleh para peretas. Mereka akan lebih leluasa untuk menjebak para pengguna dengan iming-iming aplikasi versi terbaru.

Rentan Membawa Malware

Selain resiko keamanan data, pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab pun dapat memanfaatkan celah tersebut untuk menyebarkan kode berbahaya yang beresiko merusak atau mengeksploitasi data dan sumber daya perangkat. Yang lebih berbahaya lagi, mereka pun dapat menyebarkan malware atau virus dalam berkas unduhan sehingga akan ikut terpasang di perangkat ketika pengguna menginstalnya.

Google dan beberapa perusahaan handphone bahkan sudah sering mewanti-wanti agar pengguna ponsel pintar Android tidak memasang aplikasi dari sumber tak resmi sebagai bentuk antisipasi supaya hal-hal tersebut tidak terjadi. Tak sedikit pula perusahaan handphone menambahkan fitur keamanan sehingga aplikasi dari sumber tak terpercaya tidak dapat di-install.

Terkena Pemblokiran

Tentu saja, layanan WhatsApp dan Facebook sebenarnya sudah tahu perihal masalah ini dan menyebut bahwa aplikasi-aplikasi modifikasi seperti GBWhatsApp atau Whatsapp Mod telah melanggar ketentuan layanan mereka. Mereka pun menerapkan pemblokiran akun sementara bagi para pengguna yang menggunakan salah satu aplikasi yang tidak didukung oleh WhatsApp resmi.

Lebih jauh, penangguhan akun pun bisa berubah menjadi permanen apabila pengguna masih bandel dengan tetap menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak sesuai ketentuan layanan WhatsApp setelah pemblokiran sementara.

Jika kamu sudah terlanjur menggunakan GBWhatsapp, untungnya Whatsapp resmi mendukung opsi transfer riwayat chat dari GBWhatsApp atau produk pihak ketiga lainnya. Sehingga, beralih dari aplikasi modifikasi ke versi resmi untungnya bisa dilakukan dengan cukup mudah.

  • Mencadangkan Riwayat
  • Buka aplikasi GBWhatsApp di perangkat ponselmu
  • Klik More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas
  • Pilih menu Chats
  • Lalu jalankan opsi Back up chats
  • Setelah fitur pencadangan data GBWhatsApp berakhir, tutup aplikasi
  • Cari dan buka file manager yang kamu miliki
  • Masuk ke menu penyimpanan internal
  • Cari kemudian ubah nama (rename) folder GBWhatsApp menjadi WhatsApp
  • Apabila sudah berhasil, pengguna cukup mengganti aplikasi GBWhatsApp dengan aplikasi resmi yang tersedia di Google Play Store atau laman WhatsApp untuk Android. Setelah itu, mereka tinggal melakukan pemulihan.

Setelah berhasil menghapus aplikasi GBWhatsapp dan mengunduh aplikasi resminya, berikut adalah langkah-langkah untuk memulihkan Riwayat GBWhatsApp di WhatsApp Resmi

  • Download dan pasang aplikasi WhatsApp resmi
  • Setelah selesai, jalankan lalu masukkan nomor telepon dari akun terkait
  • Ketuk Next untuk mendapatkan kode OTP melalui SMS
  • Masukkan kode tersebut ke kolom yang tersedia
  • Gunakan PIN yang sebelumnya telah dibuat jika mengaktifkan verifikasi dua langkah
  • Pada halaman Backup found, selanjutnya pilih Restore
  • Klik Next dan tunggu proses pemulihan


Perlu untuk diketahui, tidak ada jaminan proses memulihkan riwayat dari GBWhatsApp ke aplikasi versi resmi akan berhasil karena WhatsApp memang tidak mendukung penggunaan aplikasi non resmi. Cukup disayangkan memang, terlebih opsi pencadangan melalui Google Drive juga tidak tersedia di dalam aplikasi modifikasi tersebut. Sebagai konsekuensinya, pengguna akan kehilangan seluruh riwayat chat yang tersimpan di dalamnya..

Melihat resiko yang dapat ditimbulkannya, penggunaan aplikasi modifikasi seperti GBWhatsapp tidaklah disarankan. Tidak hanya beresiko bagi pengguna, ini dapat merugikan para pengembang jika berkaitan erat dengan masalah lisensi pada produk berbayar.

Setelah menyimak sejumlah resikonya, bisakah dikatakan GBWhatsapp aman digunakan? Apakah kamu masih tetap ingin mencoba menggunakan GBWhatsapp di perangkat Android kamu?