google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Mencari Dashcam Mobil Terbaik? Cek Dulu Rekomendasinya Disini!

Dashcam merupakan sebuah kamera yang dipasang di atas dashboard mobil. Fungsinya adalah sebagai perekam keadaan jalanan di depan mobil saat Anda berkendara. Perekaman didesain otomatis, yaitu saat mobil menyala maka dashcam mulai menjalankan fungsinya. Prinsip kerjanya mirip dengan CCTV. Hasilnya berupa video yang bisa disimpan dalam CD atau lainnya.

Pada dashcam, Anda dapat menjumpai adanya lensa digital berjumlah dua buah di dalam kamera. Sumber listrik dashcam berasal dari baterai atau menggunkan colokan pematik rokok pada mobil. Anda dapat menempelkannya dengan cara didouble tape atau menggunakan dudukan vakum.

Manfaat Dascham

  1. Anda dapat menggunakan dashcam sebagai bukti jika suatu saat terjadi kecelakaan yang ada sangkut pautnya dengan mobil Anda.
  2. Merekam berbagai tindak kejahatan di lalu lintas. Misalnya ada kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas atau ada orang yang dengan sengaja menabrakkan diri ke mobil Anda.
  3. Mencegah terjadinya penipuan asuransi. Misalnya ada yang sengaja ingin membuat klaim asuransi dengan cara menabrakkan kendaraannya ke kendaraan lain.
  4. Mencegah pemungutan liar. Anda dapat menjumpai adanya pemungutan liar di Rusia. Di negara tersebut kasus seperti ini sudah umum terjadi. Banyak polisi yang menyalahgunakan wewenangnya. Tak heran jika para pengemudi kendaraan besar yang ingin memasang dashcam pada kendaraannya. Misalnya pada truk.
  5. Mengawasi diri sendiri. Adanya dashcam dapat membantu bagi anak Anda yang sedang belajar mengendarai mobil. Anda dapat memberi penilaian dan masukan agar Anda dapat mengemudi dengan baik. Anda dapat mengevaluasi cara mengemudi Anda. Contohnya Anda lambat saat menginjak rem dan lain-lain.
  6. Mencegah pemerasan dengan alasan kecelakaan. Anda dapat memutar ulang rekaman peristiwa yang terjadi dengan dashcam. Dengan demikian, rekaman tersebut bisa melindungi Anda dari orang yang ingin melakukan pemerasan dengan berkedok kecelakaan.
  7. Melindungi mobil Anda saat parkir dan tidak diawasi. Salah satu kelebihan dashcam adalah memiliki fitur perekam yang dapat berfungsi saat mobil tidak menyala. Beberapa dashcam juga mampu merekam kejadian saat muncul getaran. Dengan demikian, orang akan berpikir dua kali lipat saat akan mencuri mobil Anda atau melakukan kejahatan.
  8. Melacak jarak mobil saat dipinjam oleh orang lain. Hal ini memberi keuntungan bagi pemilik jasa rental mobil. Dengan demikian, dapat mencegah mobil dibawa kabur orang lain.
  9. Untuk kesenangan pribadi. Misalnya Anda ingin merekam perjalanan wisata untuk dokumentasi. Hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang suka menggunakan vlog.
  10. Bisa dijadikan sebagai bukti apabila ada kejahatan yang dilakukan di alat transportasi umum, misalnya taksi.
  11. Bisa dimanfaatkan untuk merekam berbagai kejadian yang tidak terduga dan langka. Salah satu contohnya adalah peristiwa jatuhnya komet yang dijumpai di Rusia. Selain itu, bisa menjadi bukti rekaman mobil yang terbakar secara tiba-tiba, tumbangnya pohon akibat adanya angin kencang dan lain-lain.

Rekomendasi DashCam terbaik

1. DOD LS430W car DVR

DOD LS430W car DVR memiliki dimensi 112.4 x 65 x 32.8 mm. Layarnya memiliki lebar 2.7 inci. Salah satu kelebihan dashcam jenis ini adalah posisinya dapat dipindahkan dengan mudah. Media penyimpanannya menggunakan microSD.

Ukuran boleh mungil, namun Anda jangan ragukan lagi kualitasnya. Dashcam ini dilengkapi 1/3 CMOS sensor. Ada pun jenis baterai yang dipakai pada dashcam ini adalah baterai Lithium-ion 500 mAh 3.7 V.

Harga DOD LS430W car DVR ini mencapai 3,3 juta rupiah. Fitur menarik yang ditawarkan pada kamera mobil ini adalah pencatat posisi kendaraan. Adanya fitur tersebut, posisi kendaraan Anda dapat terpantau dengan mudah sehingga mencegah terjadinya hal-hal buruk.

2. Hella DR 530

Hella DR 530 merupakan salah satu dashcam terbaik yang direkomendasikan untuk Anda. Salah satu kelebihan dashcam tersebut adalah memiliki fitur smart gesture sensing. Adanya fitur tersebut dapat merekam Anda saat melambaikan tangan ke sensor yang terdapat di kamera. Harga jual Hella DR 530 adalah sekitar 1,75 juta rupiah.

3. Blackvue DR490-2CH

Dashcam Blackvue DR490-2CH ini termasuk di dalam daftar kamera mobil yang direkomendasikan untuk Anda. Hal ini dikarenakan Anda dapat menjumpai adanya fitur sensor kamera dari Sony STARVIS. Salah satu kelebihan kamera tersebut adalah menghasilkan rekaman yang jelas walaupun pengambilan rekaman dilakukan di malam hari.

Selain itu, Blackvue DR490-2CH juga mampu merekam suara maupun benturan di luar jangkauan kamera. Baterainya pun tahan lama karena kapasitasnya besar. Anda juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengisi ulang dayanya, yaitu selama 40 menit. Dashcam tersebut dipatok dengan harga 2,8 juta rupiah.

4. Philips CVR108

Philips CVR108 merupakan salah satu dashcam terbaik yang direkomendasikan untuk Anda pasang di mobil. Kelebihan merek tersebut adalah terdapat sudut lensa dengan ukuran 130 derajat. Keberadaaan lensa tersebut membuat Anda bisa merekam kejadian dalam jarak yang lebih lebar dan luas.

Anda jangan khawatir karena kamera tersebut memiliki resolusi yang tinggi, yaitu 1080. Hal ini menyebabkan kualitas gambarnya sangat bagus. Selain itu, dilengkapi dengan fitur G-sensor Lock.

Fitur tersebut berfungsi menyimpan data secara otomatis yang ada pada memori. Dengan demikian, video rekaman yang terdapat di dalam memori dashcam Anda tidak akan hilang. Harga dashcam tersebut mencapai 1,4 juta rupiah.

5. Xiaomi 70 Smart Car DVR WiFi 1080P

Xiaomi 70 Smart Car DVR WiFi 1080P merupakan salah satu merek dashcam terbaik yang direkomendasikan untuk Anda. Harga kamera mobil tersebut cukup murah dan terjangkau, yaitu sekitar 498 ribu rupiah. Meski demikian, kualitasnya tidak diragukan lagi dan tetap mewah.

Salah satu kelebihan kamera mobil tersebut adalah memiliki fitur Voice Control. Fungsi fitur tersebut adalah untuk memberikan instruksi lewat suara. Misalnya perintah untuk memfoto, merekam video, mengaktifkan maupu menonaktifkan perekam suara dan Wi-Fi.

Selain itu, adanya fitur Voice Control juga mempermudah Anda untuk mendeteksi saat ada tabrakan. Hal ini dikarenakan fitur tersebut secara otomatis mampu merekam terjadinya insiden saat itu juga.

Anda dapat menjumpai adanya HIGH ISO sensor pada kamera tersebut. Dengan demikian, kamera dashcam mampu merekam full HD walaupun berada di daerah dengan cahaya yang minim.

Kelima jenis dashcam terbaik di atas sangat direkomendasikan untuk Anda pilih. Masing-masing jenis dashcam tersebut dilengkapi dengan fitur menarik yang mempermudah Anda untuk merekam berbagai kejadian dengan kualitas yang bagus. Harga jualnya pun cukup terjangkau.