google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Mengganti Akun Google Chrome di Handphone? Begini Caranya!

Seperti yang kita ketahui bersama, pada umumnya pengguna internet saat ini mempunyai beberapa akun google yang berbeda untuk mengelola data secara terpisah sehingga setiap aktivitas yang perlu dikerjakan bisa berjalan dengan lebih mudah. Tak heran, mengganti akun google chrome pun seolah sudah menjadi suatu rutinitas.

Peramban atau aplikasi pencarian Chrome di handphone untungnya juga mempunyai manajemen akun yang cukup bagus seperti halnya pada versi desktop dimana para pengguna bisa memanfaatkannya untuk melakukan sinkronisasi data ke sejumlah akun secara bergantian.

Oleh karena itu, para pengguna dapat beralih dari akun Google satu ke yang lainnya tanpa perlu merasa khawatir akan melewatkan data-data penting dari peramban Chrome seperti bookmarks, kata sandi situs tersimpan, preferensi, bahkan hingga riwayat penelusuran.

Beruntungnya lagi, fitur manajemen akun di peramban Chrome versi handphone ini pun terbilang mudah untuk digunakan. Pengguna bahkan diperbolehkan untuk bergonta-ganti akun sesuai dengan kebutuhan sebagaimana langkah-langkah berikut.

Cara Mengganti Akun Google Chrome di Handphone

  1. Jalankan aplikasi Chrome di handphone
  2. Ketuk tombol More options (ikon titik tiga) yang ada di pojok kanan atas
    Cara Mengganti Akun Google Chrome di Hp - 1
  3. Masuk ke bagian Settings
    Cara Mengganti Akun Google Chrome di Hp - 2
  4. Ketuk pada akun Google yang tersambung
    Cara Mengganti Akun Google Chrome di Hp - 3
  5. Pilih opsi Sign out and turn off sync
    Cara Mengganti Akun Google Chrome di Hp - 4
  6. Centang opsi Also clear your Chrome data from this device jika menginginkannya (baca keterangan lebih lanjut di bagian bawah supaya tidak salah membuat pilihan)
    Cara Mengganti Akun Google Chrome di Hp - 5
  7. Klik tombol Continue
  8. Dari halaman utama pengaturan, klik pada opsi Turn on sync
    Cara Mengganti Akun Google Chrome di Hp - 6
  9. Ketuk menu pilihan akun
    Cara Mengganti Akun Google Chrome di Hp - 7
  10. Pilih akun yang kamu inginkan
  11. Jika sudah, klik tombol Yes, I’m in
  12. Pilih Combine my data atau Keep my data separate sesuai kebutuhan kamu
    Cara Mengganti Akun Google Chrome di Hp - 8
  13. Ketuk tombol Continue

Perlu sedikit diketahui bahwa apabila pengguna mengaktifkan opsi Also clear your Chrome data from this device saat keluar dari akun Google maka akan membersihkan semua jenis data yang sebelumnya tersimpan di peramban.

Meskipun demikian, para pengguna tak perlu khawatir karena opsi ini tentu saja tidak akan menghapus data-data peramban yang sebelumnya sudah tersinkronisasi ke salah satu akun Google.

Pada langkah selanjutnya, para pengguna pun diizinkan untuk memilih opsi Keep my data separate saat masuk ke akun Google baru yang bertujuan untuk menghapus data yang masih tersimpan di peramban jika lupa memilih opsi tersebut.

Namun apabila justru ingin menggabungkannya, pengguna tentu harus melewatkan opsi Also clear your Chrome data from this device saat keluar dari akun lama dan memilih opsi Combine my data pada saat masuk lagi dengan akun Google yang baru.

Dengan demikian, para pengguna pun tetap dapat menggunakan data-data dari penelusuran yang telah tersimpan sebelumnya dengan akun baru bahkan ketika melakukannya melalui peramban Chrome di perangkat yang berbeda.

Walau bagaimanapun, perlu diingat bahwa mengganti akun di Chrome tentunya juga akan mengubah opsi sinkronisasinya. Oleh karena itu, ada baiknya para pengguna dapat memanfaatkan manajemen akun ini untuk melanjutkan berbagai macam aktivitas di perangkat lain dengan data yang tetap terpisah jika diperlukan.

Nah, itu tadi adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan bagi pengguna smartphone dengan beberapa akun google dan ingin mengganti akun google chrome di aplikasi Chrome versi seluler. Yang terpenting dalam memiliki sebuah akun adalah menjaga kata kunci atau password setiap akun sebaik mungkin sehingga kerahasiaan data ataupun informasi di dalamnya tidak sampai berpindah ke pihak yang tidak bertanggung jawab.