google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Menggunakan Apple Airpods di Android? Bisa Kok!

Seperti kita ketahui, perusahaan gadget asal Amerika, Apple juga mempunyai peranti audio nirkabel yang diberi nama AirPods untuk melengkapi ekosistem yang dikembangkannya selain perangkat berbentuk handphone, tablet, dan komputer atau laptop. Mengingat Apple yang telah dikenal dengan produk eksklusifnya, banyak yang menyangsikan kemampuan untuk menghubungkan Apple Airpods di Android.

Sejatinya, dengan menggunakan peranti ini, para pengguna dapat mendengarkan musik dengan cara yang lebih nyaman, membuat atau menerima panggilan telepon pada perangkat yang terhubung, hingga mengakses asisten digital Siri untuk melakukan berbagai hal yang diperintahkan.

AirPods keluaran Apple sendiri dihadirkan dengan beberapa fitur mutakhir seperti Active Noise Cancellation alias ANC (khusus versi Pro dan Max), opsi untuk memutar musik secara otomatis ketika dikenakan atau menjedanya saat dilepas, serta beralih dari perangkat satu ke yang lain secara otomatis.

Bisakah Menghubungkan Apple AirPods di Android?

Walaupun dirancang agar dapat melengkapi ekosistem buatan Apple, AirPods ternyata juga mendukung perangkat non-Apple. Artinya, para pengguna handphone atau tablet Android bahkan bisa menggunakannya seperti halnya peranti audio nirkabel secara umum.

Hanya saja, ada sejumlah catatan yang perlu diperhatikan pada saat menggunakan AirPods untuk perangkat non-Apple. Yang mana salah satu di antaranya, pengguna akan kehilangan sejumlah fitur ajaib dari peranti yang satu ini.

Sejumlah fitur yang hilang tersebut termasuk di antaranya meliputi pairing cepat, penjeda musik otomatis, maupun indikator pengecekan baterai untuk peranti itu sendiri. Bahkan pada beberapa perangkat Android, fungsi active noise cancellation dari AirPods Pro pun tak akan bekerja alias tidak aktif.

Saat Apple Airpods dipasangkan ke perangkat lain, dukungan terhadap Siri juga akan ikut nonaktif. Para pengguna bahkan tidak akan menemukan alternatif untuk hal tersebut karena AirPods juga tidak mendukung untuk asisten digital selain Siri, termasuk Google Assistant.

Kabar baiknya, beberapa fitur standar seperti kontrol untuk pemutar musik masih tersedia. Disamping itu, para pengguna pun dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengatasi beberapa dukungan yang hilang, misalnya AirBattery untuk menampilkan indikator baterai dan mengaktifkan penjeda musik otomatis (khususnya Spotify).

Untuk dapat menghubungkan AirPods dengan perangkat Android pun mudah untuk dilakukan. Secara lebih detail, para pengguna dapat mengikuti beberapa langkah berikut jika ingin melakukannya.

Cara Menghubungkan AirPods ke Perangkat Android

  • Akses halaman pengaturan Bluetooth (tarik panel notifikasi dan tekan ikonnya selama beberapa saat)
  • Nyalakan Bluetooth dengan mengetuk tombol yang sesuai
  • Buka kotak pengisian AirPods
  • Dekatkan ke perangkat yang akan dihubungkan
  • Tekan tombol kecil di belakang kotak pengisian sampai lampu indikator berkedip-kedip putih (mode pairing aktif)
  • Tunggu sampai perangkat Android menemukan AirPods
  • Cari AirPods pada menu pairing Android
  • Klik nama AirPods yang dimaksud untuk menghubungkannya

Secara khusus bagi pengguna Apple irPods Max, mode pairing tersebut dapat dilakukan dengan cara melepas perangkat dari smart case kemudian menekan tombol noise control hingga lampu indikator di tempat penyimpanan sebelah kanan berkedip-kedip.

Setelah berhasil menghubungkannya, maka para pengguna pun bisa memakai Apple AirPods selayaknya peranti audio nirkabel lain. Koneksi di antara keduanya pun akan tersambung atau terputus secara otomatis ketika perangkat Apple ini dilepas atau dimasukkan ke dalam kotak pengisian.

Selain itu, jika handphone Android yang dipakai telah mendukung opsi pengisian balik nirkabel (reverse wireless charging), para pengguna juga bisa memanfaatkannya untuk mengisi daya AirPods dengan menggunakan metode yang sesuai.