google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Menghapus Draft Instagram Dengan Mudah, Yuk!

menghapus draft instagram
Source : http://www.pinterest.com

Mungkin tidak banyak dari kamu yang menyadari adanya fitur Draft pada aplikasi sosial media Instagram. Hampir serupa dengan menu Draft pada layanan surat elektronik, draft pada Instagram akan terisi apabila penggunanya membatalkan mengunggah konten apa pun, baik foto atau video ke akun Instagram mereka. Tahukah kamu, cara untuk menghapus draft Instagram dari akun kamu?

Pada dasarnya, keberadaan fitur Draft pada Instagram dimaksudkan agar pengguna masih dapat mengakses kembali konten yang sempat tidak jadi di upload, entah untuk diedit atau diunggah. Akan tetapi, banyaknya jumlah draft konten di dalam aplikasi akan mengganggu kenyamanan pada saat pengguna akan mengunggah foto maupun video baru. Sebab biasanya Instagram akan memunculkan draft konten pada menu pengunggahan foto dan video.

Nah, untuk menghapus secara permanen draft konten pada aplikasi Instagram milikmu, tidak terlalu sulit kok. Kamu bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini, ya.

Cara Menghapus Draft Instagram

  • Langkah awal, buka aplikasi Instagram yang ada di smartphone kamu
  • Ketika masuk ke halaman utama aplikasi, pilih tombol New Post yang berikon + pada bagian bawah layar
  • Setelah itu, kamu akan melihat menu Drafts
  • Pilih menu Drafts tersebut untuk menampilkan konten yang telah tersimpan dan tidak jadi diunggah
  • Berikutnya, pilih menu Manage yang ada di bagian kanan
  • Pilih opsi Edit yang berikon pensil pada bagian kanan atas
  • Kemudian, kamu akan dihadapkan pada halaman Discard dan akan diminta untuk memilih draft konten mana yang akan dihapus secara permanen
  • Setelah memilih draft, maka sentuh tombol Accept yang berikon centang pada bagian kanan atas layar
  • Nah, draft konten yang kamu pilih pun akan terhapus

Secara otomatis, apabila kamu sudah menghapus suatu draft, makan draft tersebut tidak akan muncul kembali di aplikasi Instagram secara permanen ya. Jadi ada baiknya untuk mempertimbangkannya terlebih dahulu apakah akan menghapus draft atau tidak sebab terkadang draft pun bisa jadi berguna pada waktu tertentu.

Sementara itu, apabila kamu ingin mencegah agar draft tidak dibuat dan akan memenuhi aplikasi Instagram di smartphone kamu, maka langkah-langkah berikut ini bisa kamu coba

Mencegah Draft Instagram Muncul

Setelah membuka aplikasi Instagram, kamu akan menemukan halaman New Post dimana kamu dapat memasukkan caption, memberikan tag kepada akun lainnya, menambahkan lokasi saat ini, dan lainnya saat ingin mengunggah suatu konten. Pada halaman ini, pilih tombol Back berikon panah ke kiri sebanyak dua kali hingga akan muncul kotak dialog bertuliskan Save as Draft.

Pada kotak dialog tersebut, pastikan kamu tidak memilih opsi Save Draft melainkan pilih Discard agar membuang konten yang belum terunggah tadi. Dengan begitu, secara otomatis unggahan tadi akan langsung dihapus tanpa disimpan sebagai draft sama sekali. Tentu saja, ini berarti kamu tidak bisa melihatnya kembali jika sewaktu-waktu terpikir untuk mengunggahnya.

Pada dasarnya, fitur draft diciptakan oleh pengembang aplikasi Instagram untuk memudahkan para penggunanya ketika ingin menyimpan terlebih dahulu status maupun konten foto dan video yang tidak jadi diunggah pada waktu tersebut agar di lain waktu masih dapat diedit dan diunggah kembali ketika waktunya dirasa sudah tepat.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai langkah-langkah untuk menghapus draft konten dari aplikasi Instagram di smartphone kamu. Setiap fitur tentu diciptakan untuk maksud tertentu, namun apabila kamu merasa terganggu dengan keberadaannya, silakan mencoba langkah-langkah di atas ya agar kamu tidak lagi terusik oleh konten-konten yang tersimpan di dalam Draft.