google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Mengirim Foto Sekali Lihat di Whatsapp, Begini Caranya

Barangkali ada diantara kita sebagai pengguna layanan berbagi pesan Whatsapp, yang ingin mengirimkan pesan berupa gambar maupun video dimana pesan itu tidak dapat diakses ulang dan disebarluaskan oleh si penerima. Saat ini, fitur tersebut telah tersedia pada layanan Whatsapp versi terbaru, dimana pengguna bisa mengirim foto sekali lihat yang disebut dengan istilah View Once. Ingin menjajal fitur terbaru ini?

Aplikasi Whatsapp yang berada di bawah naungan Facebook, saat ini tengah menjelma sebagai aplikasi chat dengan fitur beragam yang bisa membantu penggunanya untuk berkomunikasi secara interaktif.

Jika semula WhatsApp hanya sebatas sarana untuk melakukan chat antar pengguna secara langsung dan cepat, akan tetapi seiring berjalannya waktu, WhatsApp sendiri semakin memperluas fitur-fiturnya mulai dari kehadiran Video Call, WhatsApp Story, hingga yang terbaru, View Once.

View Once sendiri sejatinya adalah fitur baru dari WhatsApp yang memungkinkan penggunanya untuk bisa mengirimkan pesan berupa foto ataupun video yang hanya dapat dilihat sekali saja oleh penerima pesan. Setelah foto atau video tersebut dilihat, maka secara otomatis pesan tidak akan dapat dibuka lagi karena akan menghilang.

Dilihat dari cara kerjanya, fitur View Once tepat bagi pengguna yang ingin menjaga kerahasiaan sebuah foto atau video yang dikirimkan sebab keutamaan fitur ini adalah menampilkan gambar atau video sekali lihat saja untuk penerima. Disamping itu, foto atau video tersebut juga tidak akan tersimpan di handphone sehingga tentu saja akan menghemat kapasitas penyimpanan.

Agar dapat menikmati fitur View Once ini, tentu saja aplikasi WhatsApp di perangkat pengguna harus masuk ke versi terbaru. Sedangkan untuk cara mengirimkan pesan dengan menggunakan fitur View Once dapat dilakukan sebagai berikut.

Mengirim Foto atau Video Sekali Lihat di WhatsApp

  • Buka aplikasi Whatsapp lalu masuk pada halaman utama Chats
  • Scroll halaman untuk mencari pengguna ataupun grup yang akan dikirimkan pesan View Once
  • Kemudian, pilih menu Attachment yang berlambang Paper Clip pada kotak input pesan di bagian kanan bawah
  • Begitu muncul kotak dialog, pilih opsi Gallery
  • Disini kamu bisa memilih foto atau video yang akan dikirimkan
  • Setelah itu, kamu akan dihadapkan pada halaman penambahan Caption
  • Pada kotak input pesan, sentuh tombol View Once berupa ikon angka 1 di dalam lingkaran
  • Lanjutkan dengan mengirim foto atau video dengan menekan tombol Send yang berikon Panah ke kanan

Pada saat pesan View Once atau sekali lihat itu terkirim, maka akan memunculkan ikon angka 1 di dalam lingkaran disertai dengan tulisan Photo atau Video, tergantung berkas yang dikirimkan. Meski demikian, pesan yang dikirimkan tidak akan ditampilkan pada halaman Chat.

Sementara itu, penerima akan melihat pesan masuk dengan ikon panah ke bawah di dalam lingkaran ditambah tulisan Photo atau Video untuk kemudian bisa diunduh dengan cara menekannya. Tulisan pada pesan tersebut lalu akan berubah menjadi ikon angka 1 di dalam lingkaran disertai tulisan Photo atau Video yang artinya sudah dapat dilihat.

Begitu foto atau video tersebut telah dilihat oleh penerima, nantinya tulisan pesan yang berada di kolom Chat akan berubah menjadi ikon lingkaran ditambah tulisan Opened dalam warna abu-abu. Simbol ini menandakan bahwa pesan telah dilihat dan tidak dapat dibuka kembali untuk kedua kalinya.

Melihat dari cara kerjanya, fitur pesan sekali lihat atau View Once ini sangat bermanfaat, khususnya apabila kita ingin mengirimkan file berupa foto maupun video yang bersifat rahasia dan tidak ingin diketahui orang lain selain pengirim dan penerima pesan saja. Namun demikian, foto maupun video yang dikirimkan dengan fitur ini masih dapat disimpan dengan cara menangkap layar (screenshot) yang mana dimiliki oleh hampir semua tipe smartphone saat ini.