google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Mike Maignan Resmi Jadi Kiper Baru AC Milan

Mike Maignan
AC Milan resmi selesaikan proses kepindahan Mike Maignan dari Lille.

cr photo: Roma Press

AC Milan belum lama ini resmi memperkenalkan sosok Mike Maignan sebagai penjaga gawang baru mereka. Penjaga gawang asal Prancis ini menjadi rekrutan pertama Rossoneri di bursa transfer musim panas tahun ini. Milan mendatangkan Maignan dari klub juara Ligue 1 2020-2021, yaitu LOSC Lille. Maignan sendiri kemungkinan besar akan menjadi penjaga gawang nomer satu AC Milan mulai musim depan.

Keputusan Milan mendatangkan kiper baru ini tak terlepas dari hampir dipastikannya kiper utama mereka, yaitu Gianluigi Donnarumma hengkang di akhir musim ini. Kiper muda Italia tersebut memang sudah terus dikabarkan ingin pergi dari Milan sejak musim lalu. Akan tetapi karena belum ada tim yang serius mendekati Donnarumma, membuat sang kiper tetap bertahan. Kini saat kontraknya hampir habis, Donnarumma memutuskan untuk pergi dari AC Milan. Donnarumma sendiri pergi setelah berhasil membawa kembali AC Milan berlaga di Liga Champions musim depan.

Perginya Donnarumma jelas sekali akan membuat kekosongan besar di pos penjaga gawang. Apalagi Milan sendiri tak memiliki kiper pelapis yang sepadan. Tak mengherankan di awal awal masa bursa transfer musim panas ini Milan memilih untuk mendatangkan kiper terlebih dahulu. Sampai pada akhirnya lewat proses negosiasi yang cukup mulus, Milan sukses mendapatkan Mike Maignan dari Lille. Kiper berkebangsaan Prancis itu juga sudah diperkenalkan oleh Milan sebagai pemain baru mereka. Selanjutnya Maignan akan mengenakan nomer punggung 16 bersama Milan.

Kontrak Maignan Berasama AC Milan

Salah satu faktor yang membuat Maignan tak berpikir dua kali saat ditawar Milan adalah karena sang raksasa Italia itu menawarkan kontrak jangka panjang untuknya. Kontrak jangka panjang akan memberikan Maignan keleluasaan untuk beradaptasi. Apalagi posisi Maignan sendiri di Milan untuk menggantikan seorang Donnarumma yang sudah dalam beberapa tahun terakhir sangat tak tergantikan di bawah gawang Il Diavolo Rossi.

Bersama Milan, Maignan mendapat kontrak hingga lima tahun ke depan atau sampai dengan tahun 2026. Transfer ini sendiri bisa dikatakan transfer cermat yang dilakukan oleh Milan. Pasalnya, mereka tak perlu mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan Maignan. Diketahui Milan hanya perlu mengeluarkan dana sebesar 13 juta euro untuk kiper yang tampil sangat baik musim ini bersama Lille di ajang Ligue 1. Akan tetapi jumlah tersebut belum termasuk bonus bonus yang akan diberikan Milan. Walau demikian, sosok Maignan diketahui sangat menghemat keuangan klub. Ini dikarenakan gaji sang pemain tak terlalu tinggi apabila dibandingkan dengan gaji Donnarumma.

Performa Apik Mike Maignan Bersama Lille

Selain karena harganya yang sangat terjangkau, alasan Milan mendatangkan Maignan tentu saja karena kualitas yang ia miliki. Sosok Maignan sendiri musim ini memang tampil sangat apik bersama klub Liga Prancis, LOSC Lille. Ia merupakan pemain utama yang bermain full 38 kali di ajang Liga Prancis musim ini dengan save rate penalti yang ia catatkan mencapai 50 persen. Selain itu Maignan juga miliki statistik apik lainnya di Ligue 1, di mana dari 38 laga ia hanya kebobolan 23 kali dan berhasil mencatatkan 21 kali cleansheet. Jumlah cleansheet yang ia buat bahkan menjadi yang terbanyak di Prancis dan masuk top 3 di Eropa. Penampilan solidnya tersebut sukses membantu Lille merusak dominasi PSG dengan menjadi juara Ligue 1 di musim 2020-2021 ini.

Maignan sendiri sebenarnya bukanlah kiper yang asing dengan atmosfer klub besar. Pasalnya sebelum berkostum Lille, Magnan pernah membela Paris Saint-Germain. Meskipun penjaga gawang berusia 25 tahun tersebut tak menjadi pilihan utama di PSG. Namun kondisi itu kemungkinan akan membantu proses adaptasi Maignan di Milan.