Mikel Arteta Tak Tutup Kemungkinan Jika Kylian Mbappe ke Arsenal

Kylian Mbappe
Kylian Mbappe dikaitkan dengan Arsenal, Mikel Arteta beri respon.

cr photo: Football Espana.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta menyatakan bahwa ia tak akan menolak bila memang Arsenal akan mendatangkan Kylian Mbappe ke Emirates Stadium. Sosok Kylian Mbappe sendiri merupakan salah satu pemain terbaik di dunia saat ini, dan beberapa waktu lalu sosoknya memastikan diri bahwa ia akan meninggalkan PSG musim panas ini dengan status bebas transfer. Terkait hal ini, Arsenal dikabarkan menjadi salah satu klub yang juga masih miliki peluang dapatkan jasa seorang Mbappe. Mikel Arteta selaku pelatih tim berjuluk The Gunners tersebut pun mengakui akan antusias jika memang klubnya bisa mendaratkan Kapten Timnas Prancis tersebut.

Media beberapa waktu belakangan ini cukup diramaikan dengan kabar yang menyebut bahwa Kylian Mbappe akan meninggalkan PSG musim panas nanti. Kontrak sang pemain dengan kubu Les Parisiens sendiri memang akan selesai di akhir musim 2023-2024, dan sampai dengan saat ini pihak PSG pun tak bisa memberikannya perpanjangan kontrak usai keputusan dibuat Mbappe yang akan menyelesaikan masa pengabdiannya bersama PSG. Setelah kabar akan hengkangnya ia dari PSG, sejumlah klub besar Eropa langsung antri.

Real Madrid sejauh ini masih ungguli pesaing pesaingnya, wajar karena mereka adalah peminat setia Mbappe sejak beberapa tahun lalu. Florentino Perez selaku Presiden El Real pun dikabarkan sudah berkontak dengam Mbappe langsung untuk membahas hal tersebut. Akan tetapi meski terdepan, Madrid bukan satu satunya klub yang inginkan pemain didikan akademi AS Monaco tersebut. Selain mereka, di Inggris ada Arsenal yang juga menaruh hasrat untuk merekrut Mbappe dan menjadikannya The Next Thierry Henry.

Arteta Tak Keberatan

Rumor ketertarikan Arsenal kepada Mbappe ini bahkan sudah diketahui oleh pelatih mereka sendiri, yaitu Mikel Arteta. Dalam satu kesempatan, Arteta memberikan responnya terkait kemungkinan The Gunners memboyong seorang Mbappe ke Emirates. Pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut mengaku tidak keberatan, bahkan akan senang jika memang Arsenal bisa mendapatkan pemain seperti Mbappe.

Menurut Arteta, Mbappe sendiri merupakan pemain yang mampu mengubah situasi dan memberikan dampak bagus bagi tim. Ketajamannya di depan akan memberikan sesuatu yang menjanjikan jika memang sukses direkrut Arsenal. Akan tetapi Arteta sendiri mengaku bahwa semua kembali lagi tergantung keputusan manajemen, karena urusan jual-beli pemain bukanlah ranah yang bisa terlalu jauh dicampurinya.

Walaupun tertarik, Arsenal agaknya harus menyiapkan kocek dalam dalam untuk bisa mengontrak pemenang Piala Dunia 2018 bersama Timnas Prancis tersebut. Pasalnya, meski statusnya adalah bebas transfer dengan biaya transfer yang sudah pasti 0, Mbappe jelas akan meminta gaji selangit. Belum lagi ia juga akan meminta beberapa bonus lantaran statusnya yang free agent.

Komentar Mikel Arteta

“Apakah Arsenal akan tertarik kepada Kylian Mbappe? Yah kenapa tidak? Bila kami memang mau mempunyai skuad terbaik, maka kami sangat memerlukan pemain-pemain terbaik juga yang memiliki talenta luar biasa.” ujar Arteta dalam sebuah sesi konfrensi pers dilansir dari ArsenalFC.

“Saya sendiri tentunya tidak terlibat dalam proses negosiasi apapun, karena itu merupakan tugas Edu dan juga para pemilik klub ini. Sampai dengan tahap akhir pun saya tak akan terlibat dengan kegiatan negosiasi apapun.” tambahnya.

Saat ini Arsenal masih bersaing memperebutkan gelar juara Liga Inggris musim 2023-2024. Mereka duduk di posisi 3 klasemen hanya terpaut dua poin saja dari Manchester City yang duduk di puncak klasemen, serta Liverpool yang mengisi posisi 2 klasemen.