Mikel Arteta Ungkap Kunci Arsenal Bisa Redam Man City di Etihad

Mikel Arteta
Arsenal bisa tahan Man City di Etihad, Mikel Arteta sumringah.

cr photo: Yardbreaker.

Kesebelasan Arsenal sukses menahan seri Manchester City di Etihad Stadium, Mikel Arteta pun memuji anak-anak asuhnya dan mengungkapkan kunci keberhasilannya meredam sang juara bertahan di Etihad Stadium. Pada lanjutan pertandingan pekan ke-30 ajang Liga Premier Inggris, Arsenal dan Manchester City bertemu untuk memperebutkan posisi puncak klasemen. Namun kedua tim sama sama tak bisa melesakkan satupun gol sehingga laga ini selesai dengan kedudukan imbang saja 0-0. Mikel Arteta selaku pelatih Arsenal nampak cukup puas dengan hasil akhir laga meski ia juga menyesalkan mengapa skuad asuhannya tak bisa membuat gol di laga krusial ini.

Partai super seru menghadirkan duel antara dua tim yang tengah dalam persaingan menuju gelar juara EPL, yaitu Manchester City melawan Arsenal. Pada pertandingan kali ini, The Cityzens menjadi tim tuan rumah dan tentu saja mereka memburu kemenangan demi mendapatkan poin penuh di game ini. Meskipun mampu tampil dominana dengan penguasaan bola di atas 70 persen, sayang sekali City sama sekali tak diberikan kans mencetak gol. Untung mereka juga bisa berhasil menjaga gawangnya, sehingga duel berakhir dengan skor imbang saja 0-0.

Raihan seri ini tentunya bukan merupakan hasil bagus bagi Manchester City karena kini mereka duduk di posisi 3 klasemen sementara Liga Inggris dengan poin 64 terpaut 3 poin dengan Liverpool yang memuncaki klasemen. Sedangkan bagi Arsenal, meski tak menang namun hasil seri di Etihad ini bukanlah hasil buruk bagi mereka. The Gunners sukses bertahan di posisi 2 klasemen hanya kalah 2 poin dari Liverpool di puncak klasemen, yang di laga lainnya mereka bisa memenangkan laga atas tim tangguh, yaitu Brighton.

Senang dengan Hasil Akhir

Seusai pertandingan ini, Mikel Arteta mengakui bahwa dirinya cukup senang dengan apa yang ditunjukkan anak-anak asuhannya dan hasil yang mereka raih juga walaupun bukanlah sebuah hasil maksimal. Kemudian Arteta juga menambahkan bahwa meski demikian masih perlu sekali ada perubahan dan perbaikan yang dilakukan demi bisa terus menjaga kualitas permainannya secara konsisten ke depannya.

Arteta menilai anak-anak asuhannya bermain sangat baik dengan berani memberikan tekanan yang tak kalah berat bagi skuad asuhan Pep Guardiola di game kali ini. Itulah yang agaknya menjad salah satu faktor keberhasilan Arsenal bisa menahan seri The Cityzens. Kendati demikian, pelatih asal Spanyol tersebut tetap menuntut agar anak-anak asuhannya bisa menyelesaikan masalah yang ada kemudian membuat mereka bisa meraih hasil lebih baik.

Tanggapan Mikel Arteta

“Ini pertandingan yang begitu kompetitif, seperti yang bisa kalian bayangkan. Kami sudah membuat langkah besar usai laga ini. Mereka selalu punya kemampuan untuk merubah formasi dan membuat tim lawan bertahan sangat dalam. Mereka juga mengandalkan fisik, tetapi saya rasa skuad kami bisa meladeninya dengan baik. Ini situasi yang baik bagi kami, karena bisa bermain agresif, cara kami bermain sangat fenomenal.” kata Arteta dilansir dari BBC Sport.

“Secara kualitas individu kalian sendiri tentu butuh dalam kondisi yang terbaik. Saya merasa ini adalah kali pertama mereka gagal membuat gol di Etihad sejak tahun 2021 lalu. Ini merupakan ujian yang berat bagi kami, tetapi kami mau menang walau akhirnya tak bisa menang. Yang jelas kita memang tak mau kalah.” lanjut Arteta.

“Tentu dengan hasil ini sulit untuk sepenuhnya bahagia. Kami sudah memainkan laga degan cara yang menakjubkan dan di bagian lain kami bisa bermain lebih baik lagi, khususnya saat alirkan bola di area sepertiga akhir lawan. Kami juga miliki momen berharga yang sebenarnya bisa membantu kami memenangkan laga.” pungkasnya.