google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

MU Berniat Pulangkan Sam Johnstone ke Old Trafford

Sam Johnstone
Punya presentase penyelamatan tinggi, Sam Johnstone diincar Manchester United.

cr photo: Team Talk

Manchester United belakangan ini dikabarkan berniat untuk memulangkan mantan penjag gawang mereka, yaitu Sam Johnstone ke Old Trafford. Kiper muda berkebangsaan Inggris itu belakangan bermain apik bersama West Bromwich Albion. Di sisi lain, United sendiri memang sedang berniat untuk mendatangkan satu kiper berkualitas. Ini sehubungan dengan kian menurunnya performa David de Gea di bawah mistar gawang. MU sendiri sempat mengincar beberapa nama top, tetapi target paling realistis yang bisa dijangkau manajemen dinilai hanyalah Sam Johnstone.

Kesebelasan Manchester United dikabarkan sedang berburu kiper baru untuk menjadi tandem Dean Henderson musim depan. Kiper asal Inggris itu memang belum lama ini ditasbihkan sebagai kiper utama Manchester United untuk musim depan. Henderson sukses menggeser posisi David de Gea yang sudah berdiri kokoh di bawah mistar MU sekitar 10 tahun. Tak mengherankan posisi De Gea pada akhirnya tergusur apabila melihat peforma kiper asal Spanyol beberapa waktu belakangan ini.

Di sisa musim ini menurunnya pefroma De Gea bahkan mengakibatkan dirinya mesti berbagi posisi kiper utama MU dengan Henderson. Puncaknya terjadi di final Liga Europa lalu menghadapi Villarreal. Pada pertandingan tersebut, Manchester United kalah dari Villarreal lewat drama adu penalti yang berkesudahan dengan skor 11-10. Meskipun kekalahan MU di laga itu bukan sepenuhnya salah De Gea, tetapi kegagalannya menangkap satupun tendangan penalti pemain The Yellow Submarine menjadikan De Gea sedikit kehilangan kepercayaan dari para supporter. Musim panas ini pun berhembus rumor bahwa MU akan menjual De Gea.

Sosok De Gea sendiri memang sebenarnya merupakan salah satu pemain yang terbilang senior di kubu MU saat ini. Dirinya adalah satu dari dua pemain tersisa yang masih bertahan sejak MU masih dilatih sosok legendarisnya, yaitu Sir Alex Ferguson. Tak ayal beberapa orang menilai inilah waktunya De Gea pergi untuk memberikan ruang regenerasi di posisi penjaga gawang.

Manchester United Incar Sam Johnstone

Sebagai pengganti De Gea, Manchester United sebenarnya sudah mengantongi beberapa nama. Dua yang paling dijagokan merapat adalah Jan Oblak dari Atletico Madrid, dan Gianluigi Donnarumma dari AC Milan. Akan tetapi untuk mendapatkan dua pemain itu, effort yang dikeluarkan United dinilai harus sangat maksimal. Pasalnya, dua kiper top itu juga diminati klub klub besar lainnya di bursa transfer ini.

Manajemen pun akhirnya mencari sosok alternatif, yang kemudian pilihannya jatuh ke seorang kiper bernama Sam Johnstone. Walau namanya asing di telinga pecinta sepakbola, tetapi bagi fans Manchester United, Johstone bukanlah sosok yang asing. Pemain berkebangsaan Inggris itu adalah pemain jebolan akademi Manchester United. Namanya bahkan sempat beberapa kali duduk di bench, meski sayangnya tak sama sekali mendapatkan debutnya di tim senior.

Saat ini Johnstone masih menjadi pemain West Bromwich Albion. Musim 2020-2021 menjadi panggung bagi Johnstone tunjukkan kualitasnya. Walau hanya bermain di tim semenjana, namun ia sukses mencatatkan presentase penyelamatan yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari kiper kiper kenamaan EPL. Tak mengherankan bila MU pada akhirnya naksir dan bermaksud membawanya kembali ke Old Trafford.

Usia Johnstone sendiri saat ini sudah menginjak usia 28 tahun. Dengan kapasitasnya, Johnstone dinilai akan jadi pesaing yang bagus untuk Dean Henderson di bawah gawang MU. Apabila memang berniat mendatangkan Johstone, MU hanya perlu merogoh kocek sebesar 20 juta pounds. Peluang United cukup terbuka, karena Johnstone sendiri tengah mencari tim baru setelah West Brom terdegradasi ke dividi Championship musim depan.