google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Napoli Tunjuk Luciano Spalletti Sebagai Pelatih Barunya

Luciano Spalletti
Napoli resmi menunjuk Luciano Spalletti sebagai pelatih baru mulai musim depan.

cr photo: CTGN

Sempat terjadi kekosongan di kuris kepelatihan, Napoli belum lama ini menunjuk Luciano Spalletti sebagai pelatih baru mereka mulai musim depan. Belum lama ini seperti yang diketahui, Napoli baru saja memecat pelatih mereka, yaitu Gennaro Gattuso. Sempat tak memiliki pelatih, Napoli berusaha mencari pengganti ideal untuk memimpin tim musim depan. Sampai pada akhirnya nama Luciano Spalletti dipilih untuk menjadi Nahkoda anyar Napoli mulai musim depan. Spalletti sendiri akhirnya kembali melatih usai menganggur kurang lebih dua tahun setelah terakhir kali dicopot jabatannya dari kursi kepelatihan Inter Milan di tahun 2019 lalu.

Napoli sendiri seperti yang diketahui baru saja memecat pelatih kepala mereka, yakni Gennaro Gattuso. Pria yang terkenal tempramental tersebut terpaksa dicopot jabatannya usai gagal membawa Napoli finish di posisi 4 besar musim ini. Nasib Napoli sendiri cukup sial terutama di laga terakhir Liga Italia musim ini. Di mana mereka hanya tinggal selangkah lagi lolos ke Liga Champions.

Menempati posisi 4 klasemen, Napoli wajib menang di pekan terakhir untuk memaksa Juventus ke Liga Europa. Namun kenyataannya di pekan terakhir mereka malah ditahan imbang oleh tim sekaliber Hellas Verona. Alhasil di klasemen akhir Napoli harus puas hanya menempati posisi 5 klasemen digeser Juve yang malah menang di pekan terakhir. Finish di posisi 5 klasemen membuat mereka hanya akan berlaga di Liga Europa musim depan.

Kekecewaan inilah yang membuat manajemen pada akhirnya meminta Gattuso mundur. Kemudian mereka memilih sosok Luciano Spalletti yang akan memimpin tim mulai musim depan. Pengumuman soal penunjukkan Spalletti ini dilakukan Napoli lewat laman resmi klub, serta akun sosial media klub tepat di hari Sabtu (29/5/2021) kemarin. Manajemen Il Partenopei menunjuk Spalletti sebagai pelatih dengan kontrak berdurasi dua tahun.

Luciano Spalletti Sosok Sarat Pengalaman

Nama Spalletti sendiri jelas bukanlah sosok asing bagi pecinta sepakbola Italia. Sebelum kini menjadi pelatih Napoli, ia sudah pernah menjadi pelatih beberapa klub di Italia. Inter Milan dan AS Roma merupakan dua tim besar yang pernah dilatih oleh manajer berkebangsaan Italia itu. Selain itu, beberapa klub lain yang pernah dilatih Spalletti diantaranya adalah Sampdoria, Udinese, Empoli, Venezia, dan Ancona. Spalletti juga pernah merantau ke tanah Rusia dengan menjadi pelatih Zenit St. Petersburg dengan total memberikan 4 gelar.

Sebelum ini terakhir kali Spalletti menukangi sebuah tim adalah di musim 2018-2019 kala itu tim yang ia latih adalah Inter Milan. Spalletti sayangnya memang gagal memberikan gelar kepada Inter selama dua musim ia melatih Nerazzuri. Prestasinya hanya membawa Inter Milan dua musim berturut turut finish di posisi 4 besar klasemen sebelum akhirnya ia dipecat pada bulan Mei 2019.

Disambut Hangat Presiden Napoli

Kedatangan Spalletti ini tetap mendapat sambutan hangat dari sang Presiden Klub Napoli, Aurelio de Laurentis. Dirinya mengaku gembira bisa mendatangkan Spalletti sebagai pelatih Napoli mulai musim depan. Dengan pengalamannya yang segudang, jajaran manajemen klub mengharapkan Spalletti bisa bekerja dengan baik dan mendatangkan prestasi untuk Napoli. Di musim perdananya, kemungkinan Spalletti tak akan dibebani target besar. Finish 4 besar di Serie A dan menjuarai Liga Europa diprediksi menjadi dua target utama Napoli musim depan.

“Saya dengan senang hati memberitahukan bahwa Luciano Spalletti akan menjadi pelatih baru Napoli mulai tanggal 1 Juli nanti. Selamat datang Luciano, kita akan bersama sama bekerja dengan baik.” ujar Presiden Napoli dilansir dari laman BolaNet.