Nations League: Austria Sukses Permalukan Kroasia

Kroasia vs Austria
Debut Ralf Rangnick berhasil bawa Timnas Austria menang atas Kroasia di ajang UEFA Nations League.

cr photo: ESPN.

Pertandingan menarik pertemukan Timnas Austria dengan Timnas Kroasia dalam laga matchday perdana ajang UEFA Nations League. Pada duel ini, Timnas Austria bertindak sebagai tim tamu, namun di luar dugaan memang Austria yang diasuh pelatih baru, yaitu Ralf Rangnick bisa bermain cukup atraktif. Kroasia sepanjang laga benar benar berada dalam kesuliyan luar biasa. Lewat perjuangan keras, pada akhirnya kemenangan pun jadi milik Timnas Austria dengan skor akhir cukup meyakinkan, yaitu 0-3.

Tiga gol sukses disarangkan oleh Timnas Austria yang sekaligus menjadi penentu kemenangan mereka pada pertandingan kali ini. Ketiga gol tersebut masing masing dicetak oleh, Marko Arnautovoc, Michael Gregoritsch, dan juga Marcel Sabitzer. Secara penguasaan bola sebenarnya Austria sama sekali tak bisa mengungguli tim tuan rumah. Namun dalam urusan penciptaan peluang, mereka lebih baik. Tampil efisien, Austria pun sukses membuat Kroasia malu di hadapan pendukungnya sendiri.

Kemenangan ini berhasil memberikan Timnas Austria tambahan tiga poin yang membawa mereka ke posisi puncak klasemen sementara Liga A Grup 1. Austria memimpin klasemen mengungguli Denmark yang di laga lain juga berhasil meraih kemenangan. Skuad asuhan Ralf Rangnick berhasil mengoleksi 3 poin dari 1 laga dengan unggul selisih gol dari runner-up grup. Sedangkan bagi Kroasia, kekalahan ini membuat mereka berada di posisi dasar klasemen dengan koleksi poin yang masih 0.

Rangkuman Pertandingan

Partai antara Tim Kuda Hitam Eropa hadir saat Timnas Kroasia menjamu Timnas Austria di laga Liga A Grup 1 UEFA Nations League musim 2022. Ini merupakan partai yang cukup spesial bagi Timnas Austria karena merupakan laga debut untuk pelatih mereka, Ralf Rangnick, yang merupakan eks manajer interim Manchester United. Di awal babak pertama duel berjalan langsung ketat.

Sepanjang babak pertama Kroasia bermain dominan, namun tim tamu bermain jauh lebih efektif. Meski tidak banyak menguasai bola, Austria pun sukses melesakkan gol lebih dulu saat babak pertama memasuki menit ke-41. Karim Onisiwo yang lakukan pergerakan apik sukses memberikan umpan yang diselesaikan menjadi gol oleh Marko Arnautovic. Gol ini membawa Austria sementara unggul 0-1. Kedudukan ini kemudian tak berubah sampai turun minum.

Babak Kedua

Setelah istirahat turun minum, permainan ini masih berada di tensi yang cukup tinggi. Kroasia yang tertinggal terus berupaya untuk bisa mengejar ketertinggalan. Namun sayangnya memang usaha mereka berkali kali tak mampu menembus pertahanan disiplin skuad Austria.

Justru ternyata Austria lah yang sukses melesakkan gol kedua mereka ketika babak kedua ini memasuki menit ke-54. Kini giliran pemain andalan Hoffenheim, yaitu Michael Gregoritsch yang sukses catatkan skor setelah bekerjasama dengan Maximilian Wober. Gol ini membuat Austria kini memimpin dengan skor 0-2.

Tim tamu semakin jauh unggul setelah di menit ke-57 babak kedua mereka sukses melesakkan gol ketiganya. Wober kembali menciptakan assist yang kini berhasil diselesaikan menjadi gol oleh Marcel Sabitzer. Pemain Bayern Munchen itu menjauhkan skor menjadi 0-3. Kedudukan ini tak berubah sampai dengan babak kedua selesai, laga pun selesai untuk kemenangan Timnas Austria.

Susunan Pemain Kroasia vs Austria

Kroasia (4-3-3): Ivica Ivusic, Josip Juranovic, Duje Caleta-Car, Marin Pongracic, Borna Sosa, Mario Pasalic, Marcelo Brozovic, Matteo Kovacic, Lovro Majer, Andrej Kramaric, Josip Brekalo.

Austria (3-1-4-2): Heinz Lindner, Maximilian Wober, Gernot Trauner, Kevin Danso, Marcel Sabitzer, Andreas Weimann, Xaver Schlager, Konrad Laimer, Stefan Lainer, Karim Onisiwo, Marko Arnautovic.